Ekaristi: Inisiasi Orang Kristiani, Puncak Keselamatan


Kota Vatikan, 5 Februari 2014 (VIS) - Katekese Bapa Suci pada audiensi umum hari ini difokuskan pada "Ekaristi, pusat inisiasi orang Kristiani dan sumber kehidupan Gereja". "Sabda dan Roti, selama Misa, menjadi satu, seperti dalam Perjamuan Terakhir, ketika semua kata-kata Yesus, semua tanda-tanda yang Ia telah dibuat, yang memadat dalam sikap memecahkan roti dan menawarkan piala dalam mengantisipasi pengorbanan Salib ".

Paus Fransiskus mengatakan bahwa gerakan tubuh Yesus selama Perjamuan Terakhir adalah "pengucapan syukur yang tertinggi pada Bapa untuk kasih-Nya dan rahmat-Nya", dan mengingatkan bahwa "pengucapan syukur", dalam bahasa Yunani, adalah "eucaristia". Inilah sebabnya mengapa istilah Ekaristi meliputi semua gerakan tubuh ini, yang merupakan gerakan tubuh dari Allah dan manusia, sikap Yesus Kristus, yang sungguh Allah dan sungguh manusia ".

Paus mengulangi bahwa setiap kali kita merayakan Sakramen ini, tidak sekedar berarti mengingat, melainkan berbagi dalam "misteri penderitaan Kristus, kematian dan kebangkitan". "Ekaristi", kata beliau, "adalah puncak dari aksi keselamatan Allah: Tuhan Yesus, membuat diri-Nya menjadi roti, dipecah bagi kita, bahkan menuangkan atas kita semua rahmat dan kasih-Nya, sehingga memperbaharui hati kita, keberadaan kita dan cara kita berhubungan dengan-Nya dan dengan saudara-saudara kita ".

Paus Fransiskus menyimpulkan dengan mengundang mereka yang hadir untuk berdoa kepada Tuhan agar "Sakramen ini dapat terus mempertahankan kehadirannya tetap hidup, di dalam Gereja, dan menjadi contoh komunitas kita dalam amal dan persekutuan, syang esuai dengan hati Bapa. Dan ini terus berlanjut sepanjang hidup kita, dimulai pada hari komuni pertama kita. Adalah penting bahwa anak-anak mempersiapkan diri dengan baik untuk Komuni pertama mereka dan bahwa setiap anak melakukannya, karena merupakan langkah pertama untuk sebuah ikatan kuat menjadi milik Yesus Kristus, menyusul Pembaptisan dan Penguatan ".

Sumber: Vatican Information Service
Diterjemahkan: Fans of Iman Katolik