Selamat datang bulan Februari!

SELAMAT DATANG BULAN FEBRUARI!

Bulan Februari, scara tradisional didedikasikan bagi KELUARGA KUDUS NAZARETH.

UJUD UMUM : semoga keluarga-keluarga imigran, terutama para ibu, mendapat bantuan dan pendampingan dalam menghadapi kesulitan-kesulitannya.
UJUD MISI : semoga orang-orang yang berada dalam peperangan dan perselisihan, dapat menemukan jalan untuk membangun masa depan yang damai.
UJUD GEREJA INDONESIA : semoga paroki-paroki dapat semakin mampu dan menemukan jalan dalam mewujudkan dana-dana Gereja menjadi bantuan yang nyata bagi mereka yang miskin dan membutuhkan.

--LITURGIS--

HARI RAYA, PESTA, dan PERINGATAN WAJIB dalam Bulan Ini (Gereja Katolik Latin)

HARI RAYA : TIDAK ADA HARI RAYA DI LUAR HARI RAYA MINGGU

PESTA

Sabtu, 2 Februari 2013: Yesus dipersembahkan di Kenisah
Jumat, 22 Februari 2013: Takhta St. Petrus

PERINGATAN WAJIB

Selasa, 5 Februari 2013 : Sta. Agatha, Perawan Martir
Rabu, 6 Februari 2013 : St. Paulus Miki, Imam

--DEVOSIONALIA--
Jumat Pertama yang didedikasikan bagi Hati Kudus Yesus jatuh pada 1 Februari.
Sabtu Pertama yang didedikasikan bagi Hati Maria Tak Bernoda jatuh pada 2 Februari.

PENTING :

HARI RABU ABU (HARI PERTAMA MASA PRAPASKAH) JATUH PADA TANGGAL 13 FEBRUARI. Sangat dianjurkan menghadiri MISA RABU ABU. Umat TIDAK TERIKAT KEWAJIBAN menghadiri misa Rabu Abu (baca: tidak berdosa berat) jika memang terhalang pekerjaan yang benar-benar tidak dapat ditunda atau sakit berat.

SEMUA HARI PERINGATAN WAJIB yang jatuh pada hari biasa Masa Prapaskah menjadi PERINGATAN FAKULTATIF (tidak dicantumkan di sini).

SANGAT DIANJURKAN untuk mengawali HARI MINGGU PRAPASKAH I dengan PERARAKAN MASUK yang diiringi LITANI PARA KUDUS (PPP no.23)

Selama Masa Prapaskah PUASA (makan kenyang satu kali dalam sehari) BERIKUT PANTANG HANYA DILAKUKAN PADA RABU ABU DAN JUMAT AGUNG. (Namun demikian, selain di kedua hari tersebut, sebagai bentuk devosi, umat tetap dapat berpuasa dan/atau pantang di hari-hari lain selama Masa Prapaskah). Adapun PANTANG SAJA tetap dilakukan pada hari Jumat, seperti lazimnya berlaku untuk setiap hari Jumat sepanjang tahun, bila tidak bertepatan dangan Hari Raya atau Pesta.

IMLEK yang jatuh pada Minggu, 10 Februari BUKAN HARI RAYA LITURGIS GEREJAWI maka warna liturgi yang digunakan TETAP HIJAU (merah dalam konteks gerejawi, adalah warna kemartiran dan warna khas Roh Kudus)

Pasca Konsili Vatikan II, Gereja Katolik tidak lagi mencatumkan peringatan Sto. Valentinus, MAKA TIDAK ADA MISA HARI VALENTINE. Berdasarkan penanggalan liturgi, Kamis, 14 Februari 2013 dipakai rumusan "Hari Kamis sesudah Rabu Abu".

Sumber penanggalan : Penanggalan Liturgi 2013, KWI; http://www.facebook.com/gerejakatolik .