Perayaan Ekaristi: Sabtu-Minggu, 20-21 Oktober 2012


HARI MINGGU BIASA XXIX (HARI MINGGU EVANGELISASI)
Terpanggil untuk memancarkan terang Sabda Kebenaran


SABTU-MINGGU, 20 - 21 Oktober 2012

DOA TAHUN IMAN
(dapat didoakan sebelum misa dimulai)

P/L. Marilah kita berdoa bersama:

P/L+U. Allah Bapa Mahapengasih,
kami bersyukur kepada-Mu
karena melalui Yesus Kristus Putra-Mu,
Engkau telah memanggil kami
ke dalam pangkuan Gereja Katolik yang kudus
dan memperkenankan kami masuk ke dalam persekutuan Allah Tritunggal.

Utuslah Roh Kudus-Mu
agar kami senantiasa mempunyai iman yang hidup.
Semoga pada Tahun Iman ini
kami semakin memperdalam iman kami
melalui pendalaman Kitab Suci dan ajaran-ajaran Gereja.
Semoga dengan perayaan-perayaan suci-Mu, terutama Ekaristi,
kami semakin tinggal dalam Kristus dan berbuah
melalui perwujudan iman kami sehari-hari
di tengah aneka tantangan dan hambatan dalam Gereja dan masyarakat pada zaman ini.

Bersama Bunda Maria, Bunda kaum beriman,
dan para rasul, guru dan teladan iman kami,
kami unjukkan doa ini kepada-Mu
dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.


RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA (PS 536 )
1. Yesus Kristus, Putra Allah, menyerahkan Tubuh, Darah, bagi kita umat-Nya. Tubuh-Mu, Darah-Mu, pangkal bahagia umat-Mu; makanan, minuman yang menguatkan jiwaku.
2. Yesus, Roti hidup, turun dari surga mulia dan menjadi santapan. Yang datang pada-Mu tidak akan lapar lagil yang dekat pada-Mu tidak akan haus lagi.
3. Yang percaya akan Yesus, hidupnya tak'kan kecewa, tak dibuang oleh-Nya. Dikaulah Tuhanku, yang diutus oleh Bapa. Kuatkan imanku akan Dikau, Jurus'lamat. 
TANDA SALIB DAN SALAM
I. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
I. Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus bersamamu
U. Dan bersama rohmu

PENGANTAR 
I. Hari Minggu Evangelisasi tahun ini, yang dirayakan bertepatan dengan 50 tahun pembukaan Konsili Vatikan II dan dengan sinode para uskup yang membawa tema Evangelisasi baru, mendorong kita membarui komitmen terhadap missio ad gentes, mewartakan Injil kepada segala bangsa. Bapa suci mengangkat kembali suara Kons. Vat II yang mengatakan bahwa tidak cukuplah bagi seorang uskup memperhatikan hanya umat keuskupannya dan mengutus beberapa imam dan awam sebagai misionaris, sebab napas seorang uskup adalah misi Yesus yang diutus untuk memperkenalkan wajah dan cinta kasih Bapa-Nya kepada segala bangsa. Maka perencanaan dan kebijaksanaan pastoral yang diterapkan dalam keuskupannya hendaknya mencakup kebutuhan dan kepentingan Gereja setempat dan sekaligus kebutuhan dan kepentingan Gereja universal. Demikian pula hendaknya terjadi bagi para ordo, kongregasi dan bagi semua gerakan yang ada dalam Gereja.

SERUAN TOBAT

CARA 3 (TUHAN KASIHANILAH KAMI, MB 620)

I. Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah yang mengundang kami di sini untuk mengambil bagian dalam perjamuan-Mu.
K. Tuhan, kasihani kami
U. Tuhan, kasihani kami
I. Engkaulah yang meneguhkan kami dengan sabda-Mu dan dengan tubuh dan darah-Mu.
K. Kristus, kasihani kami
U. Kristus, kasihani kami.
I. Engkaulah yang mengutus kami menghadirkan kasih Bapa-Mu bagi semua orang melalui perilaku dan perkataan kami.
K. Tuhan, kasihani kami
U. Tuhan, kasihani kami.
I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal
U. Amin.

KEMULIAAN (MB 621)

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I. Allah Bapa yang maharahim, Putra-Mu telah rela memanggul kesalahan-kesalahan kami dan rela pula menderita untuk menyelamatkan semua orang. Jiwailah kami dengan semangat-Nya, agar kami pun bersedia memikul beban sesama kami, seperti yang telah dilakukan oleh Dia, Hamba kami sekalian, Tuhan dan Pengantara kami yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Yes 53:10-11)

"Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya."

L. Pembacaan dari Kitab Yesaya:

Tuhan berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak Tuhan akan terlaksana olehnya. Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.
L. Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (PS 815)
R: Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan.
Mazmur:
1. Sebab Firman Tuhan itu benar, segala sesuatu dikerjakan-Nya dengan kesetiaan, Ia senang kepada keadilan dan hukum; bumi penuh kasih setia-Nya.
2. Sungguh, mata Tuhan tertuju kepada mereka yang bertakwa, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya. Ia hendak melepaskan jiwa mereka dari maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan.
3. Jiwa kita menanti-nantikan Tuhan. Dialah Penolong kita dan perisai kita! Kasih setia-Mu, ya Tuhan, kiranya menyertai kami, seperti kami berharap kepada-Mu.

BACAAN II (Ibr 4:4-16)

"Marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia."

L. Pembacaan dari Surat kepada orang Ibrani:

Saudara-saudara, kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita. Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah
dicobai, hanya tidak berbuat dosa. Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan
kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

L. Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 962)
Refren. Alleluya, Alleluya, Alleluya.
Ayat. Anak manusia datang untuk melayani dan memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.

BACAAN INJIL (Mrk 10:35-45)
I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus 
U. Dimuliakanlah Tuhan.
I. Sekali peristiwa Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan berkata kepada-Nya, "Guru, kami harap Engkau mengabulkan suatu permohonan kami!" Jawab Yesus kepada mereka, "Apa yang hendak Kuperbuat bagimu?" Mereka menjawab, "Perkenankanlah kami ini duduk dalam kemuliaan-Mu kelak, seorang di sebelah kanan-Mu dan seorang lagi di sebelah kiri-Mu." Tetapi kata Yesus kepada mereka, "Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Sanggupkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima?" Jawab mereka, "Kami sanggup." Yesus lalu berkata kepada mereka, "Memang, kamu harus meminum cawan yang harus Kuminum, dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima. Tetapi hal duduk di sebelah kanan atau kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang yang baginya telah disediakan." Mendengar itu, kesepuluh murid yang lain menjadi marah kepada Yakobus dan Yohanes. Tetapi Yesus memanggil murid-murid-Nya lalu berkata, "Kamu tahu bahwa orang-orang yang disebut pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan pembesar-pembesarnya menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka. Tetapi janganlah demikian di antara kamu! Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya. Sebab Anak Manusia pun datang bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya sebagai tebusan bagi banyak orang."

I: Demikianlah Injil Tuhan
U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I.  Marilah kita dengan mantap menghadap takhta Allah Bapa kita yang Mahabaik. Ia akan berkenan mendengarkan kita, bila kita berdoa dengan pengantaraan Yesus, Putra-Nya terkasih:
L. Bagi Sri Paus, para Uskup dan para imam: Semoga Bapa menerangi Sri Paus, para Uskup dan para imam agar mereka selalu sadar bahwa tugas mereka dalam Gereja adalah pelayanan dengan rendah hati. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L.  Bagi para pembina kaum muda: Semoga Bapa mendampingi para pembina kaum muda agar mampu membangkitkan daya-daya terindah kaum muda untuk pelayanan dan pengorbanan. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi yang sakit merana: Semoga Bapa memberkati karya kasih para perawat orang-orang yang sakit merana dan memberi mereka kesabaran. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi kita semua: Semoga Bapa memberkati kita agar kita dapat menemukan kekuatan yang kita perlukan untuk hidup dengan penuh harapan. Marilah kita mohon.
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

--- hening sejenak ---

I.  Allah Bapa kami, sumber segala kebaikan, segala yang baik datang dari pada-Mu. Engkaulah Bapa kami sekalian. Dampingi kami dalam suka dan duka kami dan kabulkanlah permohonan-permohonan kami dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

LITURGI EKARISTI


A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN


LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN (PS 377)

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa yang Mahakudus, perkenankanlah kami minum piala Yesus Putra-Mu dan semoga kami siap sedia memasuki hidup menerjang penderitaan agar menjadi subur dalam cinta kasih. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

B. DOA SYUKUR AGUNG


PREFASI

KUDUS (PS 673)
U. Kudus, kudus, kudus, ya Tuhan Allah segala kuasa. Surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu. Terpujilah Engkau di surga.
Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan, terpujilah Engkau di surga.

DOA SYUKUR AGUNG

C. KOMUNI


BAPA KAMI (MB 679)

I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
I+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala kemalangan dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami, supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tenteram sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA DAMAI

I. Tuhan Yesus Kristus bersabda kepada para rasul, "Damai Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu." Jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.
U. Amin.

ANAK DOMBA ALLAH (MB 685)

PERSIAPAN KOMUNI
Ajakan menyambut Komuni
I. Inilah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan-Nya
U. Ya Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

KOMUNI

SAAT HENING

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I.   Allah Bapa kami bersama, tunjukkanlah tempat kami di sisi Yesus Putra-Mu. Panggillah kami untuk mendampingi kaum papa dan tertindas guna membangkitkan mereka serta memberi mereka cinta kasih. Semoga dengan demikian kami hidup sebagai saudara satu sama lain dan berkenan di hati-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

RITUS PENUTUP


PENGUMUMAN

BERKAT

PENGUTUSAN (PS 690)

Reaksi: