Perayaan Ekaristi: Sabtu-Minggu, 28-29 April 2012

HARI MINGGU PRAPASKAH IV
Hari Minggu Panggilan
Novena Kongres Ekaristi II hari ke- 2: Dipanggil untuk Berbagi Hidup
SABTU-MINGGU, 28-29 April 2012


RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA (PS 520)

TANDA SALIB DAN SALAM
I. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
I. Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus bersamamu
U. Dan bersama rohmu


PENGANTAR
I. Hari ini Gereja merayakan hari Minggu Paskah keempat dan sekaligus hari Minggu Panggilan. Yesus hadir sebagai Gembala yang baik, yang mengenal domba-domba-Nya dan rela mempertaruhkan hidup-Nya agar manusia dapat menikmati kehidupan sejati.
Keteladanan Kristus, Sang Gembala Baik ini hendak kita renungkan dalam perayaan Ekaristi novena KEK II hari kedua ini. Misteri Paskah sebagai tanda pemberian diri Allah secara total kepada manusia memberikan inspirasi kepada kita untuk ikut serta membagikan hidup kepada sesama. Panggilan berbagi hidup itu bisa kita buat seturut peran dan fungsi kita masing-masing.

SERUAN TOBAT (TUHAN KASIHANILAH KAMI)
I. Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah gembala baik, yang mengenal kami dengan segala kelebihan dan kelemahan.
K. Tuhan, kasihanilah kami.
U. Tuhan, kasihanilah kami.

I. Engkaulah gembala baik yang mempertaruhkan hidup demi keselamatan dunia.
K Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami

I. Engkaulah gembala baik yang mengutus murid-murid-Mu mewartakan Injil kepada semua orang.
K. Tuhan, kasihanilah kami.
U. Tuhan, kasihanilah kami.

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal
U. Amin.

MADAH KEMULIAAN


DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I. Ya Allah, melalui Yesus Kristus, Putra-Mu yang telah memberikan diri untuk domba-domba-Nya, Engkau telah membuka jalan keselamatan bagi kami. Kami mohon, berilah kami keberanian untuk mengikuti jejak-Nya, memberikan hidup kami kepada sesama. Utuslah Roh Kudus-Mu untuk selalu menguatkan langkah kami. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang masa.
U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Kis 4:8-12)

"Hanya Yesuslah sumber keselamatan."


L. Pembacaan dari Kisah Para Rasul:

Tatkala dihadapkan Mahkamah Agama Yahudi karena telah menyembuhkan seorang lumpuh, Petrus, yang penuh dengan Roh Kudus berkata, "Hai pemimpin-pemimpin umat dan tua-tua, jika kami sekarang harus diperiksa karena suatu kebajikan kepada seorang sakit dan harus menerangkan dengan kuasa manakah orang itu disembuhkan, maka ketahuilah oleh kamu sekalian dan oleh seluruh umat Israel, bahwa semua itu kami lakukan dalam nama Yesus Kristus, orang Nazaret, yang telah kamu salibkan, tetapi dibangkitkan Allah dari antara orang mati. Karena Yesus itulah orang ini sekarang berdiri dengan sehat di depan kamu. Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan yaitu kamu sendiri, namun ia telah menjadi batu penjuru. Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (PS 824)
Refren: Tangan kanan Tuhan telah memperlihatkan kekuatan. Tangan kanan Tuhan telah menjunjungku, Maka aku tak akan mati, melainkan hidup abadi
Mazmur:
1. Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Kekal abadi kasih setia-Nya! Lebih baik berlindung pada Tuhan, daripada percaya kepada manusia. Lebih baik berlindung pada Tuhan daripada percaya kepada para bangsawan.
2. Aku bersyukur kepada-Mu, sebab Engkau telah menjawab aku dan telah menjadi keselamatanku. Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan, telah menjadi batu penjuru. Hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita.
3. Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan! Kami memberkati kamu dari dalam rumah Tuhan. Allahkulah Engkau, aku hendak bersyukur kepada-Mu, Allahku aku hendak meninggikan Dikau. Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Kekal abadi kasih setia-Nya.

BACAAN II (1Yoh 3:1-2)

"Kita melihat Yesus dalam keadaan-Nya yang sebenarnya."


L. Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes:

Saudara-saudara terkasih, lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Allah. Saudara-saudaraku yang terkasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata bagaimana keadaan kita kelak. Akan tetapi kita tahu bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 956)
Ref. Alleluya, Alleluya, Alleluya (2x)
Ayat. Akulah gembala yang baik, sabda Tuhan;
Aku mengenal domba-domba-Ku, dan domba-domba-Ku mengenal Aku

BACAAN INJIL (Luk 24:35-48)

"Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya."

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes
U. Dimuliakanlah Tuhan.
I. Pada suatu hari Yesus berkata kepada orang-orang Farisi, "Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya; sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu. Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu. Akulah gembala yang baik. Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga; mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala! Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak seorang pun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku."
I: Demikianlah Injil Tuhan
U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT

I. Yesus telah bersabda, “Akulah gembala yang baik, Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku.” Sebagai domba-domba yang dicintai-Nya, marilah kita berdoa dan berseru kepada-Nya:

L. Ya Tuhan, utuslah Roh Kudus-Mu untuk mendampingi para pemimpin Gereja, secara khusus pelayanan Bapa Paus, para Uskup, dan para imam-Mu. Dunia membutuhkan mereka sebagai nabi-nabi zaman ini.
U. Sentuhlah para pemimpin Gereja sehingga mereka mampu membawa kami kepada-Mu melalui kesaksian hidup mereka. Kuatkanlah mereka, terutama ketika mereka merasa sia-sia dalam pelayanan dan karyanya.

L. Engkau telah memanggil kami untuk ikut ambil bagian dalam karya keselamatan-Mu dengan semangat rendah hati dan pelayanan.
U. Jauhkanlah pula para pemimpin masyarakat kami dari sikap yang tamak-serakah, pongah, dan sombong serta sikap yang tidak adil dan hanya mencari keuntungannya sendiri. Sebab Engkaulah seluruh harapan, masa depan, dan andalan kami.

L. Pandanglah dengan penuh belas kasih kami, kawanan domba-Mu, yang masih kekurangan gembala. Kirimkan dan utuslah para gambala untuk kami sebab Engkau sendiri bersabda: ”Mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu”.
U. Tumbuhkanlah rahmat panggilan dalam hati mereka yang Kupilih, karena tiada seorangpun yang bisa mengambil sendiri martabat ini bagi dirinya. Kobarkanlah api panggilan di hati anak-anak, remaja dan kaum muda, agar mereka bersedia menanggapi panggilan-Mu menjadi Imam, biarawan, dan biarawati.

L. Ya Tuhan Yesus, kami ingin membalas cinta-Mu dengan segenap hati kami. Semoga Engkau berbuat sekehendak Ilahi-Mu atas seluruh diri kami. Mampukan kami menampilkan diri sebagai garam dan terang dunia.
U. Mampukan kami mengasihi semua saudara kami, terutama yang kecil, lemah, miskin dan tersingkir. Semoga orang-orang yang menderita, terutama para korban kekerasan dan ketidakadilan serta mereka yang sakit dan lanjut usia memperoleh kekuatan dan penghiburan karena kasih-Mu.

I. Allah Bapa kami, sumber kehidupan dan kegiatan, kami bersyukur, Kauperkenankan ikut serta dalam kehidupan ilahi-Mu serta karya penggembalaan Putera-Mu. Berilah kami kekuatan, agar selalu setia dalam perkara-perkara kecil serta prihatin untuk menjalankan kehendak-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan perantara kami.
U. Amin



LITURGI EKARISTI


A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN


LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN (PS 656)

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa yang mahabaik, berkenanlah menerima dan mempersatukan persembahan roti dan anggur ini dengan persembahan Kristus, Putera-Mu. Semoga, persembahan Putera-Mu itu menyadarkan kami untuk ikut berkorban demi sesama. Sebab, Dialah Tuhan dan Perantara kami.
U. Amin.

B. DOA SYUKUR AGUNG


PREFASI

KUDUS

U. Kudus, kudus, kuduslah Tuhan Allah segala kuasa. Surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu. Terpujilah Engkau di surga. Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan. Terpujilah Engkau di surga

DOA SYUKUR AGUNG


C. KOMUNI


BAPA KAMI
(MB 144)


I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
I+U. Bapa kami ....

DOA DAMAI
I. Kristuslah gembala baik, yang telah mempertaruhkan hidup-Nya demi keselamatan kita. Maka dengan sepenuh hati kita percayakan diri kita kepada-Nya, agar selalu dibimbing dalam perjalanan. Marilah berdoa kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U Amin.

I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu

ANAK DOMBA ALLAH

PERSIAPAN KOMUNI
Ajakan menyambut Komuni

I. Inilah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan-Nya
U. Ya Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

KOMUNI (PS 525, 530)

SAAT HENING

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Ya Allah, kami bersyukur kepada-Mu karena Putra-Mu telah mengorbankan diri-Nya demi keselamatan kami. Korban itu kami kenangkan dalam Ekaristi kudus ini. Semoga karenanya, hidup kami semakin dijiwai oleh Roh-Mu dan kami semakin berani berbagi hidup dengan sesama. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

RITUS PENUTUP


DOA PERSIAPAN KONGRES EKARISTI KEUSKUPAN II KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG

I. Marilah kita berdoa bersama:
I+U. Allah Bapa yang Mahamurah,
kami bersyukur atas misteri penyertaan-Mu
melalui Kristus yang hadir dalam Ekaristi.
Syukur pula atas semangat berbagi
yang telah tumbuh dalam diri umat-Mu.

Kami mohon, curahkanlah Roh-Mu
ke dalam hati seluruh umat-Mu
agar kami semua menyongsong
Kongres Ekaristi Keuskupan Kedua
pada bulan Juni 2012 dengan sukacita
dalam semangat kasih dan kerjasama.

Buatlah Ekaristi menjadi pusat hidup seluruh umat-Mu
agar kami semua tinggal dalam Kristus dan berbuah
dalam kehidupan menggereja dan memasyarakat
secara signifikan dan relevan.

Bersama Santa Perawan Maria, Bunda Sakramen Mahakudus
serta semua orang kudus di sorga
kami sampaikan doa ini kepada-Mu
dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

PENGUMUMAN

BERKAT


PENGUTUSAN

LAGU PENUTUP (PS 528)


***


Reaksi: