APAKAH ANDA SEORANG KATOLIK? (5)

Kalau Anda masih seorang Katolik maka harus tahu yang satu ini:


"YESUS LUPA ATAU ROH KUDUS TIDAK MENJALANKAN PERINTAH-NYA?"


Sejak tindakan pembangkangan Martin Luhter sampai sekarang, sudah terdapat ribuan denominasi Protestan, yang pada umumnya mendasarkan diri dan pertumbuhan imannya pada "Tiga Sola" (Fide, Gratia dan Scriptura), yang semuanya bersatu untuk mengeritik bahkan mengutuk Gereja Katolik di satu pihak, namun mereka saling menyerang di lain pihak pada isu ini; "SIAPAKAH YANG PALING BENAR DI ANTARA MEREKA?" Atau ketika ada orang luar yang bertanya; Lalu, siapakah di antara kalian yang paling benar, maka mereka akan tunduk malu karena tidak bisa menjawab secara terang-terangan takut yang lain tersinggung dan balik menyerang yang menjawab. Kesulitan mendasarnya adalah masing-masing pecahan baru mengklaim diri sebagai yang paling benar menurut Kitab Suci dan didirikan atas kehendak Yesus, walaupun kenyataannya setiap denominasi ada bapak atau ibu pendirinya masing-masing (Baca kembali tulisan saya yang terdahulu tentang "Siapakah pendiri gerejamu?")

Akan tetapi, baiklah kita tinggalkan isu di atas dan kembali pada judul tulisan ini; "APAKAH YESUS LUPA atau ROH KUDUS TIDAK MENGERJAKAN PERINTAH YESUS?"

Jika saja Yesus menghendaki ada Gereja lain yang didirikan maka sangatlah gampang Ia memerintahkan kepada Yohanes, Matius, Yudas, Bartolomeus, Yakobus, dll...alias kedua belas Rasul itu untuk mendirikan Gereja baru atas nama-Nya. Tapi, kenyataannya tidak! Apa yang dilakukan oleh Yesus adalah "HANYA KEPADA PETRUS" yang memberikan jawaban, "ENGKAU ADALAH MESIAS ANAK ALLAH YANG HIDUP"lah (Mat.16:16) Yesus berkata: "ENGKAU ADALAH PETRUS DAN DI ATAS BATU KARANG INI AKU AKAN MENDIRIKAN GEREJA-KU DAN ALAM MAUT TIDAK AKAN MENGUASAINYA."(Mat 16:18) .....Catatan untukmu; Dalam Kitab Suci terjemahan LAI kata "GEREJA-KU diubah menjadi JEMAAT-KU). Karena itu, perhatikanlah bahwa hanya kepada Petrus inilah diberikan kunci-kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."(Mat.16:19). Keterpilihan Petrus sebagai pemimpin para Rasul ini semakin jelas ketika Yesus memberikan perintah kepadanya sesaat sebelum Ia naik ke Surga; "GEMBALAKANLAH DOMBA-DOMBA-KU!"(Yoh 21:15-18) Catatan untukmu; Dalam Yoh. 21:15-18 itu hadir semua Rasul tapi sekali lagi sama seperti dalam Mat 16:13-20 maka HANYA KEPADA PETRUS SENDIRILAH perintah itu diberikan, yang mau mempertegas posisi Petrus sebagai pemimpin para Rasul yang lain (TRADISI APOSTOLIK).

Pertanyaannya; Apakah Yesus lupa memberikan kuasa yang sama kepada murid lain, selain Petrus? Jawabannya; PASTI TIDAK! Atau kalau memang berdasarkan jasa dan pengorbanan seseorang maka orang berikut yang seharusnya diberikan kuasa penuh oleh Yesus untuk mendirikan Gereja baru (lain) adalah ST. PAULUS (Rasul) seperti yang terbaca dalam kisah pertobatannya. Kepada Ananias yang diperintahkan oleh Yesus untuk menyembuhkan Saulus, Tuhan berkata; "PERGILAH, SEBAB ORANG INI ADALAH ALAT PILIHAN BAGI-KU UNTUK MEMBERITAKAN NAMA-KU KEPADA BANGSA-BANGSA LAIN SERTA RAJA-RAJA DAN ORANG-ORANG ISRAEL."(Kis 9:15). Pertanyaannya; Apakah dengan mandat Tuhan ini, lalu Saulus/Paulus mendirikan sebuah Gereja baru atas nama Tuhannya? Jawabannya: TIDAK! Justru dalam konflik dengan Petrus, sang pemimpin, ia tunduk untuk berkomunikasi dengan Petrus dan mencari jalan keluar dalam sidang di Yerusalem (baca Kis 15:1-21) karena Paulus sadar bahwa ia hanyalah alat yang bekerja untuk membangun dan menguatkan Gereja yang telah Yesus dirikan di atas batu karang Petrus.

Atau kelompok lain lagi yang paling berjasa adalah para martir yang semasa hidupnya menunjukkan kekudusan dan keberanian untuk mempertahankan imannya akan Yesus di dalam Gereja Kristus, pun para santo-santa yang besar jasanya seperti para Bapa Gereja Perdana, lebih khhusus lagi St. Agustinus dan Thomas Aquinas. Pertanyaannya; Apakah karena jasa mereka, lalu mereka mendirikan sebuah Gereja baru atas nama Yesus? TIDAK dan TIDAK adalah jawabannya pastinya.
 
Akan tetapi, ketika membaca kisah-kisah pendirian denominasi Protestan dengan semua klaim para pendeta atau orang yang mendirikannya bahwa "INILAH GEREJA KRISTUS YANG BENAR BERDASARKAN KITAB SUCI atau INILAH GEREJA YANG DIDIRIKAN KARENA PERINTAH KRISTUS KEPADAKU", aku lalu bertanya;

"APAKAH YESUS LUPA ataukah MEMANG ROH KUDUS TERTIDUR DAN LUPA UNTUK MENGATAKAN KEPADA PARA RASUL YANG LAIN, KEPADA ST. PAULUS atau kepada PARA MARTIR DAN SANTO-SANTA untuk MENDIRIKAN GEREJA LAIN sampai tiba-tiba YESUS INGAT AKAN JANJINYA ATAU MEMBANGUNKAN ROH KUDUS YANG SEDANG TERTIDUR sehingga MEMERINTAHKAN MARTIN LUHTER dan CALVIN (Protestan) JOHN SMITT (Marmon), ELLEN WHITE (Advent Hari Ketujuh), JOHN WESLEY (Methodis), dll. Atau di Filipina ada ELI SORIANO (Dating Daan), MANALO (Gereja Kristus, atau di Indonesia; PARIADJI (Gereja Tiberias), dan lain-lainnya. Wow....Yesus dan Roh Kudus BISA DIPECAT OLEH SANG BAPA DI SURGA.
 
Kawan, kejujuran itu selalu menyakitkan tapi adalah lebih baik saya mengatakannya agar kalian tahu kebenarannya bahwa HANYA ADA SATU GEREJA YANG DIDIRIKAN OLEH YESUS, yakni GEREJA KATOLIK yang meneruskan TRADISI APOSTOLIKNYA sampai sekarang ini sehingga Gereja itu disebut "SATU, KUDUS, KATOLIK DAN APOSTOLIK", dan memang benar bahwa alam maut tidak akan menguasainya.
   
Karena itu, aku senang membaca komentar beberapa teman di group GK; "MEMANG GEREJA TIDAK MENYELAMATKAN, TAPI KALAU ANDA SALAH MEMILIH GEREJA MAKA SUDAH PASTI BAHWA ANDA TIDAK SELAMAT." Kutambahkan; "JANGAN LUPA UNTUK SELALU BERBUAT BAIK karena "IMAN TANPA PERBUATAN PADA HAKEKATNYA ADALAH MATI."(Yak.2:14-26)

Semoga semakin menambah pengetahuanmu tapi terlebih agar engkau yang telah menjadi anggota Gereja Katolik tidak berpaling kepada jalan sesat yang ditawarkan dengan rayuan gombal yang akan menyengsarkan jiwamu kini dan kelak. Atau, setidak-tidaknya Anda sebagai orang Katolik memiliki sebuah jawaban kepada mereka yang bertanya dan meragukan kebenaran GEREJA KATOLIKmu.


Salam dan doa dari seorang sahabat untuk para sahabatnya,

***Rinnong***

Reaksi: