Sabtu-Minggu, 14-15 Mei 2011 Hari Minggu Paskah IV

HARI MINGGU PANGGILAN


Bapa Suci Benediktus XVI, pada hari Doa Panggilan ke 48 ini, mengajak kita untuk merenungkan tema: Mendorong panggilan dalam Gereja lokal.

Bapa Suci berpesan,
- Kemampuan untuk mendorong panggilan adalah salah satu tanda vitalitas Gereja Lokal.
- Gereja bertanggung-jawab terhadap kelahiran dan perkembangan panggilan-panggilan imamat dan hidup bakti khususnya pada masa kino, ketika suara-suara Tuhan nampak dikalahkan oleh suara-suara lain dan undangan-Nya untuk mengikuti Dia melalui penyerahan hidup nampak selalu sulit.
- Panggilan pelayanan imamat dan hidup bakti pertama-tama adalah buah doa yang senantiasa diangkat kepada "Tuhan si empunya panenan" oleh jemaat-jemaat paroki, oleh keluarga-keluarga Kristiani dan oleh kelompok-kelompok tertentu yang secara khusus membaktikan doa bagi panggilan.
Bapa Suci Benediktus XVI menghimbau, "Semoga para orang tua, para imam, bruder, suster, para katekis dan para pimpinan organisasi Katolik serta gerakan-gerakan gerejani berusaha membimbing kaum muda sedemikian rupa sehingga mereka dapat mengenal dan menanggapi dengan sepenuh hati panggilan-panggilan imamat dan hidup bakti.


RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR

SERUAN TOBAT
I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.
I + U. Saya mengaku kepada Allah yang mahakuasa dan kepada Saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus dan kepada Saudara sekalian, supaya mendoakan saya pada Allah, Tuhan kita.
I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.

TUHAN KASIHANILAH KAMI

KEMULIAAN

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa: Allah Bapa, Gembala Agung kami, betapa besar cinta kasih yang Kautunjukkan kepada kami dalam penderitaan dan penyaliban Putera-Mu terkasih. Engkau telah membangkitkan Dia pula dan menjadikan Dia batu sendi dalam iman kami. Berilah kami keberanian, kesabaran, dan keuletan di dalam menderita dan mengikuti jejak-Nya. Penuhilah kami dengan sukacita dan dengan Roh-Nya. Demi Yesus Kristus, Putera-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.
U.Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Kis 2:14.36-41)

"Ia telah diangkat oleh Allah menjadi Tuhan dan Almasih."

L. Pembacaan dari Kisah Para Rasul:
Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini. Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus." Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: "Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?" Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita." Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh dan ia mengecam dan menasihati mereka, katanya: "Berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini." Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN PS 849
Refren: Tuhanlah gembalaku, tak kan kekurangan aku.
1.Tuhan adalah gembalaku, aku tidak kekurangan: ku dibaringkan-Nya di rumput yang hijau, di dekat air yang tenang. ku dituntun-Nya di jalan yang lurus demi nama-Nya yang kudus.
2. Sekalipun aku harus berjalan di lembah yang kelam, Aku tidak takut akan bahaya, sebab Engkau besertaku; Sungguh tongkat penggembalaan-Mu, itulah yang menghibur aku.
3. Kausiapkan hidangan bagiku di hadapan lawanku, Kauurapi kepalaku dengan minyak, dan pialaku melimpah.
4. Kerelaan yang dari Tuhan dan kemurahan ilahi, mengiringi langkahku selalu sepanjang umur hidupku. Aku akan diam di rumah Tuhan sekarang dan senantiasa

BACAAN II (1Ptr 2:20-25)

"Kamu sudah kembali kepada gembala dan pengasuhmu."

L. Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus:
Saudara-saudara terkasih, jika kamu berbuat baik dan karena itu harus menderita, itu adalah kasih karunia Allah. Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu, dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya. Ia tidak berbuat dosa, dan tipu muslihat pun tidak ada dalam mulut-Nya. Ketika dicaci maki, Ia tidak membalas dengan caci maki. Ketika menderita, Ia tidak mengancam, tetapi menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil. Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilurnya kamu telah disembuhkan. Sebab dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL PS 956
Alleluya, Alleluya, Alleluya
Akulah gembala yang baik! Aku mengenal domba-domba-Ku, dan domba-domba-Ku mengenal Aku.

BACAAN INJIL (Yoh 10:1-10)

"Akulah pintu bagi domba-domba."

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:
Sekali peristiwa Yesus berkata kepada orang-orang Farisi, “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya, siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok. Tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba. Untuk dia penjaga membuka pintu, dan domba-domba mendengarkan suaranya; ia memanggil dombanya, masing-masing menurut namanya, dan menuntunnya keluar. Jika semua domba telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka, dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya. Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal.” Itulah yang dikatakan Yesus dalam perumpamaan kepada mereka, tetapi mereka tidak mengerti apa maksudnya Ia berkata demikian kepada mereka. Maka kata Yesus sekali lagi, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu kepada domba-domba itu. Semua orang yang datang sebelum Aku adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka. Akulah pintu: barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat; ia akan masuk dan keluar, dan menemukan padang rumput. Pencuri datang hanya untuk mencuri, membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.”
I: Demikianlah Injil Tuhan.
U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Putera manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan mempertaruhkan hidup-Nya sebagai tebusan semua orang. Kalau demikian Dialah perantara kita dalam doa kita.

L. Bagi Gereja: Semoga Allah Bapa memberkati umat-Nya agar semakin menggereja, dan rela melakukan karya pelayanan kepada sesama. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi para pemimpin: Semoga Allah Bapa mendampingi para pemimpin agar mengikuti jejak Putera-Nya dan sanggup mengangkat beban orang lain serta berusaha mendekati pribadi masing-masing. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi kaum muda dan kaum dewasa yang masih muda: Semoga Allah Bapa membimbing kaum muda berani melihat kemungkinan untuk mengabdikan diri sepenuhnya di dalam Gereja sebagai imam, bruder, suster atau rasul awam. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi kepentingan paroki kita: Semoga Allah Bapa menguatkan umat-Nya dengan Roh Kudus, sehingga menjadi tanda kehadiran Kristus di tengah masyarakat, dan memberkati usaha kita. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

I. Allah Bapa kami, kami bersyukur Kauperkenankan ikut serta dalam hidup-Mu. Berilah kami kekuatan untuk hidup seperti Putera-Mu, setia juga dalam hal-hal kecil, dan selalu mematuhi kehendak-Mu. Engkau yang hidup dan bertakhta sepanjang segala masa.
U. Amin.

LITURGI EKARISTI

LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa, sumber kebahagiaan, kami mohon semoga kami selalu Kauperkenankan bersyukur kepada-Mu dengan merayakan misteri Paska. Dan semoga karya penebusan mencapai kemajuan hidup kami serta menjadi sumber kebahagiaan. Demi Kristus, pengantara kami.
U. Amin.

DIALOG PEMBUKA

PREFASI


KUDUS

DOA SYUKUR AGUNG

BAPA KAMI

DOA DAMAI
I. Kristuslah gembala baik, yang telah mempertaruhkan hidup-Nya demi keselamatan kita. Maka dengan sepenuh hati kita percayakan diri kita kepada-Nya, agar selalu dibimbing dalam perjalanan: Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan res-tuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U Amin.
I Damai Tuhan bersamamu
U Dan bersama rohmu.

ANAK DOMBA ALLAH

PERSIAPAN KOMUNI

KOMUNI

PENGUMUMAN

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa: Allah Bapa, Gembala Agung yang baik, perhatikanlah semua domba yang mengikuti Engkau. Kamilah domba-domba itu, yang telah ditebus Putra-Mu dengan mengorbankan darah-Nya. Antarlah dan himpunlah kami ditempat di mana kami dapat menemukan rezeki bagi kehidupan kekal. Demi Kristus, pengantara kami. Amin.
U. Amin.

RITUS PENUTUP

BERKAT
I. Tuhan sertamu
U. Dan sertamu juga
I. Semoga Saudara sekalian dilindungi, dibimbing, dan diberkati oleh Allah yang mahakuasa; Bapa dan Putra dan Roh Kudus.
U. Amin.

PENGUTUSAN

I. Saudara sekalian, Perayaan Ekaristi sudah selesai. alleluya, alleluya.
U. Syukur kepada Allah, alleluya, alleluya.
I. Marilah pergi! Kita diutus,
U. Amin.

LAGU SYUKUR