NOVENA SANTO ANTONIUS IV: Bersama St. Yohanes Fisher: Pembela dan Saksi Kebenaran yang tak kenal takut

NOVENA SANTO ANTONIUS
Gereja St Antonius
Senin, 9 Mei 2011


DIDOAKAN SEBELUM MISA

Litani Santo Antonius


Doa yang indah kepada Santo Antonius





RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR
I. Saudara-saudara terkasih, kita memulai Novena ketiga menyongsong perayaan 95 tahun Gereja kita dan pesta Santo Antonius, pelindung paroki kita. Tema Novena kita tahun ini bertemakan: Iman yang mendalam dan tangguh. Untuk merenungkan tema tersebut kita hari ini memandang keteladanan Santo Yohanes Fisher, Pembela dan saksi kebenaran yang tak kenal takut. Dia seorang doktor leologi, seorang uskup dan martir yang dengan gigih membela kesatuan Gereja Roma Katolik dan mempertahankan primat Paus sebagai Pemimpin Tertinggi Gereja, sewaktu Raja Inggris Henry VIII memimpin Gereja Inggris memisahkan diri dari Gereja Katolik Roma dan mendirikan Gereja Anglikan, pada abad 16. Dengan berani dia menghadapi penguasa Raja dan pemimpin-pemimpin Gereja yang berpihak pada Raja, dengan memberikan hidupnya sebagai martir

SERUAN TOBAT

TUHAN KASIHANILAH KAMI


KEMULIAAN

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa sumber kekuatan iman. Iman sejati mencapai puncaknya dalam kemartiran. Kuatkanlah kami umat-Mu dengan doa Santo Yohanes Fisher. Semoga iman yang kami akui dengan lidah, kami hayati dalam hidup sehari-hari, dan kami buktikan dalam kata dan kerja kami. Demi Yesus Kristus, Tuhan, dan pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.
U.Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (1 Ptr 4:12-19)

"Menderita sebagai orang Kristen."

L. Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus:
Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu. Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya. Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu. Janganlah ada di antara kamu yang harus menderita sebagai pembunuh atau pencuri atau penjahat, atau pengacau. Tetapi, jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu. Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah? Dan jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdosa? Karena itu baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN

BAIT PENGANTAR INJIL

BACAAN INJIL (Mat 10:34-39)

"Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang."

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:
Pada suatu hari Yesus bersabda kepada keduabelas murid-Nya, "Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang. Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya, dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya. Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku. Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.
I: Demikianlah Injil Tuhan.
U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT

LITURGI EKARISTI

LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa yang mahakudus, terimalah persembahan umat-Mu pada peringatan martir-Mu yang kudus Santo Yohanes Fisher. Semoga kami hamba-Mu ini berkat doa dan teladannya, berani memberikan kesaksian tentang nama-Mu tanpa gentar. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin

DIALOG PEMBUKA

PREFASI

KUDUS

DOA SYUKUR AGUNG

BAPA KAMI

DOA DAMAI
I Tuhan Yesus Kristus, Engkau bersabda kepada para rasul, "Damai Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu. Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U Amin.
I Damai Tuhan bersamamu
U Dan bersama rohmu.

ANAK DOMBA ALLAH

PERSIAPAN KOMUNI

KOMUNI

DOA KEPADA SANTO ANTONIUS
I. Marilah kita berdoa bersama
I+U.St Antonius, Penolong orang-orang yang ada dalam kesusahan, dan sahabat serta pelindung kami yang istimewa. Padda saat kami mempunyai kebutuhan penting seperti sekarang ini, dengan penuh kepercayaan kami menghadap engkau. Dalam kebaikan hatimu yang melimpah engkau telah mendengarkan dan mengantarkan permohonan-permohonan banyak orang yang datang menghadapmu kepada Allah. Doamu dihaadapan takhta Allah ternyata sedemikian besar dayanya, sehingga Allah memberikan anugerah-anugerah yang kumohonkan kepada-Nya bagi mereka. Meski kami tidak pantas, karena dosa-dosa dan kekurangan-kekurangan kami, berkenanlah kiranya mendengarkan permohonan kami yang kami sampaikan kepadamu ini. Perhatikanlah tekad kami untuk memuliakan Allah dan mengusahakan keselamatan serta kesejahteraan hidup kami dan sesama kami. Kami mohon kepadamu agar engkau mendapatkan bagi kami anugerah yang kami butuhkan saat ini, yaitu...........(sebutkan dalam batin anugerah yang dimohon), St Antonius perhatikanlah doa kami dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Amin.


LAGU SYUKUR: BANGKIT BERGERAK II (Lagu ARDAS KAS 2011 - 2015)

1. Bangkit bergeraklah semua
maju mengembangkan habitus baru.
Mengawal Arah Dasar kita,
hayati smangatnya dalam derap langkah nyata.
2. Curahkan perhatian kita
meningkatkan daya signifikansi,
serta relevansi Gereja,
jadilah Umat Allah bermakna dan berguna.
3. Optimalkan peranan awam,
terpadu serta berkesinambungan
beriman yang memasyarakat,
peduli KLMTD, lestarikan alam
4. Karya pastoral yang sinergis:
cerdaskan dan berdayakan karisma,
awam, religius, dan imam
berkerjasama dalam semangat kemitraan.

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa
I. Allah Bapa, Raja maha jaya. Kejayaan salib Kau tunjukkan dalam hidup martir-Mu Santo Yohanes Fisher. Semoga kami dikuatkan oleh kurban perjamuan ini, sehingga berpegang teguh pada Kristus dan bekerja giat di tengah umat bagi keselamatan sesama. Dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami.
U. Amin

RITUS PENUTUP

BERKAT

I. Tuhan sertamu
U. Dan sertamu juga

I. Semoga karena perayaan meriah Paska ini, Allah yang mahakuasa dan maharahim melindungi saudara terhadap segala dosa.
U. Amin.

I. Semoga karena kebangkitan Putra-Nya yang tunggal, Allah menganugerahkan kepada saudara, hidup abadi yang sempurna.
U. Amin.

I. Semoga karena bimbingan Yesus Kristus yang jaya, dengan hati riang gembira saudara sampai pada perayaan Paska abadi di surga.
U. Amin.

I. Semoga saudara sekalian selalu dibimbing, dilindungi, dan diberkati oleh Allah yang mahakuasa, Bapa, Putra, dan Roh Kudus.
U. Amin.

PENGUTUSAN

I. Perayaan Ekaristi sudah selesai, Alleluya, Alleluya.
U. Syukur kepada Allah, Alleluya, Alleluya.

I. Marilah pergi! Kita diutus
U. Amin.

LAGU PENUTUP


*Mazmur Tanggapan dan Bait Pengantar Injil dapat menggunakan lagu berikut:
MAZMUR TANGGAPAN PS 823
Refren. Pujilah puji Allah, Tuhan yang maharahim
1. Pujilah Tuhan hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku. Pujilah Tuhan, hai jiwaku, janganlah lupa akan kebaikan-Nya.
3. Setinggi langit dari bumi, demikianlah besarnya kasih setia Tuhan atas orang-orang yang takwa kepada-Nya! Sejauh timur dari barat, demikianlah pelanggaran-pelanggaran kita dibuang-Nya.

BAIT PENGANTAR INJIL PS 959
Alleluya, Alleluya, Alleluya
Kristus pencipta semesta alam telah bangkit, Ia mengasihi umat manusia