Perayaan Ekaristi: Hari Minggu Biasa II 18-19 Januari 2014 (Suplemen teks misa untuk Imam)

 PENGANTAR
I. Kita sering mendengar istilah Universalitas keselamatan. Artinya, keselamatan diberikan bagi semua orang sebagaai makhluk ciptaan Allah. Jadi, Allah menghendaki semua orang memperoleh keselamatan. Sementara bagi kita semua, penyelamatan Allah ini menjadi nyata dalam diri Yesus Putra-Nya. Dialah Anak Allah dan kita diajak untuk mendengarkan Dia. Perayaan Ekaristi hari ini mengajak kita semua mendengarkan Dia dan mengalami kehadiran-Nya sehingga kita mampu memberikan kesaksian kepada semua orang. Katekismus Gereja Katolik, Nomor 608 menerangkan: "Yohanes Pembaptis setuju membaptis Yesus sama seperti para pendosa Bdk. Luk 3:21; Mat 3:14-15.. "Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: Lihatlah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia" (Yoh 1:29) Bdk. Yoh 1:36.. Dengan demikian ia memberi kesaksian bahwa Yesus adalah Hamba Allah, yang membiarkan Diri dihantar dengan diam ke tempat pembantaian Bdk. Yes 53:7; Yer 11:19. dan menanggung dosa banyak orang Bdk. Yes 53:12., dan serentak pula domba Paskah, lambang penebusan Israel pada Paskah pertama Bdk. Kel 12:3-11; Yoh 19:36; 1 Kor 5:7.. Seluruh kehidupan Kristus adalah ungkapan perutusan-Nya, "untuk melayani dan memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang" (Mrk 10:45).

DOA PEMBUKA

I. Marilah kita berdoa (hening sejenak)
I. Allah Yang Mahakuasa dan kekal, Engkau mengatur segala yang di langit dan di bumi. Dengarkanlah dengan rela permohonan-permohonan umat-Mu dan berilah damai-Mu bagi kami pada zaman ini. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan dengan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U. Amin. 

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Ya Allah Bapa, buatlah kami mengambil bagian dalam misteri ini. Karena setiap kali merayakan kenangan akan kurban ini, karya penebusan-Mu dilaksanakan. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin. 

DOA SESUDAH KOMUNI

I. Marilah kita berdoa (hening sejenak)
I. Ya Allah, curahkanlah Roh cinta kasih-Mu kepada kami. Semoga kami yang telah Engkau kenyangkan dengan satu roti kehidupan, Engkau jadikan sehati di dalam satu cinta ilahi. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.
U. Amin.

Reaksi: