Perayaan Ekaristi: Sabtu-Minggu, 10 - 11 Desember 2011


HARI MINGGU ADVEN III
SABTU-MINGGU, 10 - 11 Desember 2011


RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM
I. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
I. Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus besertamu
U. Dan sertamu juga


PENGANTAR

I. Yohanes Pembaptis, anak imam Zakharia, tidak mengikuti ayahnya melayani kultus di Bait Allah di Yerusalem. Ia tinggalkan institusi agama Yahudi dan memilih menjadi "suara" di padang gurun. Suaranya adalah suara seorang nabi yang menjadi cambuk bagi instansi agama dan bagi raja Herodes. Suaranya dikontrol oleh instansi agama dan dibungkam oleh Herodes demi gengsinya. Akan tetapi suara seorang nabi tak akan dikontrol dan dibungkam, sebab tampillah suara yang lebih lantang lagi: suara Yesus dari Nazareth. Yesus pun dikontrol dan dibungkam demi kepentingan Kayafas, imam agung. Akan tetapi tampillah suara yang lebih lantang lagi; suara para murid Yesus, bukan hanya di Yerusalem akan tetapi di seluruh dunia.

SERUAN TOBAT (Cara 1 atau Cara 3, KYRIE PS 339)
I. Saudara - saudara, - marilah mengakui bahwa kita telah berdosa, - supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.

I. Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah yang hadir di tengah-tengah kami, yang tidak kami kenal.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami

I. Engkaulah terang bagi manusia
K. Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami

I. Engkaulah yang membaptis manusia dalam Roh Kudus.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.

TUHAN KASIHANILAH KAMI (KYRIE PS 339)

TANPA KEMULIAAN


DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I. Allah Bapa yang mahakuasa dan kekal, Engkau mencipta dunia kembali berkat cahaya yang memancar pada diri Yesus, saksi utama-Mu. Kami mohon, perkenankanlah kami mendengarkan suara-Nya serta menimba harapan baru dari cinta kasih-Nya terhadap manusia yang dipelopori-Nya. Sebab Dialah Tuhan, dan pengantara kami yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin.
U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Yes 6:1-2a.10-11)

"Aku bersukaria di dalam Tuhan"

L. Pembacaan dari Kitab Yesaya:
Kata nabi, "Roh Tuhan ada padaku, sebab ia telah mengurapi aku. Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati. Aku diutus untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara. Tuhan Allah berkenan kepadaku untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan dan hari pembalasan Allah kita. Aku bersukaria di dalam Tuhan, jiwaku bersorak-sorai di dalam Allahku. Sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan kepadaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, seperti pengantin pria mengenakan hiasan kepala, dan seperti pengantin wanita memakai perhiasan. Sebab seperti bumi memancarkan tumbuh-tumbuhan, dan seperti kebun menumbuhkan benih yang ditaburkan, demikianlah Tuhan akan menumbuhkan kebenaran dan puji-pujian di depan semua bangsa.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (PS 840)
Refren: Bahagia kuterikat pada Yahwe. Harapanku pada Allah Tuhanku.
Mazmur:
1. Aku mengagungkan Tuhan hatiku bersukaria karena Allah, penyelamatku. Sebab Ia memperhatikan daku, hamba-Nya yang hina ini.
2. Mulai sekarang aku disebut yang bahagia oleh sekalian bangsa. Sebab perbuatan besar dikerjakan bagiku oleh Yang Mahakuasa kuduslah nama-Nya.
3. Kasih sayang-Nya turun menurun kepada orang yang takwa. Perkasalah perbuatan tangan-Nya; diceraiberaikan-Nya orang yang angkuh hatinya.

BACAAN II (1Tes 5:16-24)

"Semoga Roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tidak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita."

L. Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Tesalonika:
Saudara-saudara, bersukacitalah senantiasa! Tetaplah berdoa dan mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah bagi kamu di dalam Kristus Yesus. Jangan padamkan Roh, dan janganlah anggap rendah nubuat-nubuat! Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik. Jauhkanlah dirimu dari segala jenis kejahatan. Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya, dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. Ia yang memanggil kamu adalah setia; maka Ia pun akan menggenapinya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 960)
Refren. Alleluya, Alleluya, Alleluya.
Ayat. Roh Tuhan ada padaku. Ia mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara.

BACAAN INJIL (Yoh 1:6-8.19-28)

"Di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal."

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes
U. Dimuliakanlah Tuhan.
I. Datanglah seorang yang diutus Allah namanya Yohanes. Ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya. Yohanes sendiri bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu. Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus kepadanya beberapa imam dan orang-orang Lewi untuk menanyakan kepadanya, "Siapakah engkau?" Yohanes mengaku dan tidak berdusta, katanya, "Aku bukan Mesias!" Lalu mereka berkata kepadanya, "Kalau begitu, siapakah engkau? Elia?" Yohanes menjawab, "Bukan!" "Engkaukah nabi yang akan datang?" Ia pun menjawab, "Bukan!" Maka kata mereka kepadanya, "Siapakah engkau? Sebab kami harus memberi jawab kepada mereka yang mengutus kami. Apa katamu tentang dirimu sendiri?" Jawab Yohanes, "Akulah suara orang yang berseu-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan, seperti yang telah dikatakan Nabi Yesaya. "Di antara orang-orang yang diutus itu ada beberapa orang Farisi. Mereka bertanya kepada Yohanes, "Mengapa engkau membaptis, jika engkau bukan Mesias, bukan Elia, dan bukan nabi yang akan datang?" Yohanes menjawab kepada mereka, "Aku membaptis dengan air, tetapi di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal, yaitu Dia yang datang kemudian daripada aku. Membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak." Hal itu terjadi di Betania yang di seberang Sungai Yordan, dimana Yohanes membaptis orang.

I: Demikianlah Injil Tuhan
U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT

I. Kita percaya bahwa Kristus hidup dalam harapan kita dan dalam cinta kasih kita satu sama lain, dan bahwa Ia yang berada di tengah-tengah kita, menyampaikan kesulitan-kesulitan dan kebutuhan-kebutuhan kita kepada Bapa. Maka, marilah kita berdoa:

L. Bagi imam-imam kita:
Ya Bapa, perkenankanlah mereka dengan gairah dan gembira membawa kedamaian dan kebahagiaan kepada umat Allah. Marilah kita mohon:
U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

L. Bagi para pemimpin masyarakat:
Ya Bapa, dampingilah para pemimpin agar dengan rendah hati dan penuh rasa tanggung jawab menanggapi amanat penderitaan rakyat. Marilah kita mohon:
U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

L. Bagi anak-anak yang baru lahir:
Ya Bapa, berkatilah anak-anak dan semoga mereka tetap merupakan warta iman dan harapan dalam hidup kami. Marilah kita mohon:
U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

L. Bagi diri kita sendiri:
Ya Bapa, semoga Roh-Mu meneguhkan kami dalam menantikan hari Natal serta menumbuhkan keinginan untuk mengenal Putra-Mu di tengah-tengah kami. Marilah kita mohon:
U. Tuhan, dengarkanlah umat-Mu.

I. Ya Bapa, dalam meraba-raba dan mencari-cari Engkau kami percaya bahwa Engkau beserta kami. Pada Dia yang kami kenal kembali dalam membagi-bagi roti bangkitkanlah harapan dan keyakinan kami bahwa Engkau mendengarkan kami kini dan selama-lamanya.
U. Amin.

LITURGI EKARISTI


A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN


LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa yang mahakudus, terimalah kiranya dalam persembahan ini diri kami sebagaimana adanya dan jadikanlah kami saksi dan pewarta belas kasih-Mu seturut teladan Yesus Al-Masih, Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin.

B. DOA SYUKUR AGUNG


PREFASI

KUDUS (SANCTUS PS 385)
U. Kudus, kudus, kudus Tuhan Allah segala kuasa.
Surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu. Terpujilah Engkau di surga.
Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan. Terpujilah Engkau di surga.
atau
U. Sanctus, sanctus, sanctus Dominus Deus Sabaoth. Pleni sunt caeli et terra gloria tua. Hosanna in excelcis. Benedictus qui venit in nomine Domini. Hosanna in excelcis.

DOA SYUKUR AGUNG


C. KOMUNI


BAPA KAMI
(Konvenas)

I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
I+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala kemalangan dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami, supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tenteram sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA DAMAI
I. Tuhan Yesus Kristus, Engkau berkata kepada para Rasul-Mu: Damai Kuberikan kepada-Mu, damai-Ku Kutinggalkan bagi-Mu: jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami, supaya hidup bersatu dengan rukun, sesuai dengan kehendak-Mu. Engkau yang hidup dan berkuasa sepanjang masa.
U. Amin.
I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu

ANAK DOMBA ALLAH (AGNUS DEI PS 406)

Agnus Dei, qui tollis peccata mundi: miserere nobis.

Agnus Dei, qui tollis peccata mundi: miserere nobis.

Agnus Dei, qui toliis peccata muncdi: doa nobis pacem.

PERSIAPAN KOMUNI

KOMUNI

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa kami yang mahasetia, laksanakanlah kiranya janji-Mu, kuduskanlah kami sepenuhnya. Peliharalah kami roh, jiwa dan raga kami, tanpa cela. Hidupkanlah pada kami harapan akan Hari Tuhan kami Yesus Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

RITUS PENUTUP


PENGUMUMAN

BERKAT

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Semoga Allah meneguhkan iman Saudara dalam mempersiapkan diri menyambut kedatangan Putra-Nya.
U. Amin
I. Semoga Allah memenuhi hati Saudara dengan harapan yang kokoh dan kegembiraan sejati.
U. Amin.
I. Semoga Allah mendorong Saudara supaya selalu mengamalkan cinta bakti yang suci.
U. Amin.
I. Semoga Saudara sekalian dilindungi, dibimbing, dan diberkati oelh Allah yang mahakuasa: Bapa dan Putra dan Roh Kudus.
U. Amin.

PENGUTUSAN

I. Saudara sekalian, Perayaan Ekaristi sudah selesai.
U. Syukur kepada Allah.
I. Marilah pergi! Kita diutus.
U. Amin.

LAGU PENUTUP


***