Perayaan Ekaristi: Sabtu-Minggu, 12 - 13 Mei 2012

HARI MINGGU PASKAH VI
Novena Kongres Ekaristi II Keuskupan Agung Semarang, hari ke- 4: Tinggallah dalam kasih Kristus
Sabtu-Minggu, 12 - 13 Mei 2012


RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA (PS 661)

TANDA SALIB DAN SALAM
I. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
I. Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Tuhan kita, Yesus Kristus, bersamamu
U. Dan bersama rohmu


PENGANTAR

I. Allah adalah sumber cinta kasih yang sejati. Cinta kasih yang berasal dari Allah akan membuat orang tahan uji dalam setiap situasi kehidupan. Cinta kasih Allah juga membawa setiap orang sampai kepada kemerdekaan yang sejati. Inilah perwartaan yang terus disampaikan oleh Gereja.
Setiap murid Kristus, dipanggil untuk mewartakan kasih itu. Salah satu syarat untuk bisa mewartakan kasih Allah, baik dalam perkataan maupun perbuatan, adalah dengan tinggal dalam kasih itu sendiri. Dengan tinggal dalam kasih Allah yang nyata dalam Kristus, semakin mendalamlah relasi kita dengan Allah. Inilah ajakan dalam perayaan Ekaristi hari ini. Kita semua diajak untuk semakin berani tinggal dalam Kristus dengan tinggal dalam kasih-Nya.

SERUAN TOBAT [TPE hal 24-27/MB 104/PS 234/SYUKUR KEPADA-MU TUHAN: MB 427/PS 592]
I. Saudara-saudari, marilah kita menyatakan tobat kita pada awal perayaan ekaristi dengan mengenangkan peristiwa pembaptisan dengan menerima percikan air suci.

Aku melihat air mengalir* dari bait Allah di sebelah kanan alleluya;
dan semua yang didatangi diselamatkan, dan berkata, alleluya, alleluya. [selesai]

S. Pujilah Tuhan karena Ia baik
U. karena belas kasihan-Nya kekal.
S. Kemuliaan kepada Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus.
U. Seperti pada permulaan, sekarang selalu, dan sepanjang segala abad. Amin.

atau

Vidi aquam* egredientem de templo,
a latere dextro, alleluia:
et omnes, ad quos pervenit aqua ista,
salvi facti sunt, et dicent, alleluia, alleluia. [selesai]

S. Confitemini Domino quoniam bonus:
U. Quoniam in saeculum misericordia eius.

S. Gloria Patri, et Filio, et Spiritui Sancto:
U. Sicut erat in principio, et nunc, et semper,
et in saecula sæculorum. Amen.

(Diulang dari awal sampai "Selesai". Sesudah absolusi, langsung menyusul MADAH KEMULIAAN)

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal
U. Amin.

MADAH KEMULIAAN
(PS 352)

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I. Allah Bapa yang mahakasih, cinta kasih-Mu demikian besar kepada kami. Engkau memberikan Kristus sebagai silih atas dosa-dosa kami. Utuslah Roh Kudus-Mu supaya kami dapat menanggapi kasih-Mu itu. Semoga dengan daya Roh Kudus-Mu kami semakin berani dan mampu tinggal dalam kasih-Mu sehingga dapat menghasilkan buah yang baik dalam hidup kami. Demi Yesus Kristus, Putra-Mu, yang bersama Dikau dalam persekutuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U. Amin.


LITURGI SABDA

BACAAN I (Kis 10:25-26.34-35.44-48)


"Karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga."

L. Pembacaan dari Kisah Para Rasul:
Sekali peristiwa, ketika sampai di kota Kaisarea, Petrus masuk ke rumah Kornelius. Kornelius menyambutnya, dan sambil tersungkur dekat kaki Petrus, ia menyembahnya. Tetapi Petrus menegakkan dia serta berkata, "Bangunlah, aku hanya manusia biasa." Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membeda-bedakan orang. Setiap orang dari bangsa mana pun yang takut akan Allah dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya. Ketika Petrus sedang berbicara, turunlah Roh Kudus ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu. Dan semua orang beriman dari golongan bersunat yang waktu itu menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga. Sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah. Lalu Petrus bertanya, "Bolehkah mencegah orang-orang ini dibaptis dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?" Maka Petrus menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Kemudian orang-orang itu meminta kepada Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama mereka.

L. Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (PS 807)
Refren: Segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita.
Mazmur:
1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib, keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya oleh lengan-Nya yang kudus.
2. Tuhan telah memperkenalkan keselamatan, yang datang dari pada-Nya, Ia telah menyatakan keadilan-Nya, di hadapan para bangsa. Ia ingat akan kasih dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel.
3. Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita. Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah dan bermazmurlah!

BACAAN II (1Yoh 4:7-10)



"Allah adalah kasih."


L. Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes:
Saudara-saudaraku yang terkasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah, dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dunia, supaya kita hidup oleh-Nya. Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai silih bagi dosa-dosa kita.
Demikianlah sabda Tuhan

L. Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 951)
Refren. Alleluya
Ayat. Siapa yang mengasihi aku akan menuruti firman-Ku, Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan Kami akan datang kepadanya

BACAAN INJIL (Yoh 15:9-17)


"Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya."

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes
U. Dimuliakanlah Tuhan.
I. Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikian juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. Ini perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak lagi menyebut kamu hamba, sebab hamba tidak tahu apa yang diperbuat oleh tuannya. Tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku diberikan-Nya kepadamu. Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain."

I.: Demikianlah Injil Tuhan
U.: Terpujilah Kristus.


HOMILI

AKU PERCAYA


DOA UMAT

I. Tuhan Yesus Kristus telah mengasihi kita dengan kasih yang tak terhingga. Marilah kita mohon kepada Bapa agar kita dapat menanggapi dan mewartakan kasih-Nya melalui doa-doa permohonan kepada-Nya.
L. Ya Bapa, berilah rahmat kesetiaan bagi Bapa Paus, para Uskup, dan para Imam, agar mereka yang diserahi tugas memimpin Gereja menjadi gembala-gembala yang baik dan penuh cinta kasih bagi semua orang tanpa pandang bulu
U. Bantulah mereka dalam menjalankan tugasnya dengan semangat melayani seturut teladan Kristus yang datang bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani.
L. Ya Bapa, berikanlah semangat cinta kasih di antara para bangsa, agar di dunia ini terwujudlah suasana damai, tenteram dan sejahtera, jauh dari permusuhan, perang dan saling membunuh.
U. Semoga para pemimpin Negara menyadari bahwa kharisma kepemimpinan mereka berasal dari-Mu sehingga mereka mempunyai semangat pelayanan yang tulus serta dapat mengambil keputusan yang adil, tepat dan benar untuk mengupayakan kemakmuran dan kesejahteraan semua orang.
L. Allah Bapa yang maha bijaksana, Engkau menghendaki agar kami memelihara bumi dan mengolahnya lewat aneka kerja. Dengan demikian Engkau membimbing kami memenuhi kebutuhan hidup kami.
U. Kami bersyukur karena kami boleh ikut ambil bagian dalam meneruskan karya penciptaan-Mu itu. Bimbinglah kami supaya melalui aneka pelayanan dan pekerjaan, kami mampu mewartakan kasih-Mu kepada semua orang, terutama mereka yang kecil, lemah, miskin dan tersingkir di sekitar kami.
L. Allah, Bapa kami yang maha pengasih dan penyayang, Engkau telah menanamkan benih kasih dalam hati semua orang dan menghendaki agar kami saling mengasihi sebagaimana kami mengasihi diri kami sendiri.
U. Curahkanlah rahmat persaudaraan kepada semua orang agar mereka tekun mengusahakan kedamaian, kerukunan dan ketentraman. Bebaskanlah umat-Mu dari hal-hal yang melemahkan semangat persaudaraan: cekcok, iri hati, dengki, fitnah dan egoisme.
I. Allah Bapa yang maha pengasih, Engkau menjanjikan kebahagiaan kepada kami bila kami saling mengasihi satu sama lain. Berilah kami kekuatan untuk menempuh jalan yang tepat seturut teladan Yesus Kristus yang karena kasih-Nya rela mengorbankan diri bagi kami yang lemah ini, kini dan sepanjang masa.


U. Amin.




A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN

LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN (PS 526)

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Ya Allah, kami bersyukur karena Kau perkenankan berhimpun sebagai anak-anak-Mu dalam perjamuan kudus ini. Semoga persembahan yang kami hunjukkan ini mendatangkan pembaruan bagi hidup kami sehingga kami semakin tekun dan setia tinggal dalam kasih Kristus. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami.
U. Amin.




B. DOA SYUKUR AGUNG


PREFASI

KUDUS (PS 392)

DOA SYUKUR AGUNG IV



C. KOMUNI


BAPA KAMI



I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
I+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.


I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala kemalangan dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami, supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tenteram sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA DAMAI
I. Yesus bersabda, Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah dalam kasih-Ku itu. Maka marilah kita mohon damai kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U. Amin.

I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu

ANAK DOMBA ALLAH (PS 413)


PERSIAPAN KOMUNI
Ajakan menyambut Komuni

I. Inilah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan-Nya
U. Ya Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

KOMUNI 


SAAT HENING

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Ya Allah, kami bersyukur atas sakramen cinta kasih yang telah kami terima ini. Semoga sakramen ini mendorong dan menguatkan kami untuk terus bersatu dan tinggal dalam kasih Putra-Mu hingga kami mengalami kepenuhan cinta kasih-Mu di surga. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

RITUS PENUTUP

DOA PERSIAPAN KONGRES EKARISTI KEUSKUPAN II KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG

I. Marilah kita berdoa bersama:
I+U. Allah Bapa yang Mahamurah,
kami bersyukur atas misteri penyertaan-Mu
melalui Kristus yang hadir dalam Ekaristi.
Syukur pula atas semangat berbagi
yang telah tumbuh dalam diri umat-Mu.

Kami mohon, curahkanlah Roh-Mu
ke dalam hati seluruh umat-Mu
agar kami semua menyongsong
Kongres Ekaristi Keuskupan Kedua
pada bulan Juni 2012 dengan sukacita
dalam semangat kasih dan kerjasama.

Buatlah Ekaristi menjadi pusat hidup seluruh umat-Mu
agar kami semua tinggal dalam Kristus dan berbuah
dalam kehidupan menggereja dan memasyarakat
secara signifikan dan relevan.

Bersama Santa Perawan Maria, Bunda Sakramen Mahakudus
serta semua orang kudus di sorga
kami sampaikan doa ini kepada-Mu
dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.


PENGUMUMAN

BERKAT

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Semoga karena kebangkitan Sang Putra Tunggal, Allah menganugerahkan rahmat penebusan dan berkat kepada Saudara yang telah diangkat menjadi anak-Nya.
U. Amin.
I. Semoga Saudara ikut menikmati kebahagiaan abadi bersama dengan Kristus yang telah menebus dan membebaskan saudara.
U. Amin.
I. Saudara telah dibangkitkan lewat pembaptisan, semoga setelah mengamalkan hidup yang benar di dunia ini, Saudara disambut Kristus di tanah air surgawi.
U. Amin.
I. Semoga Saudara sekalian dilindungi, dibimbing dan diberkati oleh Allah yang mahakuasa: (+) Bapa dan Putra dan Roh Kudus.
U. Amin.

PENGUTUSAN

I. Saudara sekalian, Perayaan Ekaristi sudah selesai. Alleluya, alleluya
U. Syukur kepada Allah, Alleluya, alleluya.


LAGU PENUTUP (PS 529)


***


Reaksi: