Perayaan Ekaristi: Sabtu-Minggu, 27-28 Agustus 2011

HARI MINGGU BIASA XXII
SABTU-MINGGU, 27-28 Agustus 2011


RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA
1. Kami menghadap di altar-Mu, sujud berbakti pada-Mu. Bapa pengasih di surga, dengar doa umat-Mu.
2. Tuhan yang sangat murah hati, ampuni dosa umat-Mu. Bapa bersihkanlah kami, agar sucilah kami.

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR

SERUAN TOBAT TUHAN KASIHANILAH KAMI (MB 186)
I. Tuhan Yesus Kristus, sebagaimana Nabi Yeremia Engkau telah melaksanakan kehendak Bapa, sekalipun diejek dan dicemoohkan orang.
K. Tuhan, Tuhan, kasihanilah kami.
U. Tuhan, Tuhan, kasihanilah kami.
I. Seluruh hidup-Mu merupakan ibadat kepada Tuhan, suatu liturgi hidup, sebab Engaku telah mengorbankan diri-Mu kepada Bapa.
K. Kristus, Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, Kristus, kasihanilah kami
I. Engkau telah menyatakan, bahwa kehilangan hidup dengan ambisi dan egoisme adalah suatu kemenangan.
K. Tuhan, Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, Tuhan, kasihanilah kami.
I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.

KEMULIAAN (MB 201)

I. Kemuliaan kepada Allah di surga
U. Kami menyembah Dikau, Allah Bapa.
Kami memuji Dikau, Allah Putra.
Kami bersyukur pada-Mu, ya Allah Roh Kudus.

K. 1. Ya Tuhan Raja surgawi, Pencipta langit dan bumi. Nama-Mu agung abadi, dimuliakan sepanjang hari. > Refr.
2. Tuhan kami Yesus Kristus, Dikaulah Tuhan Penebus. Kurban salib-Mu yang tulus memandu Gereja yang kudus. > Refr.
3. Ya Roh Kudus, daya kami, Dikau penghibur sejati. Semangat kami yang mati selalu Kaunyalakan lagi. > Refr.

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I. Allah Bapa yang kekal dan kuasa, seluruh dunia dan segala yang baik milik-Mu, berasal daripada-Mu. Tanamkanlah dalam hati kami, cinta kasih akan nama-Mu dan pupuklah segala yang baik, yang tumbuh dalam diri kami. Peliharalah semangat ibadah kami dan teguhkanlah dengan kasih setia-Mu. Demi Yesus Kristus, Tuhan kami yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa.
U.Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Yer 20:7-9)

"Karena sabda Tuhan, aku disindir dan diejek."

L. Pembacaan dari Kitab Yeremia:
Engkau telah membujuk aku, ya TUHAN, dan aku telah membiarkan diriku dibujuk; Engkau terlalu kuat bagiku dan Engkau menundukkan aku. Aku telah menjadi tertawaan sepanjang hari, semuanya mereka mengolok-olokkan aku. Sebab setiap kali aku berbicara, terpaksa aku berteriak, terpaksa berseru: "Kelaliman! Aniaya!" Sebab firman TUHAN telah menjadi cela dan cemooh bagiku, sepanjang hari. Tetapi apabila aku berpikir: "Aku tidak mau mengingat Dia dan tidak mau mengucapkan firman lagi demi nama-Nya", maka dalam hatiku ada sesuatu yang seperti api yang menyala-nyala, terkurung dalam tulang-tulangku; aku berlelah-lelah untuk menahannya, tetapi aku tidak sanggup.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (PS 843)
Refren: Jiwaku haus pada-Mu, Tuhan, ingin melihat wajah Allah.
Mazmur:
1. Ya Allah Engkaulah Allahku, kucari-cari dan kudambakan Engkau jiwaku menghauskan Tuhanku laksana gurun gersang, tandus tanpa air.
2. Semoga hamba boleh memandang Tuhanku melihat kemuliaan-Mu yang besar. Cinta-Mu lebih berharga daripada hidup hendaknya mulutku memuji-Mu.

BACAAN II (Rm 12:1-2)

"Persembahkanlah dirimu sebagai korban yang hidup."

L. Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Roma:
Saadara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 961)
Refren. Alleluya, Alleluya, Alleluya
Ayat. Semoga Bapa Tuhan kita Yesus Kristus menerangi mata hati kita, supaya kita memahami pengharapan yang terkandung dalam panggilan kita.

BACAAN INJIL (Mat 16:21-27)

"Barangsiapa ingin menjadi murid-Ku, harus menyangkal diri."

I. Tuhan sertamu
U. Dan sertamu juga
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius
U. Dimuliakanlah Tuhan.
I. Pada waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga. Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: "Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau." Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: "Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia." Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.
I: Demikianlah Injil Tuhan.
U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Marilah berdoa kepada Allah Bapa kita dengan pengantaraan Yesus, yang telah mengundang kita untuk menjadi pengikut-pengikut-Nya.

L. Bagi para petugas gereja. Ya Bapa, dampingilah para petugas gereja, agar memelopori kami sebagai pengikut Yesus yang tulus dengan menyangkal diri dan memanggul salib. Marilah kita mohon...
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi para pejabat pemerintahan. Ya Bapa, doronglah para pejabat pemerintahan, agar segala usaha mereka berlandaskan semangat pengorbanan dan pelayanan. Marilah kita mohon....
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi para penderita. Ya Bapa, semoga ajakan Kristus untuk mengikuti-Nya dengan menyangkal diri dan memanggul salib merupakan hiburan yang melegakan. Marilah kita mohon....
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi kita semua disini. Ya Bapa, bimbinglah agar hidup kami sesuai dengan sabda yang kami dengar daripada-Mu. Marilah kita mohon....
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

I. Allah Bapa yang mahakuasa dan kekal, kami mohon Kaubimbing dan Kau kuasai kami sebagaimana para nabi. Bila kami merasa lesu, dan tak mampu. Perkenankanlah kami dijiwai oleh kesaksian Yesus Kristus, Putra-Mu Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin.


LITURGI EKARISTI


A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN


LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa yang mahabaik, semoga persembahan suci ini mendatangkan berkat dan penyelamatan bagi kami. Demikian pula semoga kehadiran-Mu dalam perayaan ini membawa pengaruh nyata dalam hidup kami. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin.

B. DOA SYUKUR AGUNG


PREFASI

KUDUS (MB 257)

U. Kudus, kudus, kuduslah Tuhan Allah segala kuasa.
Surga dan bumi, surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu.
Terpujilah Engkau di surga, terpujilah Engkau di surga.
Instrumental.
Diberkatilah yang datang, datang dalam nama Tuhan
Terpujilah Engkau di surga, terpujilah Engkau di surga.

DOA SYUKUR AGUNG



C. KOMUNI


BAPA KAMI (MB 144)

DOA DAMAI
I. Penulis Mazmur 62 mengeluh: “Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari-cari engkau. Hatiku haus dan rindu akan Dikau seperti tanah kering dan tandus merindukan air.” Demikian pula kita sering mengeluh. Maka kita mohon damai kepada Kristus: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U. Amin.
I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu

ANAK DOMBA ALLAH (MB 278)

PERSIAPAN KOMUNI

KOMUNI

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa sumber kekuatan, kami telah Kausegarkan dengan santapan surgawi. Semoga santapan cinta kasih ini memperteguh hati kami serta membangkitkan kami untuk mengabdi Engkau dengan melayani saudara-saudara kami. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin.

PENGUMUMAN

RITUS PENUTUP

BERKAT
PENGUTUSAN

LAGU PENUTUP