Perayaan Ekaristi: 1 - 2 Maret 2014 (I/L)

HARI MINGGU BIASA VIII 
Sabtu-Minggu, 1 - 2 Maret 2014

LEMBAR KHUSUS UNTUK IMAM DAN LEKTOR 

DOA PEMBUKA 

I. Marilah kita berdoa: (Hening sejenak)
I. Kami mohon, ya Allah, kendalikanlah hal-ihwal dunia ini agar berjalan dalam damai sesuai dengan kehendak-Mu. Semoga Gereja dapat berbakti kepada-Mu dengan tenang dan gembira. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U. Amin.
   
BACAAN I (Yes 49:14-15)
 "Aku tidak akan melupakan engkau."
  
L. Bacaan dari Kitab Yesaya:

 Sion berkata: "Tuhan telah meninggalkan aku dan Tuhanku telah melupakan aku." Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau.L. Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.

BACAAN II (1Kor 4:1-5)
  
"Tuhan akan memperlihatkan apa yang direncanakan dalam hati."
 
L. Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus: 

Saudara-saudara, hendaklah orang yang memandang kami sebagai hamba Kristus dan pengurus rahasia Allah. Yang dituntut dari pengurus yang demikian ialah bahwa mereka nyata-nyata dapat dipercayai. Bagiku sedikit sekali artinya entah aku dihakimi oleh kalian, entah oleh suatu pengadilan manusia. Malahan aku sendiri tidak menghakimi diriku. Memang aku tidak sadar akan sesuatu, tetapi bukan karena itulah aku dibenarkan. Yang menghakimi aku ialah Tuhan. Karena itu janganlah menghakimi sebelum waktunya, yaitu sebelum Tuhan datang. Dialah yang menerangi juga apa yang tersembunyi dalam kegelapan. Dialah pula yang akan memperlihatkan apa yang direncanakan dalam hati. Pada saat itulah tiap-tiap orang akan menerima pujian dari Allah.
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
       
BACAAN INJIL (Mat 6:24-34)
I. Tuhan bersamamu
U.  Dan bersama rohmu
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius
U. Dimuliakanlah Tuhan.
I.  Dalam khotbah di bukit, berkatalah Yesus, "Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon." "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu? Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya? Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal, namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannyapun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu. Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya? Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."
I. Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus. 


 
DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I.  Ya Allah, Engkau telah menyediakan persembahan ini untuk kemuliaan nama-Mu, dan Engkau sendirilah yang menerimanya sebagai sembah-bakti kami, hamba-hamba-Mu. Terimalah persembahan ini bukan sebagai bals jasa kami, melainkan semata-mata sebagai ungkapan kemurahan hati-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin. 
    
DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Ya Tuhan yang Mahapengasih, kami telah dipuaskan dengan anugerah yang menyelamatkan. Semoga berkat sakramen ini, yang menyatukan kami dengan Dikau dalam kehidupan di dunia ini, Engkau berkenan mengikut-sertakan kami dalam persekutuan hidup abadi. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami
U. Amin.
 

Reaksi: