Sabtu-Minggu, 18-19Juni 2011: Hari Raya Tritunggal Mahakudus

HARI RAYA TRITUNGGAL MAHAKUDUS
SABTU-MINGGU, 18-19 JUNI 2011





RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA (PS 580/MB 484)

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR

SERUAN TOBAT

(TUHAN KASIHANILAH KAMI
PS 355/MB 182)


I. Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Putera Bapa yang diberikan kepada dunia, agar setiap orang yang percaya kepada-Mu tidak binasa, melainkan memiliki hidup abadi.
K. Tuhan, kasihanilah kami.
U. Tuhan, kasihanilah kami.
I. Engkaulah Putera Allah, yang diutus bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.
K. Kristus, kasihanilah kami.
U. Kristus, kasihanilah kami.
I. Engkaulah yang mengutus Roh Kudus, agar kami jangan sampai menjadi anak yatim piatu melainkan dijiwai oleh Roh-Mu.
K. Tuhan, kasihanilah kami.
U. Tuhan, kasihanilah kami, Tuhan, kasihanilah kami.

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, - mengampuni dosa kita, - dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

U. Amin

KEMULIAAN
(PS 356/MB 197)

DOA PEMBUKA

I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)

I. Allah Bapa yang mahakudus, Engkau telah menepati sabda-Mu, agar kami mampu menerima hidup ilahi-Mu, sehingga dapat diangkat menjadi putera dan puteri-Mu, maka Putera-Mu telah menjadi manusia dan mengorbankan diri-Nya, sedangkah Roh-Nya hidup di dalam Gereja serta mengungkapkan cinta kasih yang memenuhi hakekat-Mu. Dengan demikian, percayalah kami bahwa Engkau esa dalam tiga pribadi-Mu. Kami mohon dengan rendah hati, semoga berkat kesatuan Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Gereja-Mu senantiasa merupakan umat Allah yang bersatu padu penuh cinta kasih, dan mampu membawa umat manusia menuju kerukunan sejati berdasarkan cinta kasih ilahi-Mu. Demi Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
U.Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I ( Kel 34: 4 - 6, 6 - 9)

"Engkaulah Tuhan, Allah pengasih dan penyayang, sabar hati dan berlimpah kasih setia-Mu."

L. Pembacaan dari Kitab Keluaran:

Musa memahat dua loh batu sama dengan yang mula-mula; bangunlah ia pagi-pagi dan naiklah ia ke atas gunung Sinai, seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya, dan membawa kedua loh batu itu di tangannya. Turunlah TUHAN dalam awan, lalu berdiri di sana dekat Musa serta menyerukan nama TUHAN. Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: "TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya, Segeralah Musa berlutut ke tanah, lalu sujud menyembah serta berkata: "Jika aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, ya Tuhan, berjalanlah kiranya Tuhan di tengah-tengah kami; sekalipun bangsa ini suatu bangsa yang tegar tengkuk, tetapi ampunilah kesalahan dan dosa kami; ambillah kami menjadi milik-Mu."
Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.


MAZMUR TANGGAPAN
(PS 835)
Refren:
Puji, jiwaku nama Tuhan, jangan lupa pengasih Yahwe.
1. Terpujilah Engkau, Tuhan Allah leluhur kami. Kepada-Mulah pujian selama segala abad. Terpujilah nama-Mu yang mulia dan kudus. Kepada-Mulah pujian selama segala abad.
2. Terpujilah Engkau dalam bait-Mu yang mulia dan kudus. Kepada-Mulah pujian selama segala abad. Terpujilah Engkau di atas tahta kerajaan-Mu. Kepada-Mulah pujian selama segala abad.

BACAAN II (2Kor 13:11 - 13)

"Rahmat Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persatuan Roh Kudus."

L. Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada umat di Korintus:
Saudara-saudaraku, bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Terimalah segala nasihatku! Sehati sepikirlah kamu, dan hiduplah dalam damai sejahtera; maka Allah, sumber kasih dan damai sejahtera akan menyertai kamu! Berilah salam seorang kepada yang lain dengan cium yang kudus. Salam dari semua orang kudus kepada kamu. Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah


BAIT PENGANTAR INJIL
(PS 964)
Refren. Alleluya
Ayat. Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus, kepada Allah yang ada sejak dahulu kini dan sepanjang masa mendatang.

BACAAN INJIL ( Yoh 3 : 16 - 18 )

"Allah mengutus Putera-Nya untuk menyelamatkan dunia."

I. Tuhan sertamu
U. Dan sertamu juga
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes
U. Dimuliakanlah Tuhan.


Begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.


I: Demikianlah Injil Tuhan.
U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Saudara-saudara terkasih, Tuhan memberikan rezeki sehari-hari kepada kita. Alam dihiasi-Nya dengan bunga-bunga di ladang, dan setiap orang dibantu-Nya. Maka marilah kita berdoa kepada-Nya:

L. Bagi Gereja: Semoga segera tibalah saatnya di mana semua kaum beriman bersatu padu dalam damai dan cinta kasih Bapa. Marilah kita mohon...
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi para rohaniwan dan biarawan-biarawati dari paroki kami: Semoga mereka yang didorong oleh Roh Kebenaran mengabdikan diri dalam kesaksian dan pewartaan Injil, diberkati oleh Allah berlimpah-limpah dalam karyanya. Marilah kita mohon....
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi mereka yang bimbang dan ragu-ragu: Semoga Bapa menerangi mereka dengan Roh-Nya, agar berani memercayakan dirinya kepada-Nya. Marilah kita mohon....
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi kita semua di sini: Semoga Bapa membimbing kita, agar dapat berkembang dalam kerendahan hati dan terbuka terhadap misteri-Nya yang agung Tritunggal Mahakudus. Marilah kita mohon....
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

I. Bapa yang mahabaik, dengarkanlah doa-doa kami dengan perantaraan Kristus, Putera-Mu. Dalam Kristus itulah Engkau mendekati kami. Semoga berkat dorongan Roh Kudus, kami menjadi gereja yang giat dan bersemangat. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin.


LITURGI EKARISTI


A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN


LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN (MB 488)

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Tritunggal Mahakudus, berkenanlah menerima dan memberkati roti dan anggur ini, yang kami persembahkan sebagai ungkapan iman dan puji syukur atas segala anugerah-Mu. Semoga seluruh hidup kami merupakan persembahan tetap bagi-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin.

B. DOA SYUKUR AGUNG



PREFASI

KUDUS
(PS 394)
U: Kudus, kudus, kuduslah Tuhan, Tuhan Allah segala kuasa.
Surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu.
Terpujilah Engkau di surga.
Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan, terpujilah Engkau di surga.

DOA SYUKUR AGUNG


C. KOMUNI


BAPA KAMI
(PS 404/MB 142)

I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala kemalangan dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami, supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tenteram sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA DAMAI
I. Rahmat Tuhan Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persatuan Roh Kudus beserta kamu , demikianlah salam damai Rasul Paulus sebagai penutup suratnya. Kita berdoa mohon damai kepada Kristus: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U. Amin.
I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu

ANAK DOMBA ALLAH (PS 415/MB 274)

PERSIAPAN KOMUNI

KOMUNI

PENGUMUMAN

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa yang mahakudus, Engkau telah menerima kurban Putera-Mu dan kurban kami dan kami telah Kausegarkan dengan anugerah santapan suci. Kini kami mohon diri mau kembali ke tengah masyarakat. Ajarilah kami melakukan pekerjaan kami, baik yang besar maupun yang kecil dengan penuh tanggung jawab demi kemuliaan-Mu. Demi Kristus, Putera-Mu, Tuhan, dan pengantara kami.
U. Amin.

RITUS PENUTUP

BERKAT

PENGUTUSAN

LAGU PENUTUP (MB 475)