Perayaan Ekaristi: Sabtu-Minggu, 5 - 6 Mei 2012

HARI MINGGU PASKAH V
Novena Kongres Ekaristi II Keuskupan Agung Semarang, hari ke- 3: Tinggal dalam Kristus dan Berbuah
Sabtu-Minggu, 5 - 6 Mei 2012


RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA (PS 523)

TANDA SALIB DAN SALAM
I. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
I. Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Tuhan kita, Yesus Kristus, bersamamu
U. Dan bersama rohmu

PENGANTAR

I. “Barangsiapa tinggal dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak.” Kutipan sabda ini mengingatkan kepada kita bahwa sumber dan pusat hidup kita adalah Kristus. Sabda ini pula yang akan menjadi tema pokok KEK II bulan Juni mendatang. Setelah kita bergulat dengan gerakan berbagi, kita diajak untuk bergerak ke dalam. Kita diajak untuk melihat pondasi iman kita: sejauh mana kita tinggal dalam Kristus.
Tinggal dalam Kristus berarti kita mengalami perjumpaan, kebersamaan, dan kesatuan dengan Kristus sehingga kita memperoleh kekuatan untuk tumbuh menjadi relevan dan signifikan dalam dunia dewasa ini. Sebab, jika kita menjadi bagian takterpisahkan dari pokoknya, yaitu Kristus sendiri, kita akan menghasilkan buah melimpah. Inilah misteri yang ingin kita rayakan dalam Ekaristi novena KEK II hari ke-3 ini.

SERUAN TOBAT [TPE hal 24-27/MB 104/PS 234/SYUKUR KEPADA-MU TUHAN: MB 427/PS 592]
I. Saudara-saudari, marilah kita menyatakan tobat kita pada awal perayaan ekaristi dengan mengenangkan peristiwa pembaptisan dengan menerima percikan air suci.

Aku melihat air mengalir* dari bait Allah di sebelah kanan alleluya;
dan semua yang didatangi diselamatkan, dan berkata, alleluya, alleluya. [selesai]

S. Pujilah Tuhan karena Ia baik
U. karena belas kasihan-Nya kekal.
S. Kemuliaan kepada Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus.
U. Seperti pada permulaan, sekarang selalu, dan sepanjang segala abad. Amin.

atau

Vidi aquam* egredientem de templo,
a latere dextro, alleluia:
et omnes, ad quos pervenit aqua ista,
salvi facti sunt, et dicent, alleluia, alleluia. [selesai]

S. Confitemini Domino quoniam bonus:
U. Quoniam in saeculum misericordia eius.

S. Gloria Patri, et Filio, et Spiritui Sancto:
U. Sicut erat in principio, et nunc, et semper,
et in saecula sæculorum. Amen.

(Diulang dari awal sampai "Selesai". Sesudah absolusi, langsung menyusul MADAH KEMULIAAN)

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal
U. Amin.

MADAH KEMULIAAN
(PS 354)

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I. Allah yang mahakasih, Engkau telah mengutus Yesus Kristus ke tengah kami. Tanpa kehadiran Kristus kami tidak dapat berbuat apa-apa. Maka kami mohon, kuatkanlah kami sehingga kami semakin terikat dan mengikatkan diri hanya kepada-Nya supaya kami dapat menghasilkan buah yang melimpah. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.
U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Kis 9:26-31)


"Barnabas menceritakan kepada para rasul bagaimana Saulus melihat Tuhan di tengah jalan."

L. Pembacaan dari Kisah Para Rasul:
Setelah dibaptis dalam nama Yesus, Saulus pergi ke Yerusalem. Di sana ia mencoba menggabungkan diri dengan murid-murid Yesus, tetapi semuanya takut kepadanya karena mereka tidak percaya bahwa Saulus juga seorang murid. Tetapi Barnabas menerima dia, lalu membawanya kepada rasul-rasul dan menceriterakan kepada mereka bagaimana Saulus melihat Tuhan di tengah jalan, dan bahwa Tuhan berbicara dengan dia. Juga diceritakannya bagaimana keberanian Saulus mengajar di Damsyik dalam nama Yesus. Maka, Saulus tetap bersama-sama dengan mereka di Yerusalem dan dengan berani ia mengajar dalam nama Tuhan. Saulus juga berbicara dan bersoal jawab dengan orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani, dan mereka itu berusaha membunuh dia. Akan tetapi setelah hal itu diketahui oleh saudara-saudara anggota jemaat, mereka membawa Saulus ke Kaisarea, dan dari situ membantu dia ke Tarsus. Selama beberapa waktu jemaat di seluruh Yudea, Galilea dan Samaria berada dalam keadaan damai. Jemaat itu dibangun, dan hidup dalam takut akan Tuhan. Jumlahnya makin bertambah besar oleh pertolongan dan penghiburan Roh Kudus.

L. Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (PS 834)
Refren: Nama Tuhan hendak kuwartakan, di tengah umat kumuliakan.
Mazmur:
1. Nazarku akan kubayar di depan orang-orang yang takwa. Orang yang rendah hati akan makan dan kenyang, orang yang mencari Tuhan akan memuji-muji Dia, biarlah hatimu hidup untuk selamanya.
2. Segala ujung bumi akan menjadi sadar lalu berbalik kepada Tuhan, dan segala rumpun bangsa akan sujud menyembah di hadapan Allah kita.
3. Kepada-Nya akan sujud menyembah; semua orang sombong di bumi di hadapan-Nya akan berlutut: semua orang yang telah kembali ke pangkuan pertiwi.
4. Dan aku akan hidup bagi Tuhan, anak cucuku akan beribadah kepada-Nya. Mereka akan menceritakan hal ikhwal Tuhan kepada angkatan yang akan datang.
5. Mereka akan memberitakan keadilan-Nya kepada bangsa yang akan lahir nanti. Semua itu telah dikerjakan oleh Tuhan.

BACAAN II (1Yoh 3:18-24)


"Inilah perintah Allah, yaitu supaya kita percaya dan saling mengasihi.""


L. Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes:

Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran. Demikianlah kita ketahui, bahwa kita berasal dari kebenaran, dan kita dapat menghadap Allah dengan hati tenang. Sebab jika kita dituduh oleh hati kita, Allah adalah lebih besar daripada hati kita, dan Ia mengetahui segala sesuatu. Saudara-saudaraku yang terkasih, jikalau hati kita tidak menuduh kita, maka kita mempunyai keberanian penuh iman untuk mendekati Allah. Dan apa saja yang kita minta dari Allah, kita peroleh dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya. Dan inilah perintah Allah itu: yakni supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah-Nya yang diberikan Kristus kepada kita. Barangsiapa menuruti segala perintah-Nya, ia diam di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Dan beginilah kita ketahui bahwa Allah ada di dalam kita, yaitu dalam Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita.

L. Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 954)
Refren. Alleluya
Ayat. Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia ia berbuah banyak.

BACAAN INJIL (Yoh 15:1-8)

"Barangsiapa tinggal di dalam Aku, dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak."

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes
U. Dimuliakanlah Tuhan.
I. Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Akulah pokok anggur yang benar, dan Bapa-Kulah pengusahanya. Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya, dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya supaya berbuah lebih banyak. Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam aku, ia dibuang ke luar seperti ranting yang menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak, dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku."

I.: Demikianlah Injil Tuhan
U.: Terpujilah Kristus.


HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Allah yang murah hati telah mengaruniakan Putera-Nya Yesus Kristus untuk menebus dan mempersatukan seluruh umat manusia. Ia menghendaki agar kita tinggal dalam Kristus dan berbuah. Marilah kita menghaturkan doa dan permohonan dengan berseru:

L. Pada hari ini Yesus menjanjikan kepada kita, ”Jikalau Engkau tinggal di dalam Aku dan hidup menurut firman-Ku, mintalah apa saja yang kamu kehendaki dan kamu akan menerimanya.” Kami mohon semoga Gereja dimurnikan dalam aneka pencobaan dan penderitaan yang dialaminya. Semoga Gereja semakin menunjukkan kepada dunia wajah Kristus yang melayani dengan rendah hati. Marilah kita mohon: (Doa Umat TPE lagu 6 hal 40)
U. Dengarkanlah umat-Mu.

L. Kami berdoa untuk bangsa dan negara kami. Semoga bangsa dan negara kami semakin memberikan kenyamanan dan kedamaian bagi masyarakat sehingga dapat hidup rukun berdampingan satu sama lain serta jauh dari perpecahan. Dampingilah pula para pemimpin kami supaya mereka mengupayakan kesejahteraan masyarakat. Marilah kita mohon:
U. Dengarkanlah umat-Mu.

L. Semoga para imam, biarawan, biarawati dan para rasul awam berdedikasi penuh pada Gereja. Semoga di tengah kesibukan kerja dan pelayanan, mereka tetap bersatu dengan Kristus sehingga menghasilkan buah yang berlimpah. Marilah kita mohon:
U. Dengarkanlah umat-Mu.

L. Kami juga berdoa untuk umat-Mu yang berkumpul ini. Utuslah Roh Kudus-Mu ke tengah kami supaya kami berani mencari dan tinggal bersama Yesus Kristus, Putra-Mu, sehingga kami menjadi umat yang senantiasa terbuka terhadap segala yang baik dan menghasilkan buah cinta kasih. Marilah kita mohon
U. Dengarkanlah umat-Mu.

I. Ya Allah, terimalah persembahan kami ini. Persatukanlah dengan persembahan Putra-Mu. Semoga kami senantiasa tinggal bersama-Nya sehingga kami dapat menghasilkan buah kehidupan yang baik dan melimpah. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami.
U. Amin.


A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN

LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN (PS 525)

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Ya Allah, terimalah persembahan kami ini. Persatukanlah dengan persembahan Putra-Mu. Semoga kami senantiasa tinggal bersama-Nya sehingga kami dapat menghasilkan buah kehidupan yang baik dan melimpah. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami.
U. Amin.




B. DOA SYUKUR AGUNG


PREFASI

KUDUS (PS 393)

DOA SYUKUR AGUNG I


C. KOMUNI


BAPA KAMI


I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
I+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala kemalangan dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami, supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tenteram sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA DAMAI
I. Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U. Amin.

I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu

ANAK DOMBA ALLAH (PS 414)


PERSIAPAN KOMUNI
Ajakan menyambut Komuni

I. Inilah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan-Nya
U. Ya Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

KOMUNI 


 SAAT HENING

 DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa yang mahabaik, Engkau telah menyatukan kami dengan Kristus berkat komuni kudus yang telah kami santap. Semoga karenanya, persekutuan kami dengan Kristus semakin erat sehingga hidup kami dijiwai oleh Kristus sendiri sampai akhirnya kami bersatu secara penuh dengan-Nya di surga. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami.
U. Amin.

RITUS PENUTUP



DOA PERSIAPAN KONGRES EKARISTI KEUSKUPAN II KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG

I. Marilah kita berdoa bersama:
I+U. Allah Bapa yang Mahamurah,
kami bersyukur atas misteri penyertaan-Mu
melalui Kristus yang hadir dalam Ekaristi.
Syukur pula atas semangat berbagi
yang telah tumbuh dalam diri umat-Mu.

Kami mohon, curahkanlah Roh-Mu
ke dalam hati seluruh umat-Mu
agar kami semua menyongsong
Kongres Ekaristi Keuskupan Kedua
pada bulan Juni 2012 dengan sukacita
dalam semangat kasih dan kerjasama.

Buatlah Ekaristi menjadi pusat hidup seluruh umat-Mu
agar kami semua tinggal dalam Kristus dan berbuah
dalam kehidupan menggereja dan memasyarakat
secara signifikan dan relevan.

Bersama Santa Perawan Maria, Bunda Sakramen Mahakudus
serta semua orang kudus di sorga
kami sampaikan doa ini kepada-Mu
dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.


PENGUMUMAN

BERKAT

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Semoga karena kebangkitan Sang Putra Tunggal, Allah menganugerahkan rahmat penebusan dan berkat kepada Saudara yang telah diangkat menjadi anak-Nya.
U. Amin.
I. Semoga Saudara ikut menikmati kebahagiaan abadi bersama dengan Kristus yang telah menebus dan membebaskan saudara.
U. Amin.
I. Saudara telah dibangkitkan lewat pembaptisan, semoga setelah mengamalkan hidup yang benar di dunia ini, Saudara disambut Kristus di tanah air surgawi.
U. Amin.
I. Semoga Saudara sekalian dilindungi, dibimbing dan diberkati oleh Allah yang mahakuasa: (+) Bapa dan Putra dan Roh Kudus.
U. Amin.

PENGUTUSAN

I. Saudara sekalian, Perayaan Ekaristi sudah selesai. Alleluya, alleluya
U. Syukur kepada Allah, Alleluya, alleluya.


LAGU PENUTUP (PS 672)


***


Reaksi: