Perayaan Ekaristi: Sabtu-Minggu, 31 Maret - 1 April 2012

HARI MINGGU PALMA
SABTU-MINGGU, 31 Maret - 1 April 2012


RITUS PEMBUKA

(Umat Berdiri)

LAGU PEMBUKA
(PS 494)

TANDA SALIB DAN SALAM
I. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
I. Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Tuhan kita, Yesus Kristus, bersamamu
U. Dan bersama rohmu


PENGANTAR
I. Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, sudah sejak awal masa Prapaskah kita mempersiapkan diri dengan usaha tobat dan karya amal. Hari ini kita semua berkumpul dan bersama seluruh umat Allah membuka peringatan misteri Paskah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu sengsara dan kebangkitan-Nya. Untuk melaksanakan misteri itulah Yesus memasuki Kota Yerusalem. Oleh karena itu, marilah kita menyambut Dia dengan khidmat sambil mengenangkan peristiwa yang menyelamatkan itu. Dengan demikian kita berharap dapat menikmati hasil salib suci, ialah kebangkitan dan kehidupan.


DOA PEMBERKATAN PALMA
I. Marilah kita berdoa: Allah Bapa kami yang mahaagung, teguhkanlah iman umat yang berharap kepada-Mu dan dengarkanlah dengan rela doa-doa kami. Perkenankanlah kami yang hari ini mengikuti Kristus dengan palma di tangan dalam perarakan jaya-Nya, juga mempersembahkan hasil amal baik kami kepada-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

BACAAN INJIL
(Mrk 11:1-10)

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus
U. Dimuliakanlah Tuhan
I. Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem, dekat Betfage dan Betania yang terletak di Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu. Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan segera menemukan seekor keledai muda tertambat, yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskan keledai itu dan bawalah ke mari. Dan jika ada orang mengatakan kepadamu: Mengapa kamu lakukan itu, jawablah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya ke sini." Merekapun pergi, dan menemukan seekor keledai muda tertambat di depan pintu di luar, di pinggir jalan, lalu melepaskannya. Dan beberapa orang yang ada di situ berkata kepada mereka: "Apa maksudnya kamu melepaskan keledai itu?" Lalu mereka menjawab seperti yang sudah dikatakan Yesus. Maka orang-orang itu membiarkan mereka. Lalu mereka membawa keledai itu kepada Yesus, dan mengalasinya dengan pakaian mereka, kemudian Yesus naik ke atasnya. Banyak orang yang menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang menyebarkan ranting-ranting hijau yang mereka ambil dari ladang. Orang-orang yang berjalan di depan dan mereka yang mengikuti dari belakang berseru: "Hosanna! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, diberkatilah Kerajaan yang datang, Kerajaan bapak kita Daud! Hosanna di tempat yang Mahatinggi!"
I : Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya.
U : Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami.

PERARAKAN

I. Saudara-saudari terkasih, hendaklah kita mencontoh khalayak ramai di Yerusalem yang mengelu-elukan Yesus. Marilah kita berarak mengiringi Yesus.

(Sementara dalam perarakan. Umat menyanyi lagu-lagu dari PS. 491-495, PS 535-557, atau MB 395)

Yerusalem, Lihat Rajamu
1. Di kala Yesus disambut di gerbang Yerusalem,
umat bagai lautan dengan palma di tangan
Di kala Yesus disambut di gerbang Yerusalem,
umat bagai lautan dengan palma di tangan
gemuruh sorak dan sorai, "Kristus Raja Damai"

Yerusalem, Yerusalem, lihatlah rajamu
Hosanna terpujilah, Kristus raja mahajaya (2x)

2. Lihatlah Kristus Tuhanmu, Dialah Penebusmu
duka hati terhibur, hina cela terlebur
Lihatlah Kristus Tuhanmu, Dialah Penebusmu
duka hati terhibur, hina cela terlebur
maka lekaslah bersyukur, luhurkan nama-Nya.

Yerusalam, Yerusalem, lihatlah rajamu
Hosanna terpujilah, Penebus umat manusia (2x)

3. Dan di akhir dunia nanti Kristus raja abadi,
hadirlah yang dinanti, wajah bumi berganti,
Dan di akhir dunia nanti Kristus raja abadi,
hadirlah yang dinanti, wajah bumi berganti,
seluruh alam bernyanyi luhurkan nama-Nya.

Yerusalem, Yerusalem lihatlah rajamu,
hosanna, terpujilah Kristus pembaharu dunia (2x)


DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I. Allah Bapa yang mahakuasa dan kekal, Engkau telah mengutus Putera-Mu mengenakan kemanusiaan kami dan memanggul salib hina. Perkenankanlah kami sebagai hamba-hamba mengikuti rajanya dalam duka cita penderitaan, agar dapat ikut serta dalam suka cita kebangkitan-Nya. Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah sepanjang segala masa.
U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Yes 50:4-7)

"Aku tidak memalingkan wajahku dari cercaan, dan aku yakin takkan dipermalukan."


L. Pembacaan dari Kitab Yesaya:

Tuhan Allah menganugerahkan kepadaku lidah yang fasih, supaya aku tahu menghibur orang yang letih lesu. Setiap pagi Allah membuka telingaku, supaya aku mendengarkan sabda-Nya sebagai murid. Tuhan Allah membuka telingaku, dan aku tidak melawan pun tidak mundur. Punggungku kubiarkan dipukuli orang, daguku kuserahkan kepada yang mencabuti janggutku, dan aku tidak memalingkan wajahku dari cercaan dan ludahan. Tuhan Allah menolong aku, dan penghinaan itu takkan menggoncangkan daku. Hatiku tabah, sebab aku yakin, aku takkan dipermalukan.

L. Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (PS 819)
Refren: Allahku, ya Allahku, mengapa Kautinggalkan daku?
Mazmur:
1. Semua yang melihat aku mengolok-olok, mereka mencibirkan bibir dan menggelengkan kepala! Mereka bilang: "Ia pasrah kepada Allah! Biarlah Allah yang meluputkannya, biarlah Allah yang melepaskannya! Bukankah Allah berkenan kepadanya?"
2. Sekawanan anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku, segala tulangku dapat kuhitung.
3. Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka; dan membuang undi atas jubahku. Tetapi Engkau, Tuhan, janganlah jauh; ya kekuatanku, segeralah menolong aku!
4. Maka aku akan memasyhurkan nama-Mu kepada saudara-saudaraku dan memuji-muji Engkau di tengah jemaat: Hai kamu yang takut akan Tuhan, pujilah Dia! Hai segenap anak cucu Yakub, muliakanlah Dia! Gentarlah terhadap Dia, hai segenap anak cucu Israel.

BACAAN II (Flp 2:6-11)

"Yesus Kristus telah merendahkan diri, maka Allah sangat meninggikan Dia."


L. Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Filipi:

Saudara-saudara, walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!
L. Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 965)
Ref. Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal.
Ayat.
Kristus taat untuk kita sampai wafat-Nya di salib. Dari sebab itulah Allah mengagungkan Yesus, dan menganugerahkan nama yang paling luhur kepada-Nya.

BACAAN INJIL (Mrk 15:1-39)

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus
U. Dimuliakanlah Tuhan.


D.Pagi-pagi benar imam-imam kepala bersama tua-tua dan ahli-ahli Taurat dan seluruh Mahkamah Agama sudah bulat mupakatnya. Mereka membelenggu Yesus lalu membawa-Nya dan menyerahkan-Nya kepada Pilatus. Pilatus bertanya:

P.Benarkah Engkau Raja orang Yahudi?

I.Memang benar.

D.imam-imam kepala mengajukan banyak tuduhan terhadap-Nya. Pilatus bertanya lagi:

P.Tidakkah Engkau memberi jawab? Lihatlah betapa banyaknya tuduhan mereka terhadap Engkau!

D.Tetapi Yesus tidak menjawab lagi, sehingga Pilatus sangat heran. Biasanya pada hari raya Pilatus melepaskan seorang tahanan seturut pilihan mereka. Ketika itu seorang tahanan bernama Barabas, yang ditahan bersama pemberontak lainnya. Dalam pemberontakan ia telah membunuh. Rakyat menghadap dan meminta supaya Pilatus menjalankan kebiasaan itu. Pilatus menjawab dan berkata:

P.Maukah kamu kulepaskan Raja orang Yahudi?

D.Ia memang mengetahui, bahwa imam-imam kepala telah menyerahkan Yesus karena iri hati. Tetapi imam-imam kepala menghasut orang banyak untuk meminta supaya Barabas dibebaskan. Pilatus menjawab:

P.Kalau begitu, apa yang harus kuperbuat terhadap Raja orang Yahudi?

D.Mereka berteriak:

S.Salibkanlah Dia!

D.Tetapi Pilatus berkata kepada mereka:

P.Kesalahan apa yang telah dibuat-Nya?

D.Mereka semakin berteriak:

S.Salibkanlah Dia!

D.Maka Pilatus yang ingin mengambil hati rakyat, melepaskan Barabas bagi mereka, sedang Yesus diserahkannya untuk didera dan kemudian disalibkan.

D.Serdadu-serdadu membawa Yesus ke dalam istana, dan memanggil seluruh pasukan berkumpul. Mereka mengenakan jubah ungu kepada-Nya, menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala-Nya. Kemudian mereka mulai memberi hormat kepada-Nya:

T.Salam, hai raja orang Yahudi!

D.Sesudah itu mereka memukul kepala-Nya dengan sebatang buluh, meludahi-Nya dan berlutut memberi hormat kepada-Nya. Setelah mengolok-olok Dia, mereka menanggalkan mantol jingga itudan mengenakan pada-Nya pakaian-Nya sendiri, lalu menggiring-Nya keluar untuk disalibkan.

D.Ketika itu lewatlah seorang bernama Simon, orang Kirene, bapak dari Aleksander dan Rufus, yang baru datang dari luar kota, dan orang itu mereka paksa untuk memikul salib Yesus. Mereka membawa Yesus ke tempat yang bernama Golgota, yang berarti: Tempat Tengkorak. Lalu mereka memberi anggur bercampur mur kepada-Nya, tetapi Ia menolaknya. Kemudian mereka menyalibkan Dia, lalu mereka membagi pakaian- Nya dengan membuang undi atasnya untuk menentukan bagian masing- masing. Hari jam sembilan ketika Ia disalibkan. Dan alasan mengapa Ia dihukum disebut pada tulisan yang dipasang di situ: "Raja orang Yahudi." Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan-Nya dan seorang di sebelah kiri-Nya. Maka terpenuhilah sabda Kitab Suci:"Ia akan terhitung di antara orang-orang jahat."

D.Orang-orang yang lewat disitu menghujat Yesus. Sambil menggeleng-gelengkan kepala mereka berkata:

R.Hai Engkau, - yang merombak kenisah Allah - dan mendirikannya dalam tiga hari, - selamatkanla diri-Mu dan turunlah dari salib.

D.Imam-imam kepala juga mengolok-olok-Nya dan berkata seorang kepada yang lain:

R.Orang lain diselamatkan-Nya - tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan. - Hendaklah Kristus, Raja Israel itu, - turun dari salib sekarang, - agar kita lihat dan kita percaya.

D.Juga kedua orang yang disalibkan bersama Yesus menghinakan Dia.

D.Mulai pukul dua belas siang sampai pukul tiga sore seluruh negeri diliputi kegelapan. Pukul tiga Yesus berseru dengan suara nyaring:

I.Eloi, Eloi, lamma sabachtani?

D.Yang berarti:

I.Allah, ya Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Daku?

D.Beberapa dari hadirin yang mendengar itu berkata:

R.Ia memanggil Elia.

D.Maka seseorang segera datang mencelupkan bunga karang ke dalam cuka, mencocokkannya pada sebatang buluh, dan memberi Yesus minum sambil berkata:

R.Tunggu, - kita lihat saja, - apa Elia datang menurunkan-Nya.

D. Akan tetapi Yesus berseru dengan suara nyaring, lalu wafat.

D.Maka tirai kenisah tercarik dua, dari atas sampai ke bawah. Ketika kepala pasukan, yang terdiri di depan salib menyaksikan Yesus wafat sambil berseru, ia pun berkata:

T.Sungguh orang ini Putera Allah

I.: Demikianlah Injil Tuhan
U.: Terpujilah Kristus.

HOMILI SINGKAT

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Bersama Yesus yang taat sampai wafat, tetapi dijunjung tinggi oleh Bapa-Nya, kita menghadap bapa dan memanjatkan doa bersama:

L.Bagi Gereja yang menderita:
Ya Bapa, tabahkanlah mereka yang menderita, dihina, dianiaya, dan difitnah karena imannya, agar mereka tetap optimistis bahwa sesudah cobaan akan datang pembebasan. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

L.Bagi para pemimpin masyarakat:
Ya Bapa, dampingilah para pemimpin masyarakat kami, agar dengan tabah tetap memperjuangkan kesejahteraan umum dan jangan ternoda oleh kepentingan diri. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

L.Bagi mereka yang menjauhkan diri dari Gereja:
Semoga demi kerahiman-Mu. Kausapa lagi mereka yang menjauhkan diri daripada-Mu dan dari umat-Mu. Marilah kita mohon:
U.Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

L.Bagi sanak-saudara yang menderita :
Ya Bapa, berkatilah saudara-saudara kami yang sedang tertimpa penderitaan, agar dengan rela mempersatukan kemalangannya dengan penderitaan Kristus demi keselamatan sesama. Kami mohon. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

L.Bagi kita sendiri:
Ya Bapa, curahilah kami semangat Yesus, agar kami dapat saling membantu dalam memanggul salib kami sehari-hari mengikuti jejak Putera-Mu. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

I. Allah Bapa kami di surga, demi cinta kasih-Mu, Engkau menghendaki kami menjadi putera dan puteri-Mu berkat jasa Yesus, Hamba-Mu yang menderita Kami mohon, terimalah dan kabulkanlah doa-doa kami yang diilhami Roh-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin.

LITURGI EKARISTI


A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN


LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN (PS 382)

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa yang maharahim, Putera-Mu telah menderita banyak bagi kami. Maka dampingilah kami dan gabungkanlah persembahan kami dengan korban Putera-Mu terkasih. Limpahilah kami dengan kekayaan belas kasih-Mu, yaitu pengampunan dosa, yang kami mohon dengan rendah hati. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

B. DOA SYUKUR AGUNG


DIALOG PEMBUKA

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
I. Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan
U. Sudah kami arahkan
I. Marilah bersyukur kepada Tuhan, Allah kita
U. Sudah layak dan sepantasnya


PREFASI SENGSARA I
I. Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di mana pun juga kami senantiasa bersyukur kepada-Mu.
Sebab sengsara Putra-Mu sungguh mendatangkan keselamatan. Secara amat meyakinkan, pada salib tersingkaplah hukuman dunia, dan bersinarlah kuasa Penyelamat yang menyerahkan diri bagi kami. Bahkan seluruh dunia mulai menyadari bahwa keagungan-Mu pantas dipuji.
Dari sebab itu, ya Bapa, bersama para malaikat dan orang kudus kami memuji Dikau dan dengan segenap hati bernyanyi.

KUDUS (PS 391)

U. Kudus, kudus, kuduslah Tuhan, Allah segala kuasa.
Surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu.
Terpujilah Engkau di surga.
Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan.
Terpujilah Engkau di surga.

DOA SYUKUR AGUNG


C. KOMUNI


BAPA KAMI
(Konvenas)


I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
I+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala kemalangan dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami, supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tenteram sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA DAMAI
I. Kristuslah Raja damai, yang demi cinta kasih-Nya rela berkorban sampai sehabis-habisnya agar dapat membawa kita memasuki kedamaian-Nya. Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U. Amin.

I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu

ANAK DOMBA ALLAH (PS 412)

PERSIAPAN KOMUNI
Ajakan menyambut Komuni

I. Inilah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan-Nya
U. Ya Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

KOMUNI

SAAT HENING


DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa yang mahakuasa dan maharahim, dengan gembira kami menerima Putera-Mu di tengah kami, dan kami pun telah mengenangkan-Nya dengan rasa syukur betapa berat dan hina Ia menderita agar kami hidup. Peliharalah buah belas-Mu. Semoga dengan rela pula kami memanggul salib kami, mengikuti jejak-Nya menempuh jalan penderitaan menuju kebangkitan mulia. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin

RITUS PENUTUP


PENGUMUMAN

BERKAT


PENGUTUSAN

LAGU PENUTUP (PS 487 )


***


Reaksi: