Menggali Makna Bagian-bagian Misa (Edisi 3)

Kemuliaan

Madah Kemuliaan atau Gloria berisi madah yang memuji dan memuliakan Allah Bapa dan Yesus Kristus, bersama Roh Kudus. Rumusan untuk memuji Allah Bapa diambil dari nyanyian pujian para Malaikat di surga: “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya” (Lukas 2:14). Seruan pujian kedua ditujukan kepada Tuhan Yesus Kristus. Ada tiga seruan untuk memuliakan Kristus yang telah berperan dalam karya penebusan: “Engkau yang menghapus dosa dunia, kasihanilah kami; Engkau yang menghapus dosa dunia, kabulkanlah doa kami; Engkau yang duduk di sisi Bapa, kasihanilah kami”. Pujian kepada Yesus Kristus disampaikan dalam tiga pujian: “Engkaulah kudus, Engkaulah Tuhan, Engkaulah mahatinggi”. Madah Kemuliaan ditutup dengan penyebutan Roh Kudus."

Madah Kemuliaan adalah madah seluruh umat beriman. “Kemuliaan dibuka oleh imam, atau lebih cocok oleh solis atau koor; lalu dilanjutkan oleh seluruh umat, atau bergantian dengan koor, atau hanya oleh koor”. Kemuliaan diucapkan seluruh umat atau bergantian, jika tidak dinyanyikan.


Madah Kemuliaan tidak harus dibuka oleh imam, karena Kemuliaan ini milik atau bagian umat. Kemuliaan harus ada pada hari-hari raya dan pesta, perayaan-perayaan meriah, serta hari Minggu, di luar masa Prapaskah dan Adven. [Fr. A. Pramono].