SELALU DAN SELAMANYA BANGGA MENJADI SEORANG KATOLIK

Yang Tercecer nan Berserakan dari Kota Ambon manise:

SELALU DAN SELAMANYA BANGGA MENJADI SEORANG KATOLIK

Pengantar

Artikel dengan judul aslinya; "LOVE BEING CATHOLIC" menarik perhatianku pagi ini ketika membuka facebook. Artikel yang isinya tegas dan keras terhadap KEBENARAN GEREJA KATOLIK selalu menjadi prioritas bahan bacaanku terutama ketika ditulis dalam bahasa Ingris. Karena itu, kusempatkan diri untuk menterjemahkanya secara bebas untuk para sahabat.

Apa masalahnya jika engkau meninggalkan Gereja Katolik?

Seharusnya meninggalkan Gereja Katolik adalah sebuah masalah besar dan berat bagimu ketika engkau meninggalkan Gereja Katolik karena engkau sebenarnya meninggalkan Gereja yang didirikan oleh Yesus sendiri 2000 tahun yang lalu. Itu menjadi masalah besar karena ketika engkau meninggalkan Gereja Katolik, engkau meninggalkan Ekaristi Kudus, Perjamuan Tubuh dan Darah Kristus, Sang Pendiri Gereja - dan meninggalkan semua sakramen yang Kristus adakan di dalam Gereja-Nya. Itu juga menjadi menjadi masalah karena sebagai orang Katolik kita percaya bahwa kebenaran secara penuh hanya ada di dalam Gereja Katolik, karena didirikan oleh Kristus sendiri.

Apa yang menjadi "PILLAR" dan dasar kebenaran? Menurut Kitab Suci, pilar itu adalah Gereja sepert tertulis dalam 1 Tim 3:14-15; "Semuanya itu kutuliskan kepadamu, walaupun kuharap segera dapat mengunjungi engkau. Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran.
Yesus meninggalkan kita Sebuah GEREJA yang akan menuntun kita dalam kebenaran. Ia memilih Petrus dari antara para Rasul sebagai Paus Pertama ketika Ia berkata; "Engkau adalah Petrus, dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku, dan alam maut tidak akan menguasainya."(Mat.16:18). Dan, kemudian, Gereja ini - Gereja Katolik memilih dan menyeleksi (mengkanonkan) tulisan-tulisan yang kita sebut sebagai KITAB SUCI pada abad ke-4. Maka, benarlah bahwa Kitab Suci adalah produk Gereja Katolik. Kitab Suci adalah Kitabnya Gereja Katolik. Lebih lagi, Gereja Katolik ada lebih duluan daripada Kitab Suci itu sendiri.

Ini bukan berarti bahwa kita berpikir agama-agama lain dan denominasi Kristen lainnya tidak mengandung kebenaran, karena mereka memilikinya. Akan tetapi hanya di dalam Gereja Katoliklah, sejak didirikan oleh Yesus, mengandung KEPENUHAN KEBENARAN, karena itu kita harus serius berpikir bahwa adalah penting menjadi anggota Gereja Katolik dan membagi iman kekatolikan kepada orang lain.

Di sana ada banyak, di mana orang Kristen lain mempunyai secara umum yang harus kita rayakan - terutama iman kepada Yesus Kristus. Banyak yang berkata sejauh kita setuju pada hal essensial dalam iman akan Kristus, itu sudah bagus dan baik. Tetapi pertanyaan untuk direnungkan yakni; "SIAPA YANG BERHAK MENENTUKAN SESUATU YANG ESENSIAL ITU?"
Untuk seorang Katolik, EKARISTI ITU ADALAH ESENSIAL, tapi bagi NON- KATOLIK itu hanyalah SEBUAH SIMBOL. Bagi seorang Katolik, PEMBAPTISAN ANAK DAN MEREKA YANG KITA CINTAI SERTA DEVOSI KEPADA SANTA PERAWAN MARIA adalah ESENSIAL, tetapi bagi NON-KATOLIK itu semua BUKAN ESENSIAL. Bagi seorang Katolik, PERKAWINNAN ADALAH PERJANJIAN ANTARA SEORANG PRIA DAN WANITA, tapi bagi yang lain BUKAN (Mengakui perkawinan sejenis). Bagi seorang Katolik, ABORSI TIDAK DITERIMA ATAS ALASAN APA PUN KARENA ITU ADALAH PEMBUNUHAN, tapi bagi kebanyakan yang lain ABORSI dapat diterima.

Apakah ini berarti bahwa Katolik lebih suci dari Non-Katolik? Pasti tidak. Beberapa orang lebih suci dari orang Katolik, dan beberapa lain bahkan lebih tidak suci dan mereka adalah orang-orang Katolik. Namun, renungkanlah bahwa kita orang Katolik telah diberikan pemberian yang terindah sejak menjadi Katolik yakni iman yang menjadi harta surgawi yang takan binasa.

Gereja Katolik terbentuk dari dua unsur penting yakni insani dan ilahi. Karena Gereja bersifat ilahi maka dia akan tetap ada sampai selamanya. Demikian pun karena Gereja bersifat insani mak tetap memilik skandal, dan terdiri dari para pendosa yang hidup di dalamnya, sama seperti apa yang juga kita temukan dalam agama dan denominasi lainnya.

Meskipun mengandung banyak kelemahan seperti disebutkan di atas, namun Gereja Katolik telah didirikan oleh Kristus, dan akan selalu dan selamanya dituntun oleh ROH KUDUS sampai akhir zaman seperti yang tertulis di dlaam Kitab Suci:

"Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. c 16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, d Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran 1 ; e sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang." (Yoh.16:12-13)

Dan, Yesus sendiri bersabda: "Aku akan menyertaimu selalu sampai akhir zaman“ (Mat. 28: 19-20)

Di antara semua gereja Kristen, HANYA GEREJA KATOLIKlah yang berdiri kokoh dengan ajarannya sejak zaman dulu, sejak didirikan oleh Yesus, dan semua gereja dan denominasi kristen berasal darinya. Gereja Ortodox keluar dari Gereja Induk Gereja Katolik sejak tahun 1054. Protestan didirikan dalam masa Reformasi tahun 1517. Dan, banyak aliran Protestan yang sudah berkisar pada 40,000 denominasi sampai saat ini adalah pecahan dari Protestan yang mengklaim dirinya sebagai gereja yang benar, walaupun dasarnya tidak kuat.

HANYA GEREJA KATOLIK, yang bertahan dalam perjalan zaman dan waktu, yang tetap teguh memegang dan memelihara ajaran Yesus yang diteruskan oleh Para Rasul. Garis lurus dari Paus pertama Petrus sampai Paus Fransiskus saat ini adalah bukti betapa Gereja dilindungi dan selalu diberi gembal oleh Kristus Sang Pendiri Gereja-Nya.

Karena itu, fakta sejarah membuktikan bahwa banyak denominasi baru lahir di abad 19 dan 20. Dan SEHARUSNYA TIDAK ADA SATU PUN DARI MEREKA YANG BERANI MENGKLAIM DIRINYA SEBAGAI GEREJA YANG DIDIRIKAN OLEH YESUS, karena HANYA ADA SATU GEREJA YANG DIRIKAN OLEH YESUS YAKNI GEREJA KATOLIK.

Gereja Katolik sudah bertahan sejak awal sampai 2000 tahun kemudian walaupun dalam perjalanannya selalu ditantang dan dirongrong oleh dunia. Ini adalah bukti jelas bahwa Gereja memiliki UNSUR ILAHI yang tak dapat dipunahkan oleh kuasa mana pun. Gereja lebih dari sebuah organisasi manusiawi - meskipu beranggotan manusia biasa - bahkan beberapa pemimpin (PAUS) tidak bijaksana, korupsi bahkan sampai dicap sebagai heretik. Kalau kita jujur menilai bahwa jika Gereja hanyalah sebuah organisasi manusiawi maka pasti sudah hancur seperti kerajaan-kerajaan di dunia. Namun, fakta sekarang membuktikan terbalik bahwa dibalik kritikan dan rongrongan zaman, Gereja Katolik tetap berdiri kokoh sebagai institusi yang menyuarakan kebenaran, keadilan dan kemanusiaan yang tak tergoncangkan. Ini juga adalah bukti bahwa ROH KUDUS tetap menyertai Gereja Kristus ini sampai akhir zaman.

Jika engkau pernah mempelajari tentang sejarah Gereja, engkau akan menemukan apa yang Gereja Perdana sungguh-sungguh suka dan cintai, adalah apa yang dipercayai dan dipraktekan oleh Gereja Katolik sampai saat ini. JIKA ENGKAU MEMPELAJARI SEJARAH GEREJA MAKA ENGKAU AKAN TAHU BAHWA GEREJA PERDANA ITU NAMPAK SECARA NYATA DALAM DIRI GEREJA KATOLIK. Gereja Perdana percaya akan KEHADIRAN NYATA YESUS DALAM EKARISTI; GEREJA PERDANA BERDOA UNTUK ORANG MATI; Kristus telah memberi para Rasul kuasa untuk mengampuni dosa. Petrus dipilih oleh Yesus untuk menjadi pemimpin untuk Gereja-Nya. BUNDA MARIA DIHORMATI DAN DIPUJI OLEH ORANG-ORANG KRISTEN PERDANA; DI SANA JUGA ADA BAPTISAN BAYI (Seluruh anggota rumah - Kisah Kornelius). PIKIRKAN DAN RENUNGKANLAH TENTANG SEMUANYA ITU. JIKA ENGKAU INGIN MENDAPATKAN RELASI YANG LEBIH AKRAB DENGAN YESUS, MAKA ENGKAU TIDAK MENDAPATKANNYA DI LUAR SANA ATAU LEWAT CARA LAIN SELAIN KETIKA MENERIMA TUBUH DAN DARAH-NYA, itulah EKARISTI KUDUS, di saat itulah ENGKAU MENJADI BAGIAN YANG TAK TERPISAHKAN DARI GEREJA YANG DIDIRIKAN OLEH KRISTUS.

Maka menjadi SANGAT PENTING BILA ANDA MENGETAHUI SEJARAH GEREJA, mengetahui mengapa KITA DISEBUT KATOLIK, yang memiliki dan kebenaran iman. Banyak orang, termasuk PENDETA PROTESTAN, BERPINDAH KE GEREJA KATOLIK, seperti SCOTT HAHN dan teman-temannya setelah mempelajari sejarah Gereja, khususnya tentang KUASA EKSLUSIF DARI PARA PAUS. Tulisan Scott Hahn, "ROME SWEET HOME" adalah buku yang indah yang harus dibaca oleh setiap orang Kristen

Gereja Katolik, didirikan oleh Kristus, yang mengandung KEPENUHAN KEBENARAN. Berterima kasihlah kepada Allah untuk pemberian yang terindah dari iman kekatolikan kita, hidupilah imanmu dengan penuh suka cita, dan kemudian wariskanlah keindahan ajaran iman dan tradisi ini kepada anak cucumu. TUNJUKKANLAH KEPADA DUNIA BETAPA BESAR DAN BANGGANNYA ANDA MENJADI SEORANG KATOLIK. JIKA BUKAN ENGKAU, SIAPA LAGI!"

Salam dan doa dari seorang sahabat untuk para sahabatnya,

***Rinnong - Duc in Altum***

Reaksi: