Hari Raya Hati Yesus yang Mahakudus

HARI RAYA HATI YESUS YANG MAHAKUDUS
JUMAT, 1 JULI 2011





RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA (PS 337)

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR

SERUAN TOBAT

(TUHAN KASIHANILAH KAMI
PS 347)


I. Tuhan Yesus Kristus, Engkau diutus menyembuhkan orang yang remuk redam hatinya.
K. Tuhan, kasihanilah kami.
U. Tuhan, kasihanilah kami.
I. Engkau datang memanggil orang yang berdosa
K. Kristus, kasihanilah kami.
U. Kristus, kasihanilah kami.
I. Engkau duduk di sisi Bapa sebagai pengantara kami.
K. Tuhan, kasihanilah kami.
U. Tuhan, kasihanilah kami

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, - mengampuni dosa kita, - dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

U. Amin

KEMULIAAN
(PS 348)

DOA PEMBUKA


LITURGI SABDA

BACAAN I ( Ul 7 : 6 - 11 )

"Kamulah yang dipilih dan dikasihi Tuhan!"

L. Pembacaan dari Kitab Ulangan:

Sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu; engkaulah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala bangsa di atas muka bumi untuk menjadi umat kesayangan-Nya. Bukan karena lebih banyak jumlahmu dari bangsa manapun juga, maka hati TUHAN terpikat olehmu dan memilih kamu?bukankah kamu ini yang paling kecil dari segala bangsa? tetapi karena TUHAN mengasihi kamu dan memegang sumpah-Nya yang telah diikrarkan-Nya kepada nenek moyangmu, maka TUHAN telah membawa kamu keluar dengan tangan yang kuat dan menebus engkau dari rumah perbudakan, dari tangan Firaun, raja Mesir. Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan, tetapi terhadap diri setiap orang dari mereka yang membenci Dia, Ia melakukan pembalasan dengan membinasakan orang itu. Ia tidak bertangguh terhadap orang yang membenci Dia. Ia langsung mengadakan pembalasan terhadap orang itu. Jadi berpeganglah pada perintah, yakni ketetapan dan peraturan yang kusampaikan kepadamu pada hari ini untuk dilakukan."
Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.


MAZMUR TANGGAPAN
(PS 809)
Refren: Berbelaskasihlah Tuhan dan adil Allah kami adalah rahim.

1. Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku! Pujilah Tuhan, hai jiwaku, janganlah lupa akan segala kebaikan-Nya!
2. Dialah yang mengampuni segala kesalahan-Mu, dan menyembuhkan segala penyakitmu! Dialah yang menebus hidupmu dari liang kubur, dan memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat!

BACAAN II (1 Yoh 4 : 7 - 16)

"Allah mengasihi kamu."

L. Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes:
Saudara-saudaraku yang terkasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya. Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi. Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita. Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya. Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia. Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah


BAIT PENGANTAR INJIL
(PS 951)
Refren. Alleluya, Alleluya, Alleluya
Ayat. Pikullah kuk yang Kupasang, dan belajarlah pada-Ku, karena aku lemah lembut dan rendah hati.

BACAAN INJIL ( Mat 11:25-30 )

"Aku lemah lembut dan rendah hati."

I. Tuhan sertamu
U. Dan sertamu juga
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius
U. Dimuliakanlah Tuhan.


Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya. Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."


I: Demikianlah Injil Tuhan.
U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Marilah berdoa kepada Tuhan kita Yesus Kristus yang telah mengasihi kita dengan sepenuh hati. Marilah kita mengatakan kepada-Nya.

L. Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah mendirikan Gereja untuk menghimpun semua orang yang percaya kepada-Mu dalam persekutuan cinta kasih. Semoga umat beriman saling mengasihi seperti Engkau mengasihi kami. Semoga kami juga percaya satu sama lain, saling mengampuni, dan saling memperhatikan. Kami mohon, ya Tuhan:
U. Jadikanlah hati kami seperti Hati-Mu.

L. Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah mengutus para Rasul untuk mewartakan Injil. Semoga para pewarta Injil mengajarkan cinta kasih Hati-Mu kepada orang-orang yang letih lesu serta memikul beban berat. Kami mohon, ya Tuhan:
U. Jadikanlah hati kami seperti Hati-Mu.

L. Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah mewartakan persahabatan dan kasih-Mu kepada mereka yang terlupakan dan tidak mempunyai sahabat. Semoga kami sebagai murid-murid-Mu membuka hati bagi saudara-saudara kami yang terlupakan dan terkucil dari masyarakat. Kami mohon, ya Tuhan:
U. Jadikanlah hati kami seperti Hati-Mu.

L. Tuhan Yesus Kristus, Engkau mengajak kami belajar pada-Mu, sebab Engkau lemah lembut dan murah hati. Semoga semua orang yang hatinya keras dan tertutup, sombong, serta membenci orang lain Kautarik kepada Hati-Mu. Kami mohon, ya Tuhan:
U. Jadikanlah hati kami seperti Hati-Mu.

L. Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah dibesarkan dalam kemesraan keluarga suci di Nazaret. Semoga Engkau menjadi Raja keluarga-keluarga kami, sehingga kami pun berbagi bersama dalam suka dan duka, serta berupaya terus untuk saling membahagiakan. Kami mohon, ya Tuhan:
U. Jadikanlah hati kami seperti Hati-Mu.

I. Dengarkanlah doa kami, ya Tuhan. Berikanlah kepada kami hati yang baru, hati yang lemah-lembut, seperti hati-Mu yang kami hormati pada hari ini, sehingga kami terbuka bagi sesama dan saling mengasihi Engkau seperti Engkau mengasihi kami, kini dan selama-lamanya.
U. Amin.


LITURGI EKARISTI


A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN


LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN (PS 422)

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

B. DOA SYUKUR AGUNG



PREFASI

KUDUS
(PS 390)
U: Kudus, kudus, kuduslah Tuhan, Allah segala kuasa,
Surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu,
terpujilah Engkau di surga.
Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan,
terpujilah Engkau di surga.

DOA SYUKUR AGUNG


C. KOMUNI


BAPA KAMI


I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

I. Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala kemalangan dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami, supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tenteram sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA DAMAI
I. Demi cinta kasih Yesus telah mempersembahkan kurban pepulih kepada Bapa-Nya, sehingga kita diperdamaikan dengan Bapa di surga. Maka agar cinta kasih hati-Nya jangan sampai sia-sia tak mendapat tanggapan kita, marilah kita berdoa: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U. Amin.
I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu

ANAK DOMBA ALLAH (PS 411)

PERSIAPAN KOMUNI

KOMUNI (PS 561/MB 506)

DOA SESUDAH KOMUNI


RITUS PENUTUP

BERKAT

PENGUTUSAN

LAGU PENUTUP (PS 564)