NOVENA SANTO ANTONIUS V: Bersama St. Fransiskus Assisi: Menghayati Injil Secara Penuh

NOVENA SANTO ANTONIUS
Gereja St Antonius
Senin, 16 Mei 2011


DIDOAKAN SEBELUM MISA

Litani Santo Antonius


Doa yang indah kepada Santo Antonius





RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR
I. Saudara-saudara terkasih, kita memulai Novena ketiga menyongsong perayaan 95 tahun Gereja kita dan pesta Santo Antonius, pelindung paroki kita. Tema Novena kita tahun ini bertemakan: Iman yang mendalam dan tangguh. Untuk merenungkan tema tersebut kita hari ini memandang figur Santo Fransiskus Assisi, seorang suci yang menghayati Injil secara penuh. Santo Fransiskus Assisi berpengaruh besar dalam Gereja. Banyak pengikut yang tertarik oleh gaya hidupnya yang sederhana dan rendah hati. Hidupnya yang miskin, gembira, penuh cinta kasih dan dekat dengan Tuhan, sesama, dan alam semesta memberi inspirasi bagi banyak orang untuk menjadi pengikutnya baik dengan menjadi anggota berbagai macam tarekat religius maupun sebagai awam biasa.

SERUAN TOBAT
I. Saudara-saudari, marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.
I + U. Saya mengaku kepada Allah yang mahakuasa dan kepada Saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus dan kepada Saudara sekalian, supaya mendoakan saya pada Allah, Tuhan kita.
I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.


TUHAN KASIHANILAH KAMI


KEMULIAAN

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa, Pembela kaum fakir miskin, Santo Fransiskus menjadi miskin dan hina dina seperti Kristus sendiri. Semoga kami mengikuti jejak langkahnya dan dengan gembira mengabdi Putra-Mu, supaya kami tetap bersatu dengan Dikau dan bersukaria dalam cinta kasih-Mu. Demi Yesus Kristus, Tuhan, dan pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.
U.Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Gal 6:14-18)


"Pada tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus."


L. Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Galatia:
Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia. Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya. Dan semua orang, yang memberi dirinya dipimpin oleh patokan ini, turunlah kiranya damai sejahtera dan rahmat atas mereka dan atas Israel milik Allah. Selanjutnya janganlah ada orang yang menyusahkan aku, karena pada tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus. Kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus menyertai roh kamu, saudara-saudara! Amin.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN PS 849
Refren: Tuhanlah gembalaku, takkan kekurangan aku.
Mazmur:

1. Tuhan adalah gembalaku, aku tidak kekurangan. Ku dibaringkannya ke rumput yang hijau. Di dekat air yang tenang. Ku dituntunnya di jalan yang lurus demi nama-Nya yang kudus.
2. Sekalipun aku harus berjalan, di lembah yang kelam. Aku tidak takut akan bahaya, sebab Engkau besertaku. Sungguh tongkat penggembalaan-Mu, itulah yang menghibur aku.


BAIT PENGANTAR INJIL PS 951
Alleluya, Alleluya, Alleluya
Pola lagu: 5... 4 3 2 3 | 3 43 2 ||
Pikullah kuk yang Kupasang, dan belajarlah pada-Ku, karena aku lemah lembut dan rendah hati.

BACAAN INJIL (Mat 10:34-39)



Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:
Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya. Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."
I: Demikianlah Injil Tuhan.
U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Allah Bapa yang mahakuasa, kami bersyukur kepada-Mu atas teladan suci Santo Fransiskus Assisi yang miskin dan rendah hati dan menghayati Injil-Mu secara penuh. Perkenankanlah kami memanjatkan doa-doa kami di hadapan-Mu.

L. Bagi Bapa Suci, para Uskup, imam dan biarawan-biarawati yang menjalani panggilan mereka yang khusus: Semoga Kauanugerahi kesehatan dan kesejahteraan serta kehidupan yang tulus ikhlas untuk menjalankan Injil-Mu. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan

L. Bagi keluarga-keluarga Kristiani: Semoga mampu mengatasi segala kesulitan yang melanda kerukunan, tekun menghadapi tantangan dan tetap setia pada janji pernikahan. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan

L. Bagi generasi muda: Semoga terbua dan peka terhadap panggilan Tuhan. Juga seandainya mereka terpanggil menjadi imam, bruder, dan suster, ada kesediaan hati untuk mengikuti Engkau yang mengetuk hati nurani. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan

L. Bagi kami umat Paroki Santo Antonius Purbayan dan semua yang hadir dalam Perayaan Ekaristi ini: Semoga Engkau berkenan memberkati dan memberikan anugerah yang kami dambakan. Utuslah Roh Kudus-Mu agar dengan iman yang semakin mendalam dan tangguh kami dapat berperan aktif dalam mengembangkan tata hidup baru berdasarkan semangat Injil dalam hidup sehari-hari di tengah masyarakat kami. Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Marilah kita hening sejenak untuk memanjatkan doa-doa dan intensi masing-masing dalam hati kita. (hening sejenak)
Marilah kita mohon:
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

I. Ya Tuhan, terimalah doa-doa yang kami panjatkan kepada-Mu dengan rendah hati. Perhatikanlah kerinduan-kerinduan dalam hati kami dan kabulkanlah segala permohonan kami dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

LITURGI EKARISTI

LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa yang maharahim, Santo Fransiskus dengan semangat menyatukan diri dengan Kristus di salib. Semoga berkat persembahan ini kami pun sanggup menghayati penderitaan dan kebangkitan Kristus, Putra-Mu dan pengantara kami.
U. Amin

DIALOG PEMBUKA

PREFASI

KUDUS

DOA SYUKUR AGUNG

BAPA KAMI

I. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

I. Ya Bapa, ......... sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA DAMAI
I Kristuslah pangkal damai dan keselamatan kita. Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U Amin.
I Damai Tuhan besertamu
U Dan sertamu juga

ANAK DOMBA ALLAH

PERSIAPAN KOMUNI

KOMUNI

DOA KEPADA SANTO ANTONIUS
I. Marilah kita berdoa bersama
I+U.St Antonius, Penolong orang-orang yang ada dalam kesusahan, dan sahabat serta pelindung kami yang istimewa. Padda saat kami mempunyai kebutuhan penting seperti sekarang ini, dengan penuh kepercayaan kami menghadap engkau. Dalam kebaikan hatimu yang melimpah engkau telah mendengarkan dan mengantarkan permohonan-permohonan banyak orang yang datang menghadapmu kepada Allah. Doamu dihaadapan takhta Allah ternyata sedemikian besar dayanya, sehingga Allah memberikan anugerah-anugerah yang kumohonkan kepada-Nya bagi mereka. Meski kami tidak pantas, karena dosa-dosa dan kekurangan-kekurangan kami, berkenanlah kiranya mendengarkan permohonan kami yang kami sampaikan kepadamu ini. Perhatikanlah tekad kami untuk memuliakan Allah dan mengusahakan keselamatan serta kesejahteraan hidup kami dan sesama kami. Kami mohon kepadamu agar engkau mendapatkan bagi kami anugerah yang kami butuhkan saat ini, yaitu...........(sebutkan dalam batin anugerah yang dimohon), St Antonius perhatikanlah doa kami dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Amin.


LAGU SYUKUR: BANGKIT BERGERAK II (Lagu ARDAS KAS 2011 - 2015)

1. Bangkit bergeraklah semua
maju mengembangkan habitus baru.
Mengawal Arah Dasar kita,
hayati smangatnya dalam derap langkah nyata.
2. Curahkan perhatian kita
meningkatkan daya signifikansi,
serta relevansi Gereja,
jadilah Umat Allah bermakna dan berguna.
3. Optimalkan peranan awam,
terpadu serta berkesinambungan
beriman yang memasyarakat,
peduli KLMTD, lestarikan alam
4. Karya pastoral yang sinergis:
cerdaskan dan berdayakan karisma,
awam, religius, dan imam
berkerjasama dalam semangat kemitraan.

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa
I. Allah Bapa, sumber cinta kasih, semoga berkat santapan suci yang kami sambut, kami mengikuti cinta Santo Fransiskus dan semangat kerasulannya. Perkenankanlah kami menikmati kasih sayang-Mu dan menyebarluaskannya untuk keselamatan sesama. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin

RITUS PENUTUP

BERKAT

I. Tuhan sertamu
U. Dan sertamu juga

I. Semoga karena perayaan meriah Paska ini, Allah yang mahakuasa dan maharahim melindungi saudara terhadap segala dosa.
U. Amin.

I. Semoga karena kebangkitan Putra-Nya yang tunggal, Allah menganugerahkan kepada saudara, hidup abadi yang sempurna.
U. Amin.

I. Semoga karena bimbingan Yesus Kristus yang jaya, dengan hati riang gembira saudara sampai pada perayaan Paska abadi di surga.
U. Amin.

I. Semoga saudara sekalian selalu dibimbing, dilindungi, dan diberkati oleh Allah yang mahakuasa, Bapa, Putra, dan Roh Kudus.
U. Amin.

PENGUTUSAN

I. Perayaan Ekaristi sudah selesai, Alleluya, Alleluya.
U. Syukur kepada Allah, Alleluya, Alleluya.

I. Marilah pergi! Kita diutus
U. Amin.

LAGU PENUTUP