Perayaan Ekaristi: Sabtu-Minggu, 10-11 September 2011

HARI MINGGU BIASA XXIV
SABTU-MINGGU, 10-11 September 2011


RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR

SERUAN TOBAT TUHAN KASIHANILAH KAMI (PS 347)
I. Tuhan Yesus Kristus, Engkau selalu bersedia mengampuni betapa berat pun dosa kami, asal kami mau bertobat.
K. Tuhan, kasihanilah kami.
U. Tuhan, kasihanilah kami.
I. Engkau tidak menghendaki hukum balas dendam, melainkan agar kami saling mengampuni sampai tujuh puluh kali tujuh.
K. Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami
I. Engkau telah memberi teladan pengampunan ketika di salib. Engkau mendoakan para pembunuhmu.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.
I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.

KEMULIAAN (PS 348)

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I.Allah Bapa kami yang maharahim, Engkau memperkenalkan diri sebagai Allah yang penuh kasih, yang mengerti kerapuhan kami, dan yang menerima kami apa adanya. Engkau sabar terhadap kami dengan selalu memberi kami kesempatan bertobat, memperbaiki diri, dan meningkatkan kualitas hidup kami. Semoga rahmat belas kasih-Mu menguatkan dan meyakinkan kami bahwa kamipun perlu sabar dan pengampun kepada sesama yang melukai hati kami. Demi Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U.Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Sir 27:30-28:9)

"Maafkanlah kesalahan sesamamu, niscaya dosamu akan dihapus, jika engkau berdoa."

L. Pembacaan dari Kitab Putera Sirakh:
Dendam kesumat dan amarahpun sangat mengerikan juga, dan orang berdosalah yang dikuasainya. Barangsiapa membalas dendam akan dibalas oleh Tuhan. Tuhan dengan saksama mengindahkan segala dosanya. Ampunilah kesalahan kepada sesama orang, niscaya dosa-dosamupun akan dihapus juga, jika engkau berdoa. Bagaimana gerangan orang dapat memohon penyembuhan pada Tuhan, jika ia menyimpan amarah kepada sesama manusia? Bolehkah ia berdoa karena dosa-dosanya, kalau tidak menaruh belas kasihan terhadap seorang manusia yang sama dengannya? Meskipun ia hanya daging belaka, namun ia menaruh dendam kesumat, siapa gerangan akan memulihkan dosa-dosanya? Ingatlah akan akhir hidup dan hentikanlah permusuhan, ingatlah akan kebusukan serta maut dan hendaklah setia kepada segala perintah. Ingatlah akan perintah-perintah dan jangan mendendami sesama manusia, hendaklah ingat akan perjanjian dari Yang Mahatinggi, lalu ampunilah kesalahannya. Jauhilah pertikaian, maka dosa kaukurangkan, sebab orang yang panas hati mengobar-ngobarkan pertikaian. Orang yang berdosa mengganggu orang-orang yang bersahabat, dan melontarkan permusuhan di antara orang-orang yang hidup dengan damai.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (Mzm 103:1-2.3-4; PS 823)
Refren: Pujilah, puji Allah, Tuhan yang maharahim.
Mazmur:
1. Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku. Pujilah Tuhan, hai jiwaku, janganlah lupa akan segala kebaikan-Nya.
2. Dialah yang mengampuni segala kesalahanmu, dan menyembuhkan segala penyakitmu! Dialah yang menebus hidupmu dari liang kubur, dan memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat.

BACAAN II (Rm 14:7-9)

"Hidup atau mati kita tetap milik Tuhan."

L. Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Roma:
Saudara-saudara, tidak ada seorangpun di antara kita yang hidup untuk dirinya sendiri, dan tidak ada seorangpun yang mati untuk dirinya sendiri. Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan. Sebab untuk itulah Kristus telah mati dan hidup kembali, supaya Ia menjadi Tuhan, baik atas orang-orang mati, maupun atas orang-orang hidup.

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 957)
Refren. Alleluya, Alleluya
Ayat. Perintah baru Kuberikan kepadamu: Hendaklah kamu saling mencintai seperti Aku cinta padamu.

BACAAN INJIL (Mat 18:21-35)

"Bukan hanya tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh hendaknya kamu mengampuni."

I. Tuhan sertamu
U. Dan sertamu juga
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius
U. Dimuliakanlah Tuhan.
I. Pada waktu itu, datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali. Sebab hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja yang hendak mengadakan perhitungan dengan hamba-hambanya. Setelah ia mulai mengadakan perhitungan itu, dihadapkanlah kepadanya seorang yang berhutang sepuluh ribu talenta. Tetapi karena orang itu tidak mampu melunaskan hutangnya, raja itu memerintahkan supaya ia dijual beserta anak isterinya dan segala miliknya untuk pembayar hutangnya. Maka sujudlah hamba itu menyembah dia, katanya: Sabarlah dahulu, segala hutangku akan kulunaskan. Lalu tergeraklah hati raja itu oleh belas kasihan akan hamba itu, sehingga ia membebaskannya dan menghapuskan hutangnya. Tetapi ketika hamba itu keluar, ia bertemu dengan seorang hamba lain yang berhutang seratus dinar kepadanya. Ia menangkap dan mencekik kawannya itu, katanya: Bayar hutangmu! Maka sujudlah kawannya itu dan memohon kepadanya: Sabarlah dahulu, hutangku itu akan kulunaskan. Tetapi ia menolak dan menyerahkan kawannya itu ke dalam penjara sampai dilunaskannya hutangnya. Melihat itu kawan-kawannya yang lain sangat sedih lalu menyampaikan segala yang terjadi kepada tuan mereka. Raja itu menyuruh memanggil orang itu dan berkata kepadanya: Hai hamba yang jahat, seluruh hutangmu telah kuhapuskan karena engkau memohonkannya kepadaku. Bukankah engkaupun harus mengasihani kawanmu seperti aku telah mengasihani engkau? Maka marahlah tuannya itu dan menyerahkannya kepada algojo-algojo, sampai ia melunaskan seluruh hutangnya. Maka Bapa-Ku yang di sorga akan berbuat demikian juga terhadap kamu, apabila kamu masing-masing tidak mengampuni saudaramu dengan segenap hatimu."

I: Demikianlah Injil Tuhan.
U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Marilah kita mohon kepada Allah supaya kita, umat-Nya yang telah mengalami kasih Allah yang pengampun, membawa kegembiraan rekonsiliasi kepada dunia.

L. Bagi Gereja, umat yang dibebaskan oleh Kristus.
Ya Bapa, semoga umat Allah tak terbagi dalam kelompok-kelompok, melainkan hidup bersama dalam suasana toleransi dan perdamaian. Marilah kita berdoa:
U. Tuhan, tolonglah kami untuk mengampuni dengan sepenuh hati.

L. Bagi semua Gereja kristiani yang sudah lama terpecah-belah oleh dendam dan keangkuhan:
Ya Bapa, semoga Gereja-gereja dipersatukan kembali dalam persatuan Injil serta dalam kasih Kristus. Marilah kita berdoa:
U. Tuhan, tolonglah kami untuk mengampuni dengan sepenuh hati.

L. Bagi mereka yang melibatkan diri untuk membela keadilan dan pembebasan manusia:
Ya Bapa, semoga para pembela dan pembebas manusia berani mengakui dan memberantas dosa yang berakar dalam hati mereka. Marilah kita berdoa:
U. Tuhan, tolonglah kami untuk mengampuni dengan sepenuh hati.

L. Bagi pasangan-pasangan suami-istri yang hidup berdampingan, namun tanpa cinta, dan tanpa komunikasi:
Ya Bapa, semoga pasangan-pasangan yang kurang rukun dan akrab, mengambil keputusan untuk saling mengampuni saling memahami dan saling menghargai lagi. Marilah kita berdoa:
U. Tuhan, tolonglah kami untuk mengampuni dengan sepenuh hati.

L. Bagi kita yang berkumpul di tempat ini, manusia yang lemah, dan sering bersalah:
Ya Bapa, semoga dari Yesus Kristus kami belaar untuk berbelas kasih satu sama lain, seperti Dia telah berbelas kasih kepada kami; dan semoga kami saling mengampuni dengan sepenuh hati. Marilah kita berdoa:
U. Tuhan, tolonglah kami untuk mengampuni dengan sepenuh hati.

L. Bagi kepentingan diri kita masing-masing: ......
Marilah kita mohon
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

I. Allah, Engkau begitu baik pada kami, sehingga segala kejahatan dan dosa tidak Kau perhitungkan. Semoga kami, manusia yang kecil dan lemah ini, dalam pergaulan kami, menunjukkan kasih yang pengampunan dengan kata dan perbuatan, karena Yesus Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

LITURGI EKARISTI


A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN


LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa kami yang mahabaik, Engkau melimpahi kami dengan belas kasih-Mu. Semoga kami dikuatkan agar kami saling berbelaskasih dan bersikap rendah hati. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

B. DOA SYUKUR AGUNG


PREFASI

KUDUS (PS 390)

DOA SYUKUR AGUNG



C. KOMUNI


BAPA KAMI (PS 404)

DOA DAMAI
I. Tuhan Yesus Kristus, Engkau bersabda kepada para rasul, "Damai Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu." Maka kami mohon jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu. Restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah Pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U. Amin.
I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu

ANAK DOMBA ALLAH (PS 411)

PERSIAPAN KOMUNI

KOMUNI

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa yang berbelaskasih, kami dijamu untuk menikmati belas kasih-Mu yang melimpah. Kami mohon, semoga Roh Kasih-Mu membantu kami menghilangkan segala perasaan sakit hati, dendam dan marah agar kami ramah terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Engkau sudah mengampuni kami di dalam Kristus, Putra-Mu, Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin.

RITUS PENUTUP


PENGUMUMAN

BERKAT
PENGUTUSAN

LAGU PENUTUP