RENUNGAN: Menyambut Kristus

Penyatuan kia dengan Kristus, yang dihasilkan oleh baptisan, terus-menerus diperbaharui dan dimantapkan dengan ambil bagian dalam Kurban Ekaristi, terutama lewat persekutuan penuh yang terjadi dalam komuni sakramental. Kita dapat berkata bahwa bukan saja kita masing-masing menyambut Kristus, tetapi juga Kristus menyambut kita masing-masing. Ia menjalani persahabatan dengan kita, "Kamu adalah sahabat-sahabat-Ku" (Yoh 15:14). Sungguh justru Dia, kita memiliki hidup, "Yang makan tubuh-Ku akan hidup dalam Aku" (Yoh 6:57). Komuni Ekaristi mewujudkan jalan luhur untuk "tinggal" bersama antara Kristus dan sahabat-sahabat-Nya. "Tinggallah dalam Aku dan Aku dalam kamu" (Yoh 15:4).

Berkat persekutuan dengan Kristus, Umat Perjanjian Baru- yang sama sekali tidak menutup diri - menjadi "sakramen" bagi umat manusia, tanda dan sarana penyelamatan yang diperoleh Kristus, terang dan garam dunia (lih Mat 5:13-16), demi penyelamatan semua orang. Misi Gereja melanjutkan misi Kristus, "Seperti Bapa telah mengutus Aku, demikianlah Aku mengutus kami" (Yoh 20:21). Lewat pengabadian kurban salib dan persekutuan Gereja dengan tubuh dan darah Kristus dalam Ekaristi, Gereja menarik daya rohani yang dibutuhkannya untuk mewujudkan misinya. Demikianlah Ekaristi muncul serentak sebagai sumber dan puncak segala evangelisasi, justru karena tujuannya adalah persekutuan umat manusia dengan Kristus, dan di dalam Dia dengan Bapa dan Roh Kudus.

(Paus Yohanes Paulus II, Ecclesia de Eucharistia, 22)