Wilayah Kronelan: "NGUNDUH WOHING PAKERTI"

"Kalau tidak mau maju, ya jangan maju; Kalau ingin mundur, wah sudah nanggung, jadi harus terus maju."

Ungkapan ini menggambarkan semangat yang ingin terus dikembangkan oleh Wilayah St. Agustinus Kronelan. Meski baru memasuki bulan keenam sebagai wilayah Paroki Purbayan, namun perkembangan pesat dari wilayah ini mendapatkan tanggapan positif dari rekan-rekan wilayah lain serta romo paroki. Data terakhir menunjukkan adanya penambahan 2 KK Katolik sehingga kini jumlah warga St. Agustinus Kronelan sebanyak 78 KK Katolik.

Berbagai upaya dilakukan oleh para pengurus Wilayah ini, diantaranya dengan memberdayakan keberadaan lingkungan melalui pembentukan kepengurusan lingkungan sehingga diharapkan dapat hidup serta menghidupi lingkungannya masing-masing. Kepengurusan lingkungan ini terdiri atas 3 orang pengurus yaitu seorang ketua, sekretaris, serta bendahara, dan untuk operasional kegiatan masing-masing lingkungan diberi hibahan dana kas sebesar Rp 300.000,- dengan harapan agar kedepannya seiring dengan semakin banyaknya kegiatan kas lingkungan tersebut dapat semakin bertambah.

Kegiatan wilayah mulai giat dilakukan diantaranya pada bulan Mei yang lalu menyelenggarakan ziarah ke Gua Maria Puh Sarang, Kediri, dengan menggunakan kendaraan satu bus. Adapun kegiatan yang rutin dilakukan diantaranya latihan Kor bersama, setiap minggu malam, yang dihadiri oleh +/- 30 umat, berlaku sebagai dirigen yaitu Ibu Siska Amin Mulyono. Kegiatan lingkungan juga mulai dihidupkan, diantaranya doa bersama juga pendalaman iman. Kelancaran penyelenggaraan kegiatan tersebut serta semangat umat yang ada, sungguh merupakan anugerah yang tak terhingga, mengingat di wilayah Kronelan letak geografis antar umat satu dengan lainnya cukup jauh.

Kini kegiatan Misa Wilayah dapat rutin terselenggara, yaitu tiap hari Selasa Minggu IV. Dengan demikian kerinduan umat wilayah untuk mendapatkan kunjungan romo paroki terjawab sudah. Rm. A. Puja Harsana, SJ, Rm. P. Suradibrata, SJ, Rm. A. Warno Tribowo, SJ, adalah para romo yang telah bertugas memimpin Misa Wilayah, selain itu Fr Vincentius Haryanto, SJ memimpin ibadat sabda. Seluruh umat wilayah menjadi semakin tersemangati oleh kekaguman para romo terhadap antusias umat yang mengikuti misa wilayah tersebut. Hampir di setiap penyelenggaraan Misa Wilayah jumlah umat yang datang ke kapel Kronelan membludak. Satu masukan berharga yang dipesankan untuk umat Wilayah Kronelan yaitu bahwa penyelenggaraan misa wilayah ini tidak harus di kapel, umat secara bergantian boleh menyediakan kediamannya sebagai tempat penyelenggaraan misa wilayah. Hayo umat Kronelan..., siapa yang mau daftar?


Sumber: Pelegrina
Penulis: Om Willy Soen