"APAKAH ANDA SEORANG KATOLIK?" (3)

 
Kalau Anda masih seorang Katolik maka harus tahu yang satu ini:

"HANYA ADA SATU GEREJA KRISTUS DI DUNIA, yakni GEREJA KATOLIK, sedangkan yang lain adalah GEREJA PARA PENGIKUT KRISTUS"
  
Sapaan sahabat untuk para sahabatnya:

Mulutku tidak akan tertutup untuk mewartakan kebenaran dengan jujur, walaupun untuk itu aku akan mendapatkan banyak musuh. Aku tidak akan diam atau bermulut emas hanya untuk dan demi sebuah kobohongan yang bukan hanya menyengsarakan jiwamu dan jiwaku di dunia ini tapi terlebih di akhirat.

Tulisan berikut ini adalah jawaban saya terhadap seorang teman yang bertanya kepadaku, yang menggambarkan kelemahanku bahwa kadang terhadap sebuah pertanyaan yang bodoh aku pun berbuat seolah-olah lebih bodoh atau memberikan jawaban yang lebih konyol kepada yang bertanya. Tapi, kadang jawaban seperti itu justru lebih mengena daripada memberikan banyak argumen yang bersifat teologis.

Percakapan dengan seorang sahabat:

Sahabat bertanya:

"Romo, apakah semua aliran Protestan bukan GEREJA KRISTUS juga?"
   
Jawaban saya kepadanya:

BUKAN.....PROTESTAN BUKAN GEREJA KRISTUS......Gereja dan komunitas Protestan HANYA BISA disebut GEREJA KRISTEN (GEREJA PARA PENGIKUT KRISTUS), tapi BUKAN BUKAN GEREJA KRISTUS karena alasan-alasan berikut ini:

1) Yesus hanya mendirikan satu Gereja (Dekrit tentang Ekumene, Unitatis Redintegratio, No.1) dan hanya ada satu Gereja saja yang didirikan oleh Yesus di atas batu karang Petrus ketika Ia bersabda kepada Petrus: "Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku dam alam maut tidak akan menguasainya."(Mat 16:18). Dan, Gereja yang didirikan oleh Yesus itu adalah Gereja yang meneruskan (mewariskan) Tradisi Apostolik dengan pengakuan bahwa Petrus adalah pemimpin kelompok para Rasul sehingga Gereja itu disebut GEREJA yang SATU, KUDUS, KATOLIK DAN APOSTOLIK. Dan, itulah GEREJA KATOLIK.

Sama seperti yang pernah saya singgung dalam komentar saya sebelumnya dengan bertanya; Siapa pendiri gerejamu? Dan, saudara akan menjawabku; Pendiri gerejaku adalah Martin Luther dan Calvin untuk seluruh Protestan....Tapi untuk gereja dan denominasi lain, maka setiap orang/denominasi Protestan bisa menyebut pendiri gereja atau denominasinya; Adven Hari Ketujuh: Ellen White; Marmon: Joseph smith; Methodis : John Wesley, gereja Tiberias di Indonesia : Pendeta Pariadji dan beragam pendiri gereja dan denominasi di dunia ini.

2) Berdasarkan point pertama saja (data sejarah) maka kita harus jujur mengatakan bahwa Protestan didirikan oleh tangan manusia. Sebaliknya, hanya Gereja Katoliklah yang didirikan oleh Yesus. Kebenaran ini menyakitkan di telinga dan hati, tapi seperti kata-kataku sebelumnya bahwa kejujuran dan kebenaran yang kuungkapkan selalu menyakitkan...tapi lebih baik aku jujur mengatakan dan mewartakan kebenaran daripada berbohong hanya untuk membuat pendengar dan pembacaku senang untuk sementara waktu saja.
 
Dalam konteks ini, lihatlah aliran-aliran Protestan....Apakah semua mengakui Yesus sebagai Tuhan? Tidak kan? Kalau mereka tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan, lalu apakah saudara berani mengajak orang Kristen untuk mengakui bahwa denominasi mereka adalah Gereja Kristus atau lebih tepatnya disebut Gereja Kristen (Gereja Para Pengikut Kristus?). Kalau untuk disebut Kristen saja tidak, apalagi sampai disebut sebagai GEREJA KRISTUS, yang sampai kapan pun pasti tidak bisa menyandang nama itu, karena KRISTUS HANYA MENDIRIKAN SATU GEREJA dan menginginkan agar semua murid-Nya berada di dalam satu Gereja yang didirikan-Nya seperti yang terungkap dalam doa singkat-Nya: "SEMOGA MEREKA SEMUA BERSATU."(Yoh 17:21). Karena itu, denominasi Protestan lebih disebut gereja yang menyerupai Gereja Kritus karena memang denominasi-denominasi itu didirikan ATAS NAMA KRISTUS.
     
Kawan.......
Ingatlah bahwa kejujuran itu adalah kesakitan sesaat tapi kebahagiaan sepanjang hayat. Sebaliknya, kebohongan itu kepuasaan dan kegembiraan sesaat tapi penderitaan selamanya baik di dunia maupun di akhirat.


Salam dan doa dari seorang sahabat untuk para sahabatnya,

***Rinnong***

Reaksi: