Social Icons

Perayaan Ekaristi: Sabtu-Minggu, 19-20 Mei 2012

HARI MINGGU PASKAH VII
HARI KOMUNIKASI SOSIAL SEDUNIA KE-46

" Keheningan dan Kata: Jalan Evangelisasi "

Novena Kongres Ekaristi II Keuskupan Agung Semarang, hari ke- 5: Komunikasi Kasih Membangun Paguyuban

Sabtu-Minggu, 19 - 20 Mei 2012

KATA PEMBUKA:

PA. Saudara dan saudari, umat beriman yang dikasihi Tuhan. Hari ini kita merayakan Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-46. Sri Paus Benediktus XVI, pada kesempatan Hari Komunikasi Sosial Sedunia ini mengajak umat Katolik untuk merenung bersama tentang pentingnya keheningan sebagai salah satu unsur penting dalam komunikasi. Lewat pesannya yang berjudul ‘Keheningan dan Kata: jalan Evangelisasi", Sri Paus Benediktus XVI menandaskan bahwa dunia kita telah dibanjiri dengan menumpuknya kata-kata yang kita sampaikan tanpa diimbangi dengan keheningan. Kita terlalu banyak berbicara dan kurang mendengar. Lewat keheningan, kita dapat memahami diri kita, kita dapat mendengar orang lain dan akhirnya kita dapat juga mendengarkan Allah yang berbicara kepada kita. Marilah kita mengikuti perayaan Ekaristi Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-46 dengan penuh hikmat.

RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA (PS 532)

TANDA SALIB DAN SALAM
I. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
I. Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Tuhan kita, Yesus Kristus, bersamamu
U. Dan bersama rohmu

PENGANTAR

I. Egoisme merupakah salah satu tantangan konkret dewasa ini. Banyak orang semakin asyik dengan dirinya sendiri, kurang menganggap penting kebersamaan, dan tidak peduli akan keberadaan orang lain. Dalam novena persiapan Kongres Ekaristi Keuskupan II pada hari yang ke -5 ini, kita sekaligus merayakan Hari Komunikasi Sosial. Kita diajak untuk menyadari bahwa kita adalah paguyuban murid-murid Kristus yang dibangun atas dasar komunikasi kasih Allah. Komunikasi kasih inilah yang mestinya menjadi dasar bagi kita, murid-murid-Nya, untuk solider, berbela rasa, dan berbagi dengan sesama. Dengan demikian, keintiman relasi kita dengan Kristus akan semakin menghasilkan buah dalam kehidupan yang nyata.

SERUAN TOBAT [TPE hal 24-27/MB 104/PS 234/SYUKUR KEPADA-MU TUHAN: MB 427/PS 592]
I. Saudara-saudari, marilah kita menyatakan tobat kita pada awal perayaan ekaristi dengan mengenangkan peristiwa pembaptisan dengan menerima percikan air suci.

Aku melihat air mengalir* dari bait Allah di sebelah kanan alleluya;
dan semua yang didatangi diselamatkan, dan berkata, alleluya, alleluya. [selesai]

S. Pujilah Tuhan karena Ia baik
U. karena belas kasihan-Nya kekal.
S. Kemuliaan kepada Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus.
U. Seperti pada permulaan, sekarang selalu, dan sepanjang segala abad. Amin.

atau

Vidi aquam* egredientem de templo,
a latere dextro, alleluia:
et omnes, ad quos pervenit aqua ista,
salvi facti sunt, et dicent, alleluia, alleluia. [selesai]

S. Confitemini Domino quoniam bonus:
U. Quoniam in saeculum misericordia eius.

S. Gloria Patri, et Filio, et Spiritui Sancto:
U. Sicut erat in principio, et nunc, et semper,
et in saecula sæculorum. Amen.

(Diulang dari awal sampai "Selesai". Sesudah absolusi, langsung menyusul MADAH KEMULIAAN)

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal
U. Amin.

MADAH KEMULIAAN
(PS 354)

DOA PEMBUKA (Komsos KWI)
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I. Allah Bapa Surgawi, kami bersyukur atas kesempatan istimewa yang Kauberikan kepada kami untuk merenungi keheningan sebagai jalan untuk membangun komunikasi di antara umat manusia. Putra-Mu sendiri selalu menciptakan keheningan agar dapat berkomunikasi dengan Dikau sebelum melaksanakan tugas pewartaan-Nya di tengah umat. Lewat keheningan kami dapat memahami diri kami, sesama serta dapat mendengarkan Sabda-Mu. Bimbinglah kami agar dapat menemukan kehendak-Mu dalam keheningan. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami yang bersama Dikau dalam persekutuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U. Amin.


LITURGI SABDA

BACAAN I (Kis 1:15-17.20a.20c-26)


"Hendaknya dipilih seorang untuk menjadi saksi tentang kebangkitan Kristus bersama kami."

L. Pembacaan dari Kisah Para Rasul:
Pada waktu itu berdirilah Petrus di tengah-tengah saudara-saudara yang sedang berkumpul, kira-kira seratus dua puluh orang banyaknya. Ia berkata, "Hai, Saudara-saudara, haruslah digenapi nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu. Dahulu ia termasuk bilangan kami dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini. Sebab ada tertulis dalam Kitab Mazmur: Biarlah jabatannya diambil orang lain. Jadi harus ditambahkan kepada kami satu orang yang dipilih dari mereka yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami, yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke surga meninggalkan kami. Bersama kami ia harus menjadi saksi tentang kebangkitan Yesus." Lalu mereka mengusulkan dua orang: Yusuf yang disebut Barsabas dan juga bernama Yustus, dan Matias. Mereka semua lalu berdoa, "Ya Tuhan, Engkaulah yang mengenal hati semua orang! Tunjukkanlah kiranya siapa yang Engkau pilih dari kedua orang ini, untuk menerima jabatan pelayanan, yaitu kerasulan yang ditinggalkan Yudas, yang telah jatuh ke tempat yang wajar baginya." Lalu mereka membuang undi bagi kedua orang itu dan yang kena undi adalah Matias. Dengan demikian Matias ditambahkan kepada bilangan kesebelas rasul itu.

L. Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (PS 835)
Refren: Puji, jiwaku, nama Tuhan, jangan lupa pengasih Yahwe.
Mazmur:
1. Pujilah Tuhan, hai jiwaku, pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku! Pujilah Tuhan, hai jiwaku, janganlah lupa akan kebaikan-Nya!
2. Setinggi langit dari bumi, demikianlah besarnya kasih setia Tuhan atas orang-orang yang takut akan Dia. Sejauh timur dari barat, demikianlah pelanggaran kita dibuang-Nya.
3. Tuhan sudah menegakkan takhta-Nya di surga dan kerajaan-Nya berkuasa atas segala sesuatu. Pujilah Tuhan, hai malaikat-malaikat-Nya, agungkanlah Dia, hai pahlawan-pahlawan perkasa yang melaksanakan firman-Nya.

BACAAN II (1Yoh 4:11-16)

"Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita."

L. Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes:
Saudara-saudaraku yang terkasih, Allah begitu mengasihi kita! Maka haruslah kita juga saling mengasihi. Tidak ada seorang pun yang pernah melihat Allah. Tetapi jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita. Beginilah kita ketahui bahwa kita berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita, yakni bahwa Ia telah mengaruniai kita mendapat bagian dalam Roh-Nya. Kami telah melihat dan bersaksi bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia. Barangsiapa mengaku bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.

L. Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 959)
Refren. Alleluya, Alleluya
Ayat. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu maka bersukalah hatimu.

BACAAN INJIL (Yoh 17:11b-19)


"Supaya mereka menjadi satu sama seperti kita."

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes
U. Dimuliakanlah Tuhan.
I. Dalam perjamuan malam terakhir Yesus menengadah ke langit dan berdoa bagi semua murid-Nya, "Ya Bapa, yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku. Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci. Tetapi sekarang Aku datang kepada-Mu. Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka. Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia. Dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya mereka pun dikuduskan dalam kebenaran.

I.: Demikianlah Injil Tuhan
U.: Terpujilah Kristus.


HOMILI

AKU PERCAYA


DOA UMAT
(Komsos KWI)
I. Saudara-saudari terkasih, Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-46 mengambil tema ‘Keheningan dan Kata: Jalan Evangelisasi'. Marilah dengan penuh hikmat kita memajatkan doa-doa permohonan kepada Bapa Surgawi :

P. Bagi para pemimpin Gereja :
Semoga para pemimpin Gereja diilhami Roh Kudus agar mereka tetap bersemangat dalam mewartakan karya cinta kasih Tuhan lewat kata dan perbuatan, lewat kesaksian hidup dan keheningan. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

P. Bagi para pegiat media komunikasi sosial di Negara kami :
Semoga Engkau menuntun para pegiat komunikasi sosial Negara kami agar dalam melaksanakan tugasnya mereka senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kristiani yakni persekutuan dan kemajuan umat manusia. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

P. Bagi keluarga-keluarga Kristiani di Paroki kami:
Semoga Engkau mendampigi keluarga-keluarga Kristiani di paroki kami agar dalam menghadapi kemajuan media komunikasi dewasa ini, mereka tetap meluangkan waktu untuk keheningan; tempat Engkau sendiri hadir dan berbicara dengan mereka. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

P. Bagi kaum muda:
Semoga kaum muda kami menjadi pelopor perjuangan nilai-nilai kebenaran, kasih dan pengampunan di tengah-tengah masyarakat melalui media komunikasi modern. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

P. Bagi kita semua yang mengambil bagian dalam perayaan ini :
Semoga Engkau mencurahkan rahmat dan berkat bagi kami yang mengambil bagian dalam perayaan ini agar kami mampu menjaga keseimbangan antara kata-kata dan keheningan dalam mengungkapkan diri kami. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

I. Allah Bapa kami yang mahaagung, semuanya itu kami panjatkan kepada-Mu dengan rendah hati, karena kami yakin bahwa Engkau akan mengutus Roh Kudus, yang telah dijanjikan oleh Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami.

U. Amin.




A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN

LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN (PS 617)

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
(Komlit KAS)
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa kami, bersama roti dan anggur ini kami persembahan niat dan usaha kami untuk membangun paguyuban kasih berdasarkan kasih-Mu sendiri. Semoga, Engkau berkenan menerimanya dan mempersatukannya dengan persembahan Kristus, Putera-Mu, Tuhan kami.
U. Amin.




B. DOA SYUKUR AGUNG


PREFASI

KUDUS (PS 393)

DOA SYUKUR AGUNG III



C. KOMUNI


BAPA KAMI



I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
I+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.


I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala kemalangan dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami, supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tenteram sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA DAMAI
I. Kristuslah Raja damai yang kini bertakhta di sisi kanan Bapa. Maka kita berdoa kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U. Amin.

I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu

ANAK DOMBA ALLAH
(PS 414)


PERSIAPAN KOMUNI
Ajakan menyambut Komuni

I. Inilah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan-Nya
U. Ya Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

KOMUNI


SAAT HENING

DOA SESUDAH KOMUNI (Komsos KWI)
I. Marilah kita berdoa:
I. Bapa Surgawi, berkat rahmat dan anugerah-Mu, kami telah merayakan Hari Komunikasi sosial Sedunia ke-46. Kami bersyukur atas rahmat komunikasi yang terjalin di antara kami dan di antara kami dengan Dikau. Semoga berkat karya komunikasi yang dikembangkan umat-Mu, semua orang dibawa kepada persekutuan dan sukacita kristiani yang Engkau dambakan, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

RITUS PENUTUP

DOA PERSIAPAN KONGRES EKARISTI KEUSKUPAN II KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG

I. Marilah kita berdoa bersama:
I+U. Allah Bapa yang Mahamurah,
kami bersyukur atas misteri penyertaan-Mu
melalui Kristus yang hadir dalam Ekaristi.
Syukur pula atas semangat berbagi
yang telah tumbuh dalam diri umat-Mu.

Kami mohon, curahkanlah Roh-Mu
ke dalam hati seluruh umat-Mu
agar kami semua menyongsong
Kongres Ekaristi Keuskupan Kedua
pada bulan Juni 2012 dengan sukacita
dalam semangat kasih dan kerjasama.

Buatlah Ekaristi menjadi pusat hidup seluruh umat-Mu
agar kami semua tinggal dalam Kristus dan berbuah
dalam kehidupan menggereja dan memasyarakat
secara signifikan dan relevan.

Bersama Santa Perawan Maria, Bunda Sakramen Mahakudus
serta semua orang kudus di sorga
kami sampaikan doa ini kepada-Mu
dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.


PENGUMUMAN

BERKAT

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Semoga karena kebangkitan Sang Putra Tunggal, Allah menganugerahkan rahmat penebusan dan berkat kepada Saudara yang telah diangkat menjadi anak-Nya.
U. Amin.
I. Semoga Saudara ikut menikmati kebahagiaan abadi bersama dengan Kristus yang telah menebus dan membebaskan saudara.
U. Amin.
I. Saudara telah dibangkitkan lewat pembaptisan, semoga setelah mengamalkan hidup yang benar di dunia ini, Saudara disambut Kristus di tanah air surgawi.
U. Amin.
I. Semoga Saudara sekalian dilindungi, dibimbing dan diberkati oleh Allah yang mahakuasa: (+) Bapa dan Putra dan Roh Kudus.
U. Amin.

PENGUTUSAN

I. Saudara sekalian, Perayaan Ekaristi sudah selesai. Alleluya, alleluya
U. Syukur kepada Allah, Alleluya, alleluya.


LAGU PENUTUP (PS 530)


***