Social Icons

Pengantar Bulan Katekese Liturgi KAS: Devosi Ekaristi dan Ragam Devosi

Tema dan judul Renungan Bulan Katekese Liturgi pada tahun 2011 ini adalah Devosi Ekaristi dan Ragam Devosi. Tema ini sebenarnya merupakan usaha penjabaran langkah pertama dari roh Arah Dasar Umat Allah Keuskupan Agung Semarang tahun 2011-2015, yakni sebagai murid-murid Kristus menghadirkan Kerajaan Allah yang semakin signifikan dan relevan. Salah satu misi pokok yang ingin diambil adalah mengembangkan habitus baru berdasarkan semangat Injil dengan beriman mendalam dan tangguh. Dalam rentang waktu 5 tahun ini ke depan, Komisi Liturgi KAS juga ingin mengembangkan suatu perayaan liturgi yang signifikan dan relevan. Nah, untuk tahun 2011 ini kita mendalami devosi, khususnya devosi Ekaristi dan aneka ragam devosi lainnya.

Tema Devosi Ekaristi dan Ragam Devosi selain dipilih untuk mendukung Ardas KAS 2011-2015 bagi pengembangan iman yang mendalam dan tangguh, juga karena untuk melanjutkan tema tahun 2010 lalu mengenai Ekaristi dan sekaligus yang sangat penting pula untuk mempersiapkan hati dan budi kita semua menyongsong Kongres Ekaristi Keuskupan II KAS pada bulan Juni 2012 nanti. Demikianlah seluruh umat KAS diajak hadir dengan sadar dan terlibat secara aktif dalam tanggung jawab sejarah Umat Allah KAS sejak 71 tahun yang lalu dan tradisi kerohanian yang luar biasa yang salah satunya adalah gerakan Adorasi Ekaristi dan salah satu puncaknya ialan Kongres Ekaristi Keuskupan I KAS bulan Juni 2008 yang lalu. Puncak tersebut bukan akhir perjalanan melainkan sebuah titik yang masih perlu dilanjutkan ke titik puncak lainnya, dalam mana perayaan Ekaristi sendiri senantiasa tetap menjadi sumber dan puncak kehidupan seluruh umat Kristiani (LG 11).

Pada bulan Mei pula, Gereja di seluruh Indonesia mengadakan Bulan Liturgi Nasional yang memiliki tema tersendiri. Umat beriman KAS tentu saja tetap boleh menggunakan bahan dari Komisi Liturgi KWI. Hanya saja, tetap diharapkan bahwa umat beriman di KAS bisa secara teratur dan setiap hari merenungkan tema Devosi Ekaristi dan Ragam Devosi seperti ditawarkan di buku ini. Renungan BKL ini juga boleh diperdalam lagi pada bulan Oktober, bulan rosario.

Renungan harian yang ditawarkan di sini merupakan bahan renungan yang bisa dibaca secara pribadi atau dibacakan dalam acara doa bersama, khususnya doa rosario keluarga atau lingkungan. Pada tahun 2011 ini, alangkah baiknya apabila seluruh keluarga berkumpul bersama setiap malam untuk berdoa rosario dan merenungkan bahan BKL ini, agar tradisi doa terus dihidupi dalam keluarga kita masing-masing.

Beberapa catatan lain:

1. Renungan dibuat singkat dan berlangsung sekitar 5-6 menit saja.
2. Renungan terdiri atas pengalaman hidup sehari-hari, pendalaman liturgi dan sabda Allah.
3. Renungan ini dapat dibacakan pada awal doa atau di antara peristiwa-peristiwa atau pada akhir doa rosario, atau di tempat lain yang sesuai. Pemimpin bebas menentukan kapan renungan ini disampaikan.
4. Memang sangatlah baik, apabila dalam kelompok ada kemungkinan waktu untuk sharing dan berdiskusi mengenai isi BKL. Maka pada bahan BKL ini ditawarkan satu bahan sarasehan. Bahan sarasehan ini hanyalah sebuah tawaran, terutama bagi kelompok yang ingin mengadakan pendalaman bersama. Semoga berguna!

Semoga Tahun 2011 ini benar-benar menjadi tahun penuh rahmat, dan kita mensyukuri tanpa henti karena kebaikan Tuhan yang senantiasa berlimpah. Berkah Dalem.



Yogyakarta, 2 Februari 2011

Pesta Yesus dipersembahkan di Kenisah

Komisi Liturgi KAS