Paus Fransiskus menyerukan umat beriman untuk menemukan kembali "Rasa Sakral"


Dalam homilinya pagi ini di Casa Santa Marta, Paus Fransiskus mengundang umat beriman untuk "masuk ke dalam misteri Allah" dalam Ekaristi dan menemukan kembali rasa sakral.

Merefleksikan pada bacaan pertama hari ini, yang mengingat penjelmaan Allah dalam bentuk awan di tempat kudus pada masa pemerintahan Raja Salomo, Bapa Suci mengatakan bahwa sementara Allah berbicara melalui umat-Nya melalui para nabi dan Kitab Suci, Tuhan berbicara dengan cara yang berbeda melalui penampakan ini. Penampakan ini terjadi hari ini melalui perayaan liturgi, terutama Ekaristi.

"Ketika kita merayakan misa, kita tidak mengerjakan sebuah penggambaran dari Perjamuan Terakhir: tidak, itu bukan suatu penggambaran," tegas beliau. "Ini merupakan sesuatu yang lain: merupakan Perjamuan Terakhir itu sendiri. Benar-benar menghidupkan sekali lagi Sengsara dan Kematian penebusan Tuhan. Merupakan sebuah penampakan : Tuhan dijadikan hadir di altar untuk ditawarkan kepada Bapa bagi keselamatan dunia".

"Kita mendengar atau mengatakan," Tapi, aku tidak bisa sekarang, aku harus pergi ke Misa, aku harus pergi untuk mendengar Misa 'Misa tidak' didengar ', Misa merupakan keikutsertaan dalamnya, dan itu adalah keikutsertaan dalam penampakan ini, dalam misteri keberadaan Tuhan di antara kita. "

Paus melanjutkan dengan mengatakan bahwa meskipun pentingnya kehadiran Allah dalam liturgi, banyak orang sering menghabiskan waktu mereka di misa dengan melihat jam dan "menghitung [mundur] menit."

"Ini bukanlah sikap liturgi yang dituntut dari kita: liturgi adalah waktu Allah, ruang Allah, dan kita harus menempatkan diri kita di sana, dalam waktu Allah, dalam ruang Allah, dan tidak melihat jam," kata beliau.

"Liturgi adalah benar-benar masuk ke dalam misteri Allah, untuk membiarkan diri kita dibawa ke misteri dan berada dalam misteri. Sebagai contoh, saya yakin bahwa anda semua telah datang ke sini untuk masuk ke dalam misteri. Namun, seseorang mungkin berkata: 'Ah, aku harus pergi ke misa di Santa Marta, karena pada tur melihat-lihat kota Roma, setiap pagi ada kesempatan untuk mengunjungi Paus di Santa Marta. Ini adalah perhentian turis, bukan? 'Kalian semua di sini, kita berkumpul di sini untuk masuk ke dalam misteri: Ini adalah liturgi. Ini adalah waktu Allah, itu adalah ruang Allah, merupakan awan Allah yang mengelilingi kita semua. "

Penutup homilinya, Paus Fransiskus meminta umat beriman untuk meminta Tuhan untuk memberikan mereka "rasa sakral" dalam rangka untuk membedakan antara devosi sehari-hari dan pentingnya Ekaristi.

"Perayaan Ekaristi adalah sesuatu yang lain," kata beliau. "Dalam perayaan kita masuk ke dalam misteri Allah, ke dalam jalan yang tidak dapat kita kendalikan. Hanya Dialah Sosok yang unik, yang mulia, dan berkuasa. Dia adalah segalanya. Mari kita meminta anugerah ini: agar Tuhan akan mengajarkan kita untuk masuk ke dalam misteri Allah ".

Sumber: http://www.zenit.org/en/articles/pope-francis-calls-on-faithful-to-regain-sense-of-the-sacred

Diterjemahkan oleh: Fans Of Iman Katolik