Perayaan Ekaristi: 28-29 Mei 2011 - Hari Minggu Paskah VI

  • Hari ini Yesus bersabda,"Dunia tak dapat melihat dan tak dapat menerima Roh Kebenaran." "Roh" adalah daya kasih Allah yang merangkul setiap manusia. Dalam Injil Yohanes ada "Kebenaran" tentang Allah, yaitu "Allah adalah kasih yang menjadi pelayan manusia (seperti nampak dalam diri Yesus yang membasuh kaki murid-murid-Nya). Dan ada "Kebenaran" tentang manusia, yaitu bahwa "setiap manusia terpanggil menikmati kemesraan Bapa sebagai anak-Nya." (Yoh 1:12) ("Kebenaran" bukanlah sejumlah doktrin atau ajaran dan dogma atau yang harus dianuti.) Jadi: 'Roh Kebenaran' adalah daya kasih Allah bagi setiap manusia, apa pun sikap hidupnya.
  • Kenapa "Dunia tak dapat melihat dan tak dpaat menerima Roh Kebenaran, sedangkan dapat dilihat dan dikenal oleh murid-murid Yesus?" Murid-murid Yesus mengenal Roh Kebenaran sebab bersama Yesus dan seperti Yesus, mereka menerapkan logika cinta kasih yang terwujud dalam perbuatan pelayanan: Daripada mengejar harta, mereka memilih berbagi apa yang mereka miliki untuk mengurangi penderitaan manusia. Daripada mengejar gengsi, mereka memilih menjadi yang terkecil. Daripada berkuasa, mereka memilih menjadi pelayan semua orang." Maka kata-kata Yesus kepada murid-murid-nya "jika kalian hidup begini, maka Roh Kebenaran sudah hidup dalam dirimu dan Ia menyertai kalian".
  • Dunia, dalam Injil Yohanes, bukanlah alam semesta atau umat manusia. Dunia berarti: mengejar harta, gengsi, dan kuasa demi keuntungan pribadi melulu. Maka, jika orang mengikuti logika egoisme dan kepuasan diri, ia tak dapat melihat, yaitu, ia tak dapat mengalami Roh Kebenaran, sebab ia menutup mata dan hatinya untuk penderitaan sesama.

RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR

SERUAN TOBAT (TUHAN KASIHANILAH KAMI)

I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa, supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.

I. Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah pewarta dan pelaksana cinta kasih kepada Allah dan kepada sesama.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami
I. Engkaulah yang menanamkan cinta kasih di hati kami, agar kami mematuhi perintah-perintah-Mu demi cinta kasih.
K. Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami
I. Engkaulah tak mau meninggalkan kami seperti anak yatim piatu, maka mengutus Roh cinta kasih kepada kami.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, - mengampuni dosa kita, - dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin

KEMULIAAN

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)

I. Allah Bapa kami yang maha pengasih, pandanglah umat-Mu yang berhimpun atas nama Yesus. Kami mohon, agar Roh Kudus, Roh cinta kasih-Mu, mengajar kami dan mengingatkan kami akan semua ajaran cinta kasih Yesus. Maka kami akan menjalankan perintah-perintah-Mu dan satu sama lain mewujudkan cinta kasih, kedamaian, dan kegembiraan. Demi Yesus Kristus, Putera-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.
U.Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Kis 8:5-8.14-17)

"Mereka ditumpangi tangan oleh Petrus dan Yohanes dan menerima Roh Kudus."

L. Pembacaan dari Kisah Para Rasul:
Waktu terjadi penganiayaan terhadap jemaat di Yerusalem, Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ. Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu. Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan. Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu. Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ. Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus. Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus.

Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN PS 822
Refren: Pujilah Allah Alleluya, Alleluya
1. Bersorak-sorailah bagi Allah, hai seluruh bumi!
Mazmurkanlah kemuliaan nama-Nya,
muliakanlah Dia dengan puji-pujian!
Katakanlah kepada Allah,
"Betapa dahsyat segala pekerjaan-Mu.
2. Seluruh bumi sujud menyembah kepada-Mu
dan bermazmur bagi-Mu
Seluruh bumi memazmurkan nama-Mu
Pergilah dan lihatlah karya-karya Allah;
Ia dahsyat dalam perbuatan-Nya terhadap manusia.

BACAAN II (1Ptr 3:15-18)

"Ia dibunuh sebagai manusia, tetapi dibangkitkan menurut Roh."

L. Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus:
Saudara-saudara terkasih, kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat, dan dengan hati nurani yang murni, supaya mereka, yang memfitnah kamu karena hidupmu yang saleh dalam Kristus, menjadi malu karena fitnahan mereka itu. Sebab lebih baik menderita karena berbuat baik, jika hal itu dikehendaki Allah, dari pada menderita karena berbuat jahat. Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL PS 963
Alleluya, Alleluya, Alleluya, Alleluya
Siapa yang mengasihi Aku akan hidup menurut sabda-Ku. Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya

BACAAN INJIL (Yoh 14:15-21)

"Aku akan minta kepada Bapa dan Ia akan memberikan seorang Penolong lain kepadamu."

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Pada perjamuan malam terakhir Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup. Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya."

I: Demikianlah Injil Tuhan.
U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Sesuai dengan sabda Tuhan yang menghendaki supaya kita mengasihi sesama, marilah kita berdoa dalam persatuan dengan Yesus, Tuhan kita dengan berdoa:
U. Berikanlah Roh-Mu kepada kami, ya Tuhan.

L. Semoga Roh kekuatan diberikan kepada semua orang yang harus memberi kesaksian tentang harapan yang hidup dalam hati kami. Marilah berdoa kepada Tuhan:
U. Berikanlah Roh-Mu kepada kami, ya Tuhan.

L. Semoga Roh kekuatan diberikan kepada semua orang yang dianiaya karena setia kepada suara hati mereka, serta membela kejujuran. Marilah berdoa kepada Tuhan:
U. Berikanlah Roh-Mu kepada kami, ya Tuhan.

L. Semoga Roh terang diberikan kepada mereka yang belum mengenal Tuhan dan kepada mereka yang belum setia mengikuti-Nya. Marilah berdoa kepada Tuhan:
U. Berikanlah Roh-Mu kepada kami, ya Tuhan.

L. Semoga Roh cinta kasih diberikan kepada mereka yang ingin tumbuh dalam kasih kepada Allah dan sesama manusia. Marilah berdoa kepada Tuhan:
U. Berikanlah Roh-Mu kepada kami, ya Tuhan.

I. Tuhan Yesus Kristus, curahkanlah dengan murah hati Roh Kudus-Mu atas dunia kami serta Gereja kami. Semoga Roh Kudus menuntun kami untuk maju terus dengan penuh harapan, dan menolong kami untuk membangun masa depan kami bersama dengan Dikau. Sebab Engkaulah Tuhan kami untuk selama-lamanya.
U. Amin.
LITURGI EKARISTI

A. PERSIAPAN PERSEMBAHAN


LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN


DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa yang mahakudus, terimalah persembahan ini dan naungilah dengan Roh Kudus, agar kami dapat ikut serta dalam hidup Yesus, Tuhan yang telah bangkit, dan kini bertahta sepanjang segala masa.
U. Amin.
B. DOA SYUKUR AGUNG

PREFASI

KUDUS


DOA SYUKUR AGUNG


C. KOMUNI


BAPA KAMI

I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

I. Ya Bapa, ......... sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.


DOA DAMAI

I. Yesus bersabda, “Damai Kutinggalkan bagimu, damai-Ku yang Kuberikan kepadamu. Damai yang Kuberikan bukan seperti yang diberikan dunia. Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U. Amin.
I. Damai Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu

ANAK DOMBA ALLAH

PERSIAPAN KOMUNI


KOMUNI


PENGUMUMAN


DOA SESUDAH KOMUNI

I. Marilah kita berdoa
I. Allah Bapa kami di surga, dalam ekaristi kami kenangkan dengan rasa syukur Putera-Mu yang telah wafat karena dosa-dosa kami, dan bahwa Ia kemudian Kaubangkitkan dalam alam maut. Janganlah kami Kautinggalkan kesepian. Maka, utuslah kiranya Roh Kudus-Mu, Roh cinta kasih, agar kami dapat menepati perintah-Mu dan menghasilkan buah yang tetap. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin.

RITUS PENUTUP

BERKAT
I. Tuhan sertamu
U. Dan sertamu juga
I. Semoga karena kebangkitan Sang Putra Tunggal, Allah menganugerahkan rahmat penebusan dan berkat kepada Saudara yang telah diangkat menjadi anak-Nya.
U. Amin.
I. Semoga Saudara ikut menikmati kebahagiaan abadi bersama dengan Kristus yang telah menebus dan membebaskan saudara.
U. Amin.
I. Saudara telah dibangkitkan lewat pembaptisan, semoga setelah mengamalkan hidup yang benar di dunia ini, Saudara disambut Kristus di tanah air surgawi.
U. Amin.
I. Semoga Saudara sekalian dilindungi, dibimbing, dan diberkati oleh Allah yang mahakuasa; Bapa dan Putra dan Roh Kudus.
U. Amin.

PENGUTUSAN


I. Saudara sekalian, Perayaan Ekaristi sudah selesai. alleluya, alleluya.
U. Syukur kepada Allah, alleluya, alleluya.
I. Marilah pergi! Kita diutus,
U. Amin.


LAGU SYUKUR