Perayaan Ekaristi: Sabtu-Minggu, 21-22 April 2012

HARI MINGGU PASKAH III
Novena Kongres Ekaristi II hari ke- 1: Yesus bangkit: Yesus berbagi hidup
SABTU-MINGGU, 21-22 April 2012


RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA (PS 527)
TANDA SALIB DAN SALAM
I. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
I. Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus bersamamu
U. Dan bersama rohmu

PENGANTAR
I. Melalui sengsara, wafat dan kebangkitan-Nya, Yesus memberikan hidup-Nya kepada kita. Pada zaman sekarang, pemberian diri Kristus ini nyata dalam perayaan Ekaristi. “Aku sendirilah ini; rabalah dan lihatlah!” Yesus hadir di tengah-tengah kita dalam rupa roti dan anggur Ekaristi yang dibagikan kepada kita sebagai santapan. Maka, pengalaman para murid yang hatinya berkobar-kobar setelah “Yesus memecah-mecahkan roti dan memberikannya kepada mereka”, juga menjadi pengalaman kita. Kita diajak untuk mengobarkan semangat iman kita akan Yesus yang rela berbagi hidup kepada kita sehingga kita pun juga semakin berkobar dalam semagat berbagi kepada sesama.
Melalui perayaan Ekaristi hari ini, kita diajak untuk memulai persiapan rohani menyambut KEK II yang akan dilaksanakan bulan Juni mendatang. Novena pertama dengan tema “Yesus bangkit: Yesus Berbagi Hidup” ini mengajak kita untuk sejenak melihat kembali proses berbagi lima roti dua ikan yang telah kita gulati dalam KEK I. Proses dan gerak berbagi telah dimulai dalam Kristus, kita diajak untuk melanjutkannya.

SERUAN TOBAT
I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.

I+U. Saya mengaku kepada Allah yang mahakuasa dan kepada Saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus, dan kepada Saudara sekalian, supaya mendoakan saya pada Allah Tuhan kita.

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal
U. Amin.

KYRIE/TUHAN KASIHANILAH KAMI
(PS 340)

GLORIA/MADAH KEMULIAAN
(PS 341)

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I. Ya Allah, kami bersyukur karena Engkau telah memberikan diri kepada kami dalam Yesus Kristus, Putera-Mu. Berkat kebangkitan-Nya, kami Kauanugerahi hidup abadi dan nyatalah penebusan kami. Semoga rahmat penebusan itu mendorong kami untuk menyelami misteri kasih-Mu itu dalam hidup kami dan semakin mengobarkan kami untuk berani berbagi dan memberikan diri dalam pelayanan kepada sesama. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.
U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Kis 3:13-15.17-19)

"Yesus, Pemimpin kepada hidup, telah kamu bunuh, tetapi Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati"

L. Pembacaan dari Kisah Para Rasul:
Setelah Petrus dan Yohanes menyembuhkan orang lumpuh, orang banyak yang sangat keheranan mengerumuni mereka. Maka kata Petrus kepada mereka, "Allah Abraham, Ishak dan Yakub, Allah nenek moyang kita telah memuliakan Hamba-Nya, yaitu Yesus yang kamu serahkan dan tolak di depan Pilatus, walaupun Pilatus berpendapat bahwa Ia harus dilepaskan. Kamu telah menolak Yang Kudus dan Benar, dan malah menghendaki seorang pembunuh sebagai hadiahmu. Demikianlah Yesus, Pemimpin kepada hidup, telah kamu bunuh, tetapi Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, dan tentang hal itu kami adalah saksi. Hai saudara-saudara, aku tahu bahwa kamu telah berbuat demikian karena ketidaktahuan, sama seperti semua pemimpinmu. Tetapi dengan jalan demikian Allah telah menggenapi apa yang telah difirmankan-Nya dahulu dengan perantaraan nabi-nabi-Nya, yaitu bahwa Mesias yang diutus-Nya harus menderita. Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (PS 859)
Refren: Bagi orang benar Tuhan bercahaya laksana lampu di dalam gulita.
Mazmur:
1. Apabila aku berseru, jawablah aku ya Allah yang adil. Apabila aku bersusah, lapangkanlah dadaku, kasihailah aku dan dengarkanlah doaku.
2. Ketahuilah, Tuhan akan mengerjakan karya agung bagi para kekasih-Nya, Tuhan akan mendengarkan daku, bila aku berseru kepada-Nya.
3. Banyak orang berkata, "Siapa yang akan menurunkan berkat?" Hendaknya cahaya wajah-Mu menyinari kami, ya Tuhan.
4. Aku hendak membaringkan diri dan tidur dalam kehadiranku yang menenteramkan. Sebab hanya Engkaulah, ya Tuhan, yang membuat istirahatku aman sentosa.

BACAAN II (1Yoh 2:1-5a)

"Yesus adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan juga untuk dosa seluruh dunia."

L. Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes:

Anak-anakku, hal-hal ini kutulis kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa. Namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil. Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita; malahan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia. Dan inilah tandanya bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. Barangsiapa berkata, 'Aku mengenal Allah' tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalam dia tidak ada kebenaran. Tetapi barangsiapa menuruti firman Allah, di dalam orang itu kasih Allah sungguh sudah sempurna.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 955)
Ref. Alleluya, Alleluya, Alleluya
Ayat. Tuhan Yesus, bukalah arti Kitab Suci bagi kami, dan kobarkanlah hati kami karena ajaran-Mu.

BACAAN INJIL (Luk 24:35-48)

"Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga."

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas
U. Dimuliakanlah Tuhan.
I. Dua murid yang dalam perjalanan ke Emaus ditemui oleh Yesus yang bangkit segera kembali ke Yerusalem. Di sana mereka menceriterakan kepada saudara-saudara yang lain apa yang terjadi di tengah jalan, dan bagaimana mereka mengenal Yesus pada waktu Ia memecah-mecahkan roti. Sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka, "Damai sejahtera bagi kamu!" Mereka terkejut dan takut, karena menyangka bahwa mereka melihat hantu. Akan tetapi Yesus berkata kepada mereka, "Mengapa kamu terkejut, dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hatimu? Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini! Rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku."Sambil berkata demikian Yesus memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka. Dan ketika mereka belum juga percaya karena girang dan masih heran, berkatalah Yesus kepada mereka, "Adakah padamu makanan di sini?" Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng. Yesus mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka. Yesus berkata kepada mereka, "Inilah perkataan yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa, kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur." Lalu Yesus membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. Kata Yesus kepada mereka, "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga. Dan lagi: Dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini."
I: Demikianlah Injil Tuhan
U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Kebangkitan Kristus telah menjadi jalan keselamatan bagi kita sehingga kita dimampukan untuk mendekat kepada Allah. Dengan rendah hati, marilah kita berseru kepada-Nya:
U. Bapa, sumber kehidupan, dengarkanlah doa kami.

L. Ya Bapa, semoga Gereja benar-benar menjadi sarana mewartakan kegembiraan atas kebangkitan Putera-Mu, Yesus Kristus sampai akhir zaman. Semoga Gereja senantiasa memberikan perhatian dan dukungan nyata bagi karya-karya kemanusiaan sehingga semakin nampaklah karya cinta kasih-Mu dalam kehidupan masyarakat kami. Marilah kita berdoa:
U. Bapa, sumber kehidupan, dengarkanlah doa kami.

L. Semoga semangat solidaritas untuk berbagi sungguh terwujud dalam kehidupan bangsa kami. Jauhkanlah bangsa kami dari tindakan-tindakan yang bertentangan dengan rasa keadilan masyarakat. Semoga para pemimpin dapat menjadi teladan untuk saling membagikan cinta kasih sehingga kedamaian dan keadilan sosial mewujud secara nyata dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Marilah kita berdoa:
U. Bapa, sumber kehidupan, dengarkanlah doa kami.

L. Semoga saudara-saudari kami yang sedang menderita karena sakit, tersisih, penindasan dan menjadi korban ketidakadilan mampu merasakan kegembiraan dalam hidupnya berkat karya cinta kasih-Mu melalui orang-orang yang ada di sekitar mereka. Marilah kita berdoa:
U. Bapa, sumber kehidupan, dengarkanlah doa kami.

L. Utuslah Roh Kudus-Mu kepada kami yang berkumpul di sekitar altar-Mu ini sehingga kami mampu meneladan dua murid-Mu di Emaus. Semoga kami semakin dimampukan untuk membagikan cinta kasih yang telah kami terima dari-Mu kepada sesama kami. Marilah kita berdoa:
U. Bapa, sumber kehidupan, dengarkanlah doa kami.

I. Bapa yang Maha Pengasih dan Pemurah, dengarkanlah doa umatmu ini. Semoga semangat Ekaristi membuat kami semakin siap diambil, diberkati, dipecah-pecah dan dibagi-bagi untuk sesama. Dengan demikian kami menjadi sarana untuk melayani dan memuliakan nama-Mu kini dan sepanjang masa.
U. Amin


LITURGI EKARISTI




A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN

LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN (PS 525)

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Ya Allah, terimalah persembahan seluruh hasil karya kami ini. Inilah ungkapan iman kami kepada Kristus yang telah Engkau bangkitkan dari antara orang mati. Semoga hidup kami senantiasa diterangi oleh misteri kebangkitan Putra-Mu. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami.
U. Amin.

B. DOA SYUKUR AGUNG


PREFASI

SANCTUS/KUDUS (PS 386)
U. Sanctus, sanctus, sanctus Dominus Deus Sabaoth. Pleni sunt coeli et terra gloria tua. Hosanna in excelcis. Benedictus qui venit in nomine Domini. Hosanna in excelcis.

atau

U. Kudus, kudus, kuduslah Tuhan Allah segala kuasa. Surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu. Terpujilah Engkau di surga. Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan. Terpujilah Engkau di surga

DOA SYUKUR AGUNG


C. KOMUNI


BAPA KAMI
(PS 404)



I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
I+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala kemalangan dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami, supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tenteram sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA DAMAI
I. Kristus telah bangkit dan menampakkan diri kepada para murid dengan membawa salam damai, dan sukacita. Maka marilah kita berdoa: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami, kini dan sepanjang masa.
U Amin.

I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu

ANAK DOMBA ALLAH (PS 407)

PERSIAPAN KOMUNI
Ajakan menyambut Komuni

I. Inilah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan-Nya
U. Ya Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

KOMUNI (PS 526/523)

SAAT HENING

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Ya Allah, Engkau telah membagikan hidup kepada kami dalam diri Yesus Kristus, Putera-Mu dan kami telah menyantap-Nya dalam komuni suci. Semoga santapan kehidupan ini semakin menggerakkan kami untuk ikut membagikan hidup kepada sesama. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

RITUS PENUTUP


DOA PERSIAPAN KONGRES EKARISTI KEUSKUPAN II KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG
I. Marilah kita berdoa bersama:
I+U. Allah Bapa yang Mahamurah,
kami bersyukur atas misteri penyertaan-Mu
melalui Kristus yang hadir dalam Ekaristi.
Syukur pula atas semangat berbagi
yang telah tumbuh dalam diri umat-Mu.

Kami mohon, curahkanlah Roh-Mu
ke dalam hati seluruh umat-Mu
agar kami semua menyongsong
Kongres Ekaristi Keuskupan Kedua
pada bulan Juni 2012 dengan sukacita
dalam semangat kasih dan kerjasama.

Buatlah Ekaristi menjadi pusat hidup seluruh umat-Mu
agar kami semua tinggal dalam Kristus dan berbuah
dalam kehidupan menggereja dan memasyarakat
secara signifikan dan relevan.

Bersama Santa Perawan Maria, Bunda Sakramen Mahakudus
serta semua orang kudus di sorga
kami sampaikan doa ini kepada-Mu
dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

PENGUMUMAN

BERKAT

PENGUTUSAN

LAGU PENUTUP (PS 530)


***


Reaksi: