Adven: Syukur atas habitus baru, bertekad bulat mewujudkan pembaruan hidup beriman.

Saudara saudari terkasih,
Minggu depan kita akan memasuki Masa Adven Pekan Pertama.
Apa itu masa Adven? Masa adven adalah masa di mana kita diajak untuk mempersiapkan diri menyambut kedatangan Tuhan. Kata Adven berasal dari kata Latin "adventus" yang berarti: kedatangan. Selama masa adven, kita menantikan-nantikan kedatangan Tuhan. Dalam menantikan kedatangan Tuhan, Gereja mengajak kita untuk tidak bersikap pasif, tetapi aktif. Konkretnya, kita diajak untuk berjaga-jaga dalam semangat kasih, iman dan pengharapan.

Di zaman sekarang, "berjaga-jaga" menantikan pemenuhan sebuah janji sering kali sangat membosankan dan menjengkelkan. Mengapa? Di samping begitu lama pemenuhannya, pribadi yang berjanji juga acapkali begitu mudah mengingkari janji yang telah diikrarkan. Begitulah, janji-janji yang diucapkan dan diikat antar manusia bisa saja tidak pernah ditepati. Lain halnya kalau kita berbicara tentang janji Allah. Jika Allah yang berjanji, maka Ia pasti akan menepatinya. Allah tak pernah membuat kita kecewa.

Sub tema Ibadat Lingkungan selama Masa Adven 2009 adalah:
  • Pertemuan I: Makna Adven.
  • Pertemuan II: Tanggung jawab Keluarga dalam Gereja.
  • Pertemuan III: Panggilan Keluarga dalam mewujudkan iman di masyarakat.
  • Pertemuan IV: Meneladan Maria dalam pembaruan hidup beriman

Merayakan masa Adven berarti pula mengalami sungguh-sungguh kerinduan akan kedatangan Allah, serta bertobat dan berbalik kepada-Nya. Maka hendaknya kesempatan ini dipakai untuk bertobat dan mengaku dosa melalui pastor. Sekaranglah saatnya kita bertobat. Masa Adven menjadi masa pertobatan bagi kita semua. Kita bertobat, mohon ampun atas dosa-dosa kita, agar kita bersih dan tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus.


Bagikan