Perayaan Ekaristi: Sabtu-Minggu, 17-18 September 2011


HARI MINGGU BIASA XXV
SABTU Sore-MINGGU, 17-18 September 2011


RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA (PS 688)

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR

SERUAN TOBAT (cara 1)
I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.

I+U. Saya mengaku kepada Allah yang mahakuasa dan kepada Saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus, dan kepada Saudara sekalian, supaya mendoakan saya pada Allah Tuhan kita.

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.


TUHAN KASIHANILAH KAMI
(PS 353)

KEMULIAAN (PS 354)

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I.Allah Bapa yang mahapengasih, Engkaulah pemilik kebun yang keluar mencari manusia untuk diajak bekerja di kebun anggur-Mu. Sejak dini hari Engkau keluar mencari umat Israel. Dengan dia Kauikat perjanjian pertama di gunung Sinai. Kemudian terdorong oleh belas kasih, Engkau keluar untuk mengajak yang terakhir, yaitu semua bangsa lainnya. Semoga terdorong oleh belaskasih kami keluar bersama Engkau untuk melayani semua orang yang berada dalam kebutuhan yang paling mendesak. Demi Yesus Kristus, Tuhan kami yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah sepanjang masa.
U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Yes 55:6-9)

"Rancangan-Ku bukan rancanganmu."

L. Pembacaan dari Kitab Yesaya:
Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat! Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya. Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (PS 816)
Refren: Tuhan mendengarkan doa orang beriman
Mazmur:
1. Setiap hari aku hendak memuji Engkau, ya Allah, dan memuliakan nama-Mu untuk selama-lamanya. Besarlah Tuhan dan sangat terpuji; kebesaran-Nya tidak terselami.
2. Tuhan itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya. Tuhan itu baik kepada semua orang, penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.

BACAAN II (Flp 1:20c-24.27a)

"Bagiku hidup adalah Kristus."

L. Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi:
Saudara-saudara, dengan nyata Kristus dimuliakan di dalam tubuhku, baik oleh hidupku, maupun oleh matiku. Karena bagiku hidup adalah Kristus, dan mati adalah keuntungan. Tetapi, jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi, mana yang harus kupilih, aku tidak tahu. Aku didesak dari dua pihak: Aku ingin pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus- ini memang jauh lebih baik; tetapi demi kamu lebih berguna aku tinggal di dunia ini. Maka hendaklah hidupmu berpadanan dengan Injil Kristus.

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 962)
Refren. Alleluya, Alleluya, Alleluya, Alleluya
Ayat.
Bukalah hati kami, ya Tuhan, sehingga kami memperhatikan sabda Putera-Mu.


BACAAN INJIL (Mat 20:1-16a)

"Iri hatikah engkau karena Aku murah hati?"

I. Tuhan sertamu
U. Dan sertamu juga
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius
U. Dimuliakanlah Tuhan.
I. Sekali peristiwa Yesus mengemukakan perumpamaan berikut kepada murid-murid-Nya, "Hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang tuan rumah yang pagi-pagi benar keluar mencari pekerja-pekerja untuk kebun anggurnya. Setelah ia sepakat dengan pekerja-pekerja itu mengenai upah sedinar sehari, ia menyuruh mereka ke kebun anggurnya. Kira-kira pukul sembilan pagi ia keluar pula dan dilihatnya ada lagi orang-orang lain menganggur di pasar. Katanya kepada mereka: Pergi jugalah kamu ke kebun anggurku dan apa yang pantas akan kuberikan kepadamu. Dan merekapun pergi. Kira-kira pukul dua belas dan pukul tiga petang ia keluar pula dan melakukan sama seperti tadi. Kira-kira pukul lima petang ia keluar lagi dan mendapati orang-orang lain pula, lalu katanya kepada mereka: Mengapa kamu menganggur saja di sini sepanjang hari? Kata mereka kepadanya: Karena tidak ada orang mengupah kami. Katanya kepada mereka: Pergi jugalah kamu ke kebun anggurku. Ketika hari malam tuan itu berkata kepada mandurnya: Panggillah pekerja-pekerja itu dan bayarkan upah mereka, mulai dengan mereka yang masuk terakhir hingga mereka yang masuk terdahulu. Maka datanglah mereka yang mulai bekerja kira-kira pukul lima dan mereka menerima masing-masing satu dinar. Kemudian datanglah mereka yang masuk terdahulu, sangkanya akan mendapat lebih banyak, tetapi merekapun menerima masing-masing satu dinar juga. Ketika mereka menerimanya, mereka bersungut-sungut kepada tuan itu, katanya: Mereka yang masuk terakhir ini hanya bekerja satu jam dan engkau menyamakan mereka dengan kami yang sehari suntuk bekerja berat dan menanggung panas terik matahari. Tetapi tuan itu menjawab seorang dari mereka: Saudara, aku tidak berlaku tidak adil terhadap engkau. Bukankah kita telah sepakat sedinar sehari? Ambillah bagianmu dan pergilah; aku mau memberikan kepada orang yang masuk terakhir ini sama seperti kepadamu. Tidakkah aku bebas mempergunakan milikku menurut kehendak hatiku? Atau iri hatikah engkau, karena aku murah hati? Demikianlah orang yang terakhir akan menjadi yang terdahulu dan yang terdahulu akan menjadi yang terakhir."


I: Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya
U: Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Allah memberi anugerah kepada manusia dengan murah hati, melebihi dugaan kita yang paling berani. Juga orang yang paling akhir dan paling rendah tidak dilupakan-Nya. Marilah kita berdoa dengan kepercayaan sebesar-besarnya.

L. Bagi Gereja, umat Allah:
Ya Bapa, semoga kami tidak memandang rendah saudara-saudari kami yang lemah, dan menakut-nakuti mereka dengan bersikap angkuh, melainkan semoga kami bersikap ramah dan penuh perhatian bagi mereka. Marilah berdoa:
U. Tuhan, dekatlah pada semua orang yang berseru kepada-Mu.

L. Bagi para pewarta Injil dan pengkhotbah:
Ya Bapa, semoga para pewarta Injil dan pengkhotbah mewartakan Injil Yesus Kristus dengan tekun dan berani, dan semoga Bapa membalas usaha mereka. Marilah berdoa:
U. Tuhan, dekatlah pada semua orang yang berseru kepada-Mu.

L. Bagi saudara-saudari kita yang tuna karya:
Ya Bapa, semoga saudara-saudari kami yang tuna karya segera mendapat pekerjaan. Dan bagi anak-anak muda yang tidk bersekolah: semoga mendapat bimbingan, yang berguna untuk masa depan mereka. Marilah berdoa:
U. Tuhan, dekatlah pada semua orang yang berseru kepada-Mu.

L. Bagi kita semua yang hadir di sini:
Ya Bapa, semoga kami mengabdi kepada Tuhan dan saling melayani tanpa mengharapkan penghargaan atau balas jasa, melainkan terdorong oleh kemurahan hati yang tulus. Marilah berdoa:
U. Tuhan, dekatlah pada semua orang yang berseru kepada-Mu.

I. Tuhan, Allah kami, walaupun kami mengabdi kepada-Mu dengan sebaik-baiknya, kami tetap hanyalah hamba yang tak berguna, sebab Engkau tidak berhutang apa-apa kepada kami. Namun kami tahu bahwa Engkau dekat dengan kami serta memenuhi kami dengan segala anugerah yang baik. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

LITURGI EKARISTI


A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN


LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa yang mahabaik, Engkau bukanlah Allah yang meminta pengorbanan dari manusia. Sebaliknya, Engkaulah yang mau mengorbankan diri-Mu dan segala sesuatu yang Kaumiliki, yang puncaknya adalah Yesus, Putra-Mu, untuk membahagiakan kami. Harapan-Mu agar kami menyadari segala pemberian-Mu itu dan memanfaatkannya untuk membahagiakan sesama kami. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin
U. Amin.

B. DOA SYUKUR AGUNG


PREFASI
I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan
U. Sudah kami arahkan
I. Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita
U. Sudah layak dan sepantasnya.
I. Sungguh layak dan sepantasnya kami selalu dan di mana-mana bersyukur kepada-Mu, Bapa yang mahamurah dan Allah yang setia. Sebab Engkau memberikan kepada kami Yesus Kristus, Putra-Mu, sebagai Tuhan dan Penebus. Ia selalu tampil penuh belas kasih kepada anak-anak dan kaum miskin, orang sakit, dan orang bedosa. Ia menjadikan diri-Nya sesama bagi orang-orang yang tertindas dan tersiksa. Dengan perkatan dan perbuatan, Ia mewartakan bahwa Engkau adalah Bapa yang penuh perhatian kepada semua anak-Mu. Oleh karena itu, bersama para malaikat dan semua orang kudus, kami memuji dan mengucap syukur kepada-Mu seraya mengumandangkan madah kemuliaan-Mu dengan tak henti-hentinya bernyanyi:



KUDUS
(PS 393)
U. Kudus, kudus. Kuduslah Tuhan. Allah segala kuasa. Surga dan bumi, surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu. Surga dan bumi, surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu. Terpujilah Engkau di surga. Diberkatilah yang dapatang dalam nama Tuhan, dalam nama Tuhan. Terpujilah Engkau di surga.

DOA SYUKUR AGUNG


C. KOMUNI


BAPA KAMI

DOA DAMAI
I. Tuhan Yesus Kristus, Engkau bersabda kepada para rasul, "Damai Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu." Maka kami mohon jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu. Restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah Pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U. Amin.
I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu

ANAK DOMBA ALLAH (PS 414)

PERSIAPAN KOMUNI

KOMUNI

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa yang adil dan berbelaskasih, Engkau memberi upah yang sama kepada pekerja yang pertama dan yang terakhir sebab rancangan-Mu bukanlah rancangan manusia. Engkau senantiasa menerapkan 'hukum belas kasih' bagi kami, manusia yang paling membutuhkan. Kami mohon, bantulah agar kami pun menerapkan 'hukum belas kasih itu' bagi sesama kami yang paling membutuhkan. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

RITUS PENUTUP


PENGUMUMAN

BERKAT
PENGUTUSAN

LAGU PENUTUP (PS 693)


***

Yesus menyatakan, "Orang yang terakhir akan menjadi yang terdahulu dan yang terdahulu akan menjadi yang terakhir." Yang dimaksudkan oleh Yesus adalah, bahwa menurut kontrak kerja, yaitu, menurut hukum manusia "yang pertama" adalah pekerja-pekerja yang telah bekerja dari terbitnya matahari sampai terbenamnya, dan "yang terakhir" semua lainnya. Inilah menurut ukuran manusia. Akan tetapi Tuhan kebun anggur itu punya kriteria dan ukuran lain, yaitu "hukum belas kasih". Menurut hukum belas kasih itu "yang pertama" adalah manusia yang paling membutuhkan bantuan. Bagi merekalah prioritas utama. Dan Allah, Bapa Yesus, Tuhan kebun anggur itu, senantiasa menerapkan "Hukum belas kasih".