Temukanlah Yesus Rajamu pada wajah-wajah miskin dan papa yang mendatangimu.

 Minggu 23 November 2014: Mat.25: 31-46
 HARI RAYA TUHAN KITA YESUS KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM.

"Doamu kepada orang miskin dan lapar akan berdaya guna ketika engkau memberi mereka makan"

Yesus, Raja Semesta Alam. Ia mendatangi kita tidak dengan kereta berkuda, lambang kekuasaan. Ia tidak memerinta kita dengan suara keras dan tangan besi. Ia tidak hanya duduk bertakhta dan minta dilayani, melainkan Ia yang adalah Allah merendahkan Diri-Nya menjadi seperti kita manusia; lahir di kandang Betlehem, berjalan dari desa ke desa, kota ke kota untuk mengajar, menumpang pada perahu dan rumah orang, menunggang keledai, menyembuhkan dan membangkitkan orang, memberi makan kepada yang lapar, minuman kepada yang haus, menemani yang kesepian, mengampuni yang berdosa. Semuanya dilakukan agar kita sadar akan tujuan kehidupan kita yakni kembali kepada Bapa.

Hari ini kita merayakan Kristus Raja Semesta Alam. Pesta ini mengingatkan kita semua untuk berkata dan bertindakan seperti Yesus sendiri. Sabda-Nya jelas dalam Injil hari ini; "Apa pun yang kau lakukan kepada salah satu saudara-Ku yang paling hina ini, itu kau lakukan untuk-Ku. Sebaliknya, apa pun yang tidak kau lakukan kepada salah satu saudara-Ku yang paling hina ini, itu kau tidak lakukan terhadap-Ku."

Karena itu, marilah kita temukan wajah Tuhan, Raja Semesta Alam dalam wajah-wajah yang menderita, yang sakit, yang terasing, yang kesepian, yang merana, yang lapar, yang tidak mempunyai tempat tinggal, dalam wajah anak-anak yatim, para janda/duda, orang tua, cacat di sekitar kita. Mereka tidak hanya membutuhkan barang yang kita miliki, tapi lebih dari itu, mereka membutuhkan cinta dan kasih sayang yang tulus dari kita.

Ingatlah bahwa surga atau neraka akan kita dapatkan sangat tergantung pada pertanyaan; "Apakah imanmu telah berbuah dalam perbuatan-perbuatan baik kepada sesamamu atau tidak selama hidup terbentang di hadapanmu."

Selamat berhari Minggu untuk para sahabat.
Salam dan doa dari seorang sahabat untuk para sahabatnya,

Rm. Inno Ngutra, Pr. 

Reaksi: