Hari Minggu Biasa XIV, Sabtu-Minggu, 2 - 3 Juli 2011

HARI MINGGU BIASA XIV
SABTU-MINGGU, 2-3 JULI 2011




Hari ini kita mendengar Yesus yang berdoa, "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Kausembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil."

"Semuanya itu" adalah semua perbuatan yang dilakukan Yesus untuk mendukung kehidupan manusia, kesembuhan dan kebahagiaan manusia. Untuk melakukan "Semuanya itu" demi kebahagiaan manusia, berkali-kali dengan penuh kesadaran Yesus melanggar Hari Sabat, meski Yesus tahu bahwa orang yang melanggar Hari Sabat harus dihukum mati (Kel 31:14). Bagi Yesus lebih penting manusia daripada perintah-perintah Hukum Taurat.

"Orang bijak dan orang pandai" adalah para teolog dan biblis (ahli Taurat) beserta kaum awam Farisi. Mereka tidak peduli masyarakat menderita. Malah mereka menuduh "Yesus menghujat Allah" (Mat 9:3) sebab Yesus mengampuni dosa manusia. Mereka menyatakan Yesus "orang berdosa" karena Yesus makan bersama orang yang tidak baik (Mat 9:10) dan "mereka semua menertawakan Yesus" yang hendak menghidupkan kembali seorang puteri (Mat 9:24). "Mereka semakin berusaha membunuh Yesus karena Ia melanggar hari Sabat" (Yoh 5:18) "Orang kecil", yaitu masyarakat, takjublah mendengar pengajaran Yesus sebab Yesus mengajar dengan wibawa, tidak seperti ahli-ahli Taurat. Melihat sikap Yesus yang memperhatikan dan membantu orang yang menderita, masyarakat mengerti bahwa Kerajaan Allah, yaitu masyarakat yang adil di bumi ini, dibangun dengan melayani dan berbuat kasih seperti dilakukan Yesus bagi mereka.


RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR

SERUAN TOBAT (TPE HAL 23/SYUKUR KEPADAMU TUHAN PS 592)
Percikilah aku, ya Tuhan dengan hisop, maka aku pasti bersih; cucilah aku, tentu aku lebih putih daripada salju.
S. Kasihanilah aku, ya Allah,
U. Menurut belas kasih-Mu yang besar
S. Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus.
U. Seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad. Amin.

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.

KEMULIAAN

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)
I. Allah Bapa yang mahaluhur Engkau datang di tengah-tengah kami dalam diri Putera-Mu bukan dengan pameran kekuatan dan kekuasaan, melainkan sebagai raja damai, lemah lembut, dan rendah hati. Kami mohon datangilah kami agar kami dapat mengangkat pikulan-Mu, selalu lemah lembut dan rendah hati seperti Putera-Mu, serta mewartakan damai-Mu kepada semua orang. Demi Yesus Kristus, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.
U.Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Za 9 : 9 - 10)

"Lihatlah, rajamu datang dengan rendah hati."

L. Pembacaan dari Kitab Zakharia:
Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda. Ia akan melenyapkan kereta-kereta dari Efraim dan kuda-kuda dari Yerusalem; busur perang akan dilenyapkan, dan ia akan memberitakan damai kepada bangsa-bangsa. Wilayah kekuasaannya akan terbentang dari laut sampai ke laut dan dari sungai Efrat sampai ke ujung-ujung bumi.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (PS 837)
Refren: Tuhan rajaku, agunglah nama-Mu. Alam raya dan makhluk-Mu kagum memandang-Mu.
1. Aku hendak mengagungkan Dikau, ya Allah, ya rajaku. Aku hendak memuji nama-Mu untuk selama-lamanya. Setiap hari aku hendak memuji Engkau, dan memuliakan nama-Mu untuk selama-lamanya.
2. Tuhan itu pengasih dan penyayang panjang sabar dan besar kasih setianya. Tuhan itu baik kepada semua orang, penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.

BACAAN II (Rm 8: 9.11 - 13)

"Jikalau kamu mematikan perbuatan nafsumu dengan Roh Allah kamu akan hidup."

L. Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Roma:
Saudara-saudara, kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu. Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging. Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.


Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 963)
Refren. Alleluya, Alleluya. Alleluya, Alleluya.
Ayat. Terpujilah Engkau Bapa, Tuhan langit dan bumi. Sebab misteri kerajaan Kaunyatakan kepada kaum sederhana.

BACAAN INJIL (Mat 11:25-30)

"Aku ini lemah lembut dan rendah hati."

I. Tuhan sertamu
U. Dan sertamu juga
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius
U. Dimuliakanlah Tuhan.
I. Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya. Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."

I: Demikianlah Injil Tuhan.
U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Marilah kita berdoa kepada Allah Bapa dengan perantaraan Yesus Putera-Nya, yang mewahyukan Bapa-Nya, jika kita serupa anak-anak.

L. Bagi para pemimpin Gereja: Semoga Bapa melimpahi para pemimpin Gereja semangat rendah hati dan sederhana, jangan sampai suka membanggakan kemegahan dan kejayaan dalam mewartakan kabar gembira Kristus. Marilah kita mohon...
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi para penderita: Semoga Bapa mendampingi orang-orang yang menderita agar dapat memandang keadaannya sebagai kesempatan untuk menyerupai Kristus Putera-Mu terkasih. Marilah kita mohon...
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi para penanggung jawab dalam masyarakat: Semoga Bapa mencurahkan semangat pengorbanan kepada para penanggung jawab dalam masyarakat kami agar selalu memandang tugas mereka sebagai pelayanan, bukan sebagai kesempatan untuk menonjolkan diri. Marilah kita mohon....
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi kita bersama: Semoga Bapa membimbing kita agar dapat berhenti selalu mendahulukan kepentingan perorangan kami serta memandang orang menurut ukuran kami. Marilah kita mohon....
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

I. Allah Bapa kami yang mahabaik, dalam Injil, Putera-Mu telah mengajak semua yang letih lesu dan berbeban berat untuk datang kepada-Nya, agar dapat disegarkan. Ajarilah kami meletakkan pikulan-Nya di bahu kami, serta menjadi rendah hati dan lemah lembut seperti Dia. Dialah Tuhan dan pengantara kami, kini dan sepanjang segala masa.
U. Amin.


LITURGI EKARISTI


A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN


LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa yang maharahim, semoga roti dan anggur ini menjadi tanda persatuan diantara kami satu sama lain dan dengan Dikau sendiri melalui Putera-Mu. Maka terimalah dengan baik apa yang kami persembahkan dengan rendah hati ini. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin.

B. DOA SYUKUR AGUNG


PREFASI

KUDUS

U. Kudus, kudus, kuduslah Tuhan
Allah segala kuasa,
surga dan bumi, surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu.
Terpujilah Engkau di surga.
Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan.
Terpujilah Engkau di surga.

DOA SYUKUR AGUNG


C. KOMUNI


BAPA KAMI

I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala kemalangan dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami, supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tenteram sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA DAMAI
I. Kristuslah Raja damai, yang memanggil kita mengikuti-Nya dengan memanggul salib. Maka ktia berdoa kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U. Amin.
I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu

ANAK DOMBA ALLAH

PERSIAPAN KOMUNI

KOMUNI

MARI, DATANG PADAKU (PS 422)
1. Mari, datang pada-Ku, kamu yang letih lesu. Kuberikan padamu kelegaan jiwamu.
2. Pikullah kuk dari-Ku, pada-Ku belajarlah: sabar dan lemah lembut, maka hatimu tenang.
3. Mari datanglah cepat hadir dalam pesta-Ku. Makanlah dan minumlah yang tersaji bagimu.
4. T'rima kasih, ya Tuhan, Kaulah yang kurindukan. Kau santapan jiwaku, sumber kekuatanku.

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa di surga bebankanlah kepada kami pikulan cinta kasih dan kelembutan hati, serta bimbinglah kami mengikuti jejak Yesus Putera-Mu, agar dunia mengenal perdamaian yang diharap-harapkan, dan agar manusia mengenal kegembiraan yang lestari. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin.

PENGUMUMAN

RITUS PENUTUP

BERKAT
PENGUTUSAN

LAGU PENUTUP