Perayaan Ekaristi: 17 - 18 November 2012


HARI MINGGU BIASA XXXIII 

SABTU Sore-MINGGU, 17 - 18 November 2012

DOA TAHUN IMAN
(didoakan sebelum misa dimulai)

P/L. Marilah kita berdoa bersama:
P/L+U. Allah Bapa Mahapengasih, kami bersyukur kepada-Mu karena melalui Yesus Kristus Putra-Mu, Engkau telah memanggil kami ke dalam pangkuan Gereja Katolik yang kudus dan memperkenankan kami masuk ke dalam persekutuan Allah Tritunggal.
Utuslah Roh Kudus-Mu agar kami senantiasa mempunyai iman yang hidup. Semoga pada Tahun Iman ini kami semakin memperdalam iman kami melalui pendalaman Kitab Suci dan ajaran-ajaran Gereja. Semoga dengan perayaan-perayaan suci-Mu, terutama Ekaristi, kami semakin tinggal dalam Kristus dan berbuah melalui perwujudan iman kami sehari-hari di tengah aneka tantangan dan hambatan dalam Gereja dan masyarakat pada zaman ini.
Bersama Bunda Maria, Bunda kaum beriman, dan para rasul, guru dan teladan iman kami, kami unjukkan doa ini kepada-Mu dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.


RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA (PS 657)
  
TANDA SALIB DAN SALAM
I. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
I. Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus bersamamu
U. Dan bersama rohmu

PENGANTAR 

SERUAN TOBAT

I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.

TUHAN KASIHANILAH KAMI (MISA SENJA, berfungsi tobat cara 3, PS 359)

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.


MOHON PERHATIAN BAGI PETUGAS LITURGI:
untuk seterusnya, nyanyian PUJILAH TUHAN PS 360, lanjutan ordiinarium misa Senja Tuhan kasihanilah PS 359 wajib diganti Madah Kemuliaan dengan teks yang sesuai dengan TPE (PS 343, 346, 348, 350, 352, 354, 356 atau nyanyian lain yang syair sesuai dengan TPE), berlaku juga untuk Ordinarium PS 358 Misa Dolo-dolo dan nyanyian lain dari buku Madah Bakti khusus bagian Kemuliaan, meskipun gaya nyanyian tidak sinkron. Dasar: Pedoman Umum Misale Romawi no. 53.
 
KEMULIAAN
(PS 350)
I. Kemuliaan kepada Allah di surga.
U. Dan damai di bumi kepada orang yang berkenan pada-Nya.
K. Kami memuji Dikau
U. Kami meluhurkan Dikau
K. Kami menyembah Dikau
U. Kami memuliakan Dikau
K. Kami bersyukur kepada-Mu, kar'na kemuliaan-Mu yang besar.
U. Ya Tuhan Allah, Raja surgawi, Allah Bapa yang mahakuasa.
K. Ya Tuhan Yesus Kristus, Putra yang tunggal.
U. Ya Tuhan Allah, Anak domba Allah, Putra Bapa.
K. Engkau yang menghapus dosa dunia,
U. kasihanilah kami.
K. Engkau yang menghapus dosa dunia,
U. kabulkanlah doa kami.
K. Engkau yang duduk di sisi Bapa,
U. kasihanilah kami.
K. Kar'na hanya Engkaulah kudus,
U. Hanya Engkaulah Tuhan
K. Hanya Engkaulah mahatinggi, ya Yesus Kristus,
U. bersama dengan Roh Kudus, dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin.

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I.  Allah Bapa kami yang mahakuasa dan kekal, segala makhluk hidup, hanya hidup sementara waktu saja, dan segala hasil karya kami takkan bertahan selamanya. Hanya kasih setia-Mu akan bertahan, cinta kasih-Mu yang tetap. Dampingilah kami agar tetap bertahan dan dalam pergantian zaman memperoleh hidup yang kekal. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. 
U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Dan 12:1-3)

"Pada waktu itu bangsamu akan terluput."

L. Pembacaan dari Nubuat Daniel:

Aku, Daniel, mendengar malaikat Tuhan berkata, "Pada waktu itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar itu, yang akan mendampingi anak-anak bangsamu; dan akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam Kitab itu. Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal.  Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya.
L. Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (PS 851; Mzm 16:5.8.9-10.11)
Reff. Ya Tuhan, lindungi kami di dalam kesesakan
Mazmur:
1.  Ya Tuhan, Engkaulah bagian warisan dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku. Aku senantiasa memandang Tuhan; Karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku takkan goyah.
2.    Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, dan tubuhku akan diam dengan tentram sebab Engkau tidak menyerahkan daku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan orang kudus-Mu melihat kebinasaan.
3.     Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan, di hadapan-mu ada sukacita berlimpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat yang abadi. 

BACAAN II (Ibr 10:11-14.18)

"Oleh satu kurban saja Kristus telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan. "

L. Pembacaan dari Surat kepada Orang Ibrani:

Saudara-saudara, setiap imam melakukan tiap-tiap hari pelayanannya dan berulang-ulang mempersembahkan korban yang sama, yang sama sekali tidak dapat menghapuskan dosa.  Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah,  dan sekarang Ia hanya menantikan saatnya, di mana musuh-musuh-Nya akan dijadikan tumpuan kaki-Nya.  Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan. Jadi apabila untuk semuanya itu ada pengampunan, tidak perlu lagi dipersembahkan korban karena dosa.

L. Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 962)
Refren. Alleluya, Alleluya, Alleluya, Alleluya. 
Ayat. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia

BACAAN INJIL (Mrk 13:24-32)
I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus 
U. Dimuliakanlah Tuhan.
I.  Sekali peristiwa, dalam khotbah-Nya tentang akhir zaman, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Pada akhir zaman, sesudah siksaan-siksaan yang berat, matahari akan menjadi gelap, dan bulan tidak bercahaya; bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang. Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan-awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Dan pada waktu itu pula Ia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya keluar dan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung bumi sampai ke ujung langit. Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara. Apabila ranting-ran-tingnya melembut dan mulai bertunas kamu tahu bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu lihat hal-hal terjadi, ketahuilah bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya itu terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. Tetapi tentang hari atau saat itu tidak ada seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anak pun tidak! Hanya Bapa yang tahu!”
I: Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya
U: Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Kita hendaknya jangan khawatir, tetapi dengan berdoa dan bersyukur menyampaikan keinginan kita kepada Bapa.
L. Bagi Gereja yang dianiaya: Semoga Bapa mendampingi umat-Nya yang sedang mengalami kesulitan-kesulitan karena iman dan kebenaran, sehingga mereka dapat menemukan hiburan pada cinta kasih Kristus, dan tetap bertahan sampai akhir. Marilah kita mohon.
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi para pemimpin masyarakat: Semoga Bapa membimbing mereka agar para pemimpin selalu mengutamakan kepentingan umum daripada kekayaan dan kemewahan pribadi. Marilah kita mohon.
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi kaum kecil dan papa di dunia: Semoga berkat kasih sayang Bapa, orang-orang bersedia membantu kaum kecil dan papa. Marilah kita mohon.
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi kita sekalian: Semoga Bapa melindungi kita agar selalu penuh harapan, meski kita sendiri tertimpa penderitaan. Marilah kita mohon.
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

--- hening sejenak ---

I.  Allah Bapa kami yang maha pemurah, dengarkanlah doa-doa kami. Kuatkanlah hasrat kami kepada-Mu dan teguhkanlah kami dalam cinta kasih kepada sesama. Demi Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

LITURGI EKARISTI


A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN


LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN (PS 543)

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I.  Allah Bapa yang Mahakudus, berilah kami harapan akan kehidupan dalam tanda-tanda Putra Manusia ini. Tegakkanlah bumi yang baru di tengah-tengah kami. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

B. DOA SYUKUR AGUNG


PREFASI

KUDUS (PS 396)

DOA SYUKUR AGUNG VI

C. KOMUNI


BAPA KAMI (Konvenas)

I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
I+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala kemalangan dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami, supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tenteram sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA DAMAI

I.  Yesus bersabda, “Putra Manusia akan datang di atas awan dengan kekuatan dan kemuliaan besar. Lalu akan memerintahkan para malaikat mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat mata angin, dari ujung bumi sampai ke ujung langit.” Maka marilah kita, para pengikut-Nya, berdoa kepada-Nya. Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U. Amin.

I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu.

ANAK DOMBA ALLAH (PS 417)

PERSIAPAN KOMUNI
Ajakan menyambut Komuni
I. Inilah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan-Nya
U. Ya Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

KOMUNI (PS 422 ayat 1,2,3; 658)

SAAT HENING

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa kami yang Mahakuasa, langit dan bumi hendak Kauperbarui dan Kausempurnakan dalam diri manusia baru Yesus, Tuhan kami. Kami mohon, semoga kami Kauperkenankan menyimpan dan merenungkan sabda-Nya pada saat-saat suka dan duka, dalam bahaya dan penindasan, dalam perang dan perselisihan. Jagalah agar api harapan kami akan kedamaian tetap nyala, bahwa Engkau akhirnya akan menyempurnakan segala-galanya. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

RITUS PENUTUP


PENGUMUMAN

BERKAT

PENGUTUSAN (PS 704)

Reaksi: