Kamis, 13 Mei 2010: HARI RAYA KENAIKAN TUHAN

HARI RAYA KENAIKAN TUHAN


Purbayan, 13 Mei 2010

RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA PS. 532 / MB. 445

TANDA SALIB

PENGANTAR:

SERUAN TOBAT (Tuhan Kasihanilah Kami PS. 353)
I. Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah manusia pertama yang naik ke surga dan ikut, serta dalam kemuliaan dan kekuasaan Bapa.
K. Tuhan, kasihanilah kami.
U. Tuhan, kasihanilah kami.
I. Engkau telah bangkit dan naik ke surga, agar kami dapat ikut serta dalam kekuasaan yang mengalahkan maut dan dosa.
K Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami
I. Engkaulah jaminan, bahwa kami Gereja-Mu, akan mengikuti kemuliaan-Mu, karena Engkau kepalanya, sudah mendahului masuk ke surga.
K.Tuhan, kasihanilah kami.
U.Tuhan, kasihanilah kami.
I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, - mengampuni dosa kita, - dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin

KEMULIAAN PS. 354

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa yang mahakuasa, kami bergembira dan bersyukur kepada-Mu, karena dengan kenaikan Putera-Mu ke surga Engkau meninggikan martabat kami. Sebagai kepala kami Ia telah mendahului mencapai kemuliaan. Maka dibangkitkan-Nyalah pada kami, anggota-anggota tubuh-Nya, harapan yang mantap. Sebab Dialah Tuhan pengantara kami, yang hidup berkuasa, bersama Bapa dan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.
U.Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I [Kis 1:1-11]

Yesus terangkat surga disaksikan para rasul.

Pembacaan dari Kisah Para Rasul:
Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus, sampai pada hari Ia terangkat. Sebelum itu Ia telah memberi perintah-Nya oleh Roh Kudus kepada rasul-rasul yang dipilih-Nya. Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah. Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang--demikian kata-Nya--"telah kamu dengar dari pada-Ku. Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus." Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?" Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

MAZMUR TANGGAPAN PS. 825
Reff. Allah telah naik, diiringi sorak-sorai. Tuhan mengangkasa diiringi bunyi sangkakala.
Ayat Mazmur:
1.Hai segala bangsa bertepuk tanganlah, Elu-elukan Allah dengan sorak sorai. Sebab Tuhan, yang maha tinggi adalah dahsyat. Raja agung atas seluruh bumi.
2.Alla telah naik diiringi soraksorai, Tuhan mengangkasa diiringi bunyi sangkakala. Bermazmurlah bagi Allah, bermazmurlah, kidungkanglah mazmur bagi Raja kita, kidungkan mazmur.

BACAAN II [Ibr 9:24-28; 10:19-23]

Kristus masuk ke dalam surga sendiri.

Pembacaan dari Surat Kepada Umat Ibrani:
Saudara-saudara, Kristus telah masuk ke dalam tempat kudus bukan yang buatan tangan manusia, yang hanya merupakan gambaran dari tempat kudus yang sejati, tetapi ke dalam surga sendiri untuk menghadap hadirat Allah demi kepentingan kita. Ia pun tidak berulangulang masuk untuk mempersembahkan diri-Nya sendiri sebagaimana Imam Agung setiap tahun masuk ke dalam tempat kudus mempersembahkan darah yang bukan darahnya sendiri. Sebab kalau demikian, Kristus harus berulang-ulang menderita sejak dunia ini dijadikan. Tetapi sekarang Ia hanya satu kali saja menyatakan diri-Nya, pada zaman akhir untuk menghapuskan dosa oleh korban-Nya. Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi, demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia. Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus, karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri, dan kita mempunyai seorang Imam Besar sebagai kepala Rumah Allah. Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni. Marilah kita teguh berpegang pada pengakuan tentang pengharapan kita, sebab Ia, yang menjanjikannya, setia.
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL PS. 962
Ref. Alleluya, Alleluya, Alleluya, Alleluya
Solis: Pergilah dan ajarlah semua bangsa, sabda Tuhan, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman.

INJIL [Luk 24:46-53]

Ketika sedang memberkati mereka, Yesus terangkat ke surga.

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:
U. Dimuliakanlah Tuhan.

Sesudah bangkit dari antara orang mati, Yesus menampakkan diri kepada para murid. Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini. Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi." Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita. Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah.
Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan, dan tekun melaksanakan-Nya..
U.Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran, dan hidup kami.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Yesus yang telah mengalami kelemahan kita telah naik ke surga. Maka marilah kita panjatkan doa dengan perantaraan-Nya kepada Bapa:

L.Bagi Sri Paus, para uskup, dan segenap pejabat Gereja:
Ya Bapa, curahkanlah, Roh-Mu kepada Sri Paus, para uskup dan segenap pimpinan Gereja, agar dengan semangat penuh dan mantap membangun Gereja untuk masa depan. Marilah kita mohon.
U.Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.
L.Bagi para pemimpin bangsa-bangsa:
Ya Bapa, doronglah para pemimpin bangsa-bangsa agar benar-benar melayani keadilan dan membantu rakyat memperkembangkan diri mereka. Marilah kita mohon.
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.
L.Bagi para penderita:
Ya Bapa, semoga para penderita terhibur serta tumbuh harapannya berkat kenaikan Putera-Mu ke surga. Marilah kita mohon.
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.
L.Bagi kita disini:
Ya Bapa, dampingilah kami, agar kami yang berharap pada suatu waktu akan mencapai kemuliaan bersama Kristus, sanggup melaksanakan tugas di dunia ini dengan tabah dan mantap. Marilah kita mohon.
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

I. Allah Bapa kami yang mahamulia, melalui Yesus Putera-Mu kami diberi kesempatan menghadap takhta rahmat-Mu. Perkenankanlah kami melihat kebaikan-Mu dan pada suatu waktu ikut serta dalam kemuliaan Putera-Mu, sebab Ia telah mendahului kami memasuki hidup kekal di sisi-Mu. Dialah Tuhan pengantara kami.
U.Amin.

LITURGI EKARISTI

LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN PS. 540 / MB. 446

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa yang mahamulia, dengan rendah hati kami mempersembahkan korban ini untuk memuliakan Putera-Mu yang naik ke surga. Kamii mohon, tukarlah persembahan kami dengan anugerah-Mu dan antarlah kami menuju kemuliaan-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin

PREFASI

KUDUS PS. 393

DOA SYUKUR AGUNG

BAPA KAMI MB 144

ANAK DOMBA ALLAH PS. 414

PERSIAPAN KOMUNI
3 4 / 5 6 5 1 / 1 7 7 1 / 2 4 6 5 / 3 . 3
I. I-ni-lah Sang A-nak Domba, yang menghapus do-sa du-nia.
3 4 / 5 5 1 7 7 / 6. 6 6 / 5 1 7 2 / 1. 0 //
Berbahagi-a-lah ki-ta, di-un-dang me-nyam-but-Nya
34 / 5 6 5/ 1 1 7 71/ 2 4 6 5 / 3 . 3
U. Tu-han a-ku tak pan-tas, Tu-han masuk ji-wa-ku
34 / 5 5 1 7 / 6 . 6 / 5 1 7 2 / 1 . 0 //
Ber-sab-da-lah sa-ja, ji-wa-ku' kan sem-buh.

KOMUNI

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
Allah Bapa kami yang mahakuasa dan kekal, jadikanlah bumi ini tempat kediaman-Mu, dimana Roh Yesus Putera-Mu mengarahkan kata dan karya kami kepada keadilan, kedamaian serta kebebasan. Bimbinglah dengan demikian semua orang untuk hidup yang benar. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin

RITUS PENUTUP

BERKAT PENGUTUSAN
I. Tuhan bersamamu U. Dan bersama rohmu

I. Semoga Saudara sekalian diberkati oleh Allah yang mahakuasa: Bapa dan Putra dan Roh Kudus.
U. Amin.
I. Saudara sekalian, Perayaan Ekaristi sudah selesai.
U. Syukur kepada Allah.
I. Marilah kita pergi! Kita diutus.
U. Amin.


LAGU PENUTUP PS. 541 / MB. 447