APAKAH ANDA SEORANG KATOLIK? (8)

 
Kalau Anda masih seorang Katolik maka harus tahu yang satu ini:


MENGAPA GEREJA DISEBUT KATOLIK
(Pengajaran Paus Fransiskus)

Dalam (Credo) Doa Aku Percaya, kita mengakui bahwa Gereja adalah "Katolik"; dengan kata lain, dia (Gereja) bersifat universal. Kita dapat memahami kekatolikan (keuniversalan) ini dalam tiga cara.

Pertama, Gereja Katolik karena ia menyatakan iman apostolik dalam keseluruhannya; dia adalah tempat dimana kita bertemu Kristus dalam sakramen-sakramen nya dan menerima karunia-karunia rohani yang diperlukan untuk bertumbuh kearah kekudusan bersama-sama dengan saudara dan saudari kita.

Gereja juga disebut Katolik karena persekutuannya merangkul seluruh umat manusia (semua suku bangsa), dan ia (Gereja) dikirim untuk membawa ke seluruh dunia sukacita keselamatan dan kebenaran Injil.

Akhirnya, Gereja disebut Katolik karena dia menyatukan keberagaman yang mengagumkan dari karunia-karunia Allah untuk membangun umatnya dalam kesatuan dan harmoni. Mari kita memohon Tuhan untuk membuat kita semakin lebih Katolik – untuk memampukan kita, seperti sebuah keluarga besar, bertumbuh bersama-sama dalam iman dan cinta, menarik (membawa) orang lain kepada Yesus dalam persekutuan di dalam Gereja, dan menyambut (menerima) karunia-karunia dan kontribusi dari setiap orang, sehingga menciptakan sebuah simfoni sukacita memuji kepada Allah karena kebaikan-Nya, rahmat-Nya dan cinta penebusan-Nya.

===============================

Kalau Anda mengerti dan memahami GEREJA KATOLIK seperti ini, maka mengapa Anda mau dan bahkan harus mencari yang lain (agama dan gereja yang lain). Ini bukan sebuah slogan atau iklan, tapi sesungguhnya ini adalah sebuah kebenaran bahwa GEREJA KATOLIK ADA UNTUK KESELAMATANMU, yang tak dapat dipisahkan dari YESUS SEBAGAI PENDIRINYA. Yesus berharap dan berdoa agar kita semua pengikut-Nya dapat bersatu di dalam Gereja itu, yang adalah SATU, KUDUS, KATOLIK dan APOSTOLIK (Baca Yoh 17:21; "Semoga mereka semua menjadi satu.") Atas alasan inilah maka Paus Yohanes Paulus II dalam Ensikliknya; "UT UNUM SINT = THAT THEY MAY BE ONE = SEMOGA MEREKA SEMUA BERSATU" berkata; "PERPECAHAN DI ANTARA KITA BERTENTANGAN DENGAN KEHENDAK KRISTUS, YANG MENYEDIAKAN SEBUAH BATU SANDUNGAN KEPADA DUNAI, DAN YANG MERUSAK KABAR GEMBIRA."(UUS.6).

Karena itu, kutegaskan lagi kepadamu bahwa "YESUS TIDAK BERCANDA KETIKA MENDIRIKAN GEREJA-NYA DI ATAS BATU KARANG PETRUS. (Baca Mat 16:18; "...Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya). GEREJA KATOLIK ADA UNTUK KESELAMATANMU. Kita tidak bisa memisahkan iman kita dalam usaha untuk menggapai keselamatan dari satu aspek saja; HANYA PERCAYA KEPADA YESUS DAN MENYEPELEKAN PERANAN GEREJA-NYA, karena sesungguhnya dalam ajaran iman Katolik; GEREJA ADALAH TUBUH DAN KRISTUS YANG ADALAH KEPALA GEREJA, YANG MANA SATU TAKAN DAPAT DIPISAHKAN DARI YANG LAINNYA. Memisahkan satu dari yang lain bagaikan memisahkan KEPALA DARI TUBUH akan menyebabkan kematian. Demikian pun memisahkan kepercayaan terhadap KRISTUS DARI GEREJA KATOLIK adalah jalan menuju kebinasaan, dan bukan keselamatan.


Sekali lagi, kutegaskan kepadamu bahwa ini BUKAN SLOGAN tapi sebuah KEBENARAN yang harus Anda wartakan sebagai seorang Katolik kepada seluruh makluk di dunia ini.


Salam dan doa dari seorang sahabat untuk para sahabatnya,

***Rinnong***

Reaksi: