NOVENA SANTO ANTONIUS III: Bersama St Agustinus Menjadi Pencari Kebenaran yang Tak Kenal Lelah

NOVENA SANTO ANTONIUS
Gereja St Antonius
Senin, 2 Mei 2011


DIDOAKAN SEBELUM MISA

Litani Santo Antonius


Doa yang indah kepada Santo Antonius





RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR
I. Saudara-saudara terkasih, kita memulai Novena ketiga menyongsong perayaan 95 tahun Gereja kita dan pesta Santo Antonius, pelindung paroki kita. Novena kita bertemakan: Iman yang mendalam dan tangguh. Tema ini adalah salah satu fokus perhatian dari ARAH DASAR (ARDAS) Keuskupan Agung Semarang tahun 2011-2015. Dalam penyadaran dan pemahaman akan iman yang mendalam dan tangguh, pada Novena ketiga ini kita akan merenungkan dan bercermin pada Santo Agustinus Pencari Kebenaran yang tak kenal lelah. Santo Agustinus yang lahir di Tagaste, Afrika Utara pada tahun 354 pada masa mudanya buruk dan tak menentu. Ia mengikuti segala hawa nafsunya dan menganut bermacam ragam aliran falsafah hidup. Berkat doa ibunya, Santa Monika, ia bertobat dan menjadi seorang pencari kebenaran yang tak kenal lelah, yang akhirnya dia temukan dengan mendalami Sabda Tuhan. Ia menjadi imam dan uskup dengan pemikiran-pemikiran yang cerdas dan tulisan-tulisan yang mendalam. Ia seorang pujangga Gereja yang mempunyai pengaruh besar sampai saat ini.

SERUAN TOBAT DAN TUHAN KASIHANILAH KAMI

I. Agar layak dalam kita merayakan Ekaristi ini marilah hening sejenak mempersiapkan hati dengan menyesali segala dosa dan kesalahan kita serta mohon belas kasih serta pengampunan kepada Tuhan.

I. Tuhan Yesus Kristus, Santo Agustinus telah menjalani hidup penuh kesesatan namun Allah telah menuntun dia ke dalam pertobatan menuju jalan kebenaran. Kami pun ingin bertobat dari kesesatan kami.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.

I. Engkau menghendaki agar semua orang mengalami keselamatan dengan bertobat dari segala dosa. Kami pun ingin bertobat dari dosa-dosa kami.
K. Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami.

I. Engkau menghendaki agar kami pun sebagaimana Santo Agustinus mencari kebenaran hidup pada ALlah yang menyelamatkan.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, - mengampuni dosa kita, - dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin

KEMULIAAN

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa cahaya kebenaran, baharuilah kiranya di dalam Gereja-Mu semangat yang Kaucurahkan dalam diri Santo Agustinus. Semoga kami merindukan Dikau, sumber kebijaksanaan sejati, dan mencari Engkau asal segala cinta ilahi. Demi Yesus Kristus, Tuhan, dan pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.
U.Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (1 Yoh 4:7-16)

"Allah adalah kasih."

L. Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes:
Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya. Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi. Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita. Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya. Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia. Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN

BAIT PENGANTAR INJIL

BACAAN INJIL (Mat 23:8-12)

"Barangsiapa terbesar diantara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanku."

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:
Tetapi kamu, janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara. Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga. Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias. Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.
I: Demikianlah Injil Tuhan.
U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Allah Bapa yang mahakuasa, kami bersyukur kepadamu atas seorang suci Santo Agustinus, uskup-Mu yang tekun dan setia mencari kebenaran. Kami bersyukur atas penyertaan-Mu dalam perjalanan 95 tahun Gereja kami. Perkenankanlah kami memanjatkan doa-doa kami di hadapan-Mu.

L. Bagi para pemimpin masyarakat, bangsa dan negara. Semoga Kauanugerahi kesehatan dan kekuatan, kecerdasan, dan kearifan untuk memimpin masyarakat, bangsa, dan negara kami sehingga seluruh rakyat merasa dilindungi, diperhatikan kepentingan-kepentingannya dan dikembangkan kesejahteraannya. Marilah kita mohon
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi para cerdik cendekiawan. Semoga dengan menggeluti dan mendalami ilmu dan pengetahuan mereka semakin mampu merasakan keajaiban dan keagungan-Mu yang nampak dalam alam semesta. Marilah kita mohon
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi generasi muda. Semoga Engkau mengetuk hati nurani mereka agar tidak mengikuti ajaran-ajaran dan praktek kehidupan yang menyesatkan dan mencelakakan tetapi mencari jalan kebenaran yang menuntun kepada kehidupan sejati yang membahagiakan. Marilah kita mohon
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi kami umat Paroki Santo Antonius Purbayan dan semua yang hadir dalam Perayaan Ekaristi ini. Utuslah Roh Kudus-Mu agar dengan iman yang semakin mendalam dan tangguh kami dapat berperan aktif dalam mengembangkan habitus dan tata hidup baru berdasarkan semangat Injil di tengah masyarakat kami. Marilah kita mohon
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Marilah kita hening sejenak untuk memohon doa-doa intensi kita masing-masing.


Marilah kita mohon
U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

I. Ya Tuhan, terimalah doa-doa yang kami panjatkan kepada-Mu dengan penuh iman dan pengharapan. Terimalah juga kerinduan-kerinduan dalam hati kami yang tidak sempat kami ungkapkan. Kabulkanlah segala permohonan kami, dengan pengantaraan Kristus, Putra-Mu Tuhan kami. Amin.
U. Amin.

LITURGI EKARISTI

LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa yang mahamurah, dengan sangat kami mohon kebaikan hati-mu, sambil merayakan peristiwa penyelamatan-Mu. Semoga sakramen belas kasih ini menjadi tanda persatuan dan ikatan cinta kasih. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin

DIALOG PEMBUKA

PREFASI

KUDUS

DOA SYUKUR AGUNG

BAPA KAMI

DOA DAMAI
I Tuhan Yesus Kristus, Engkau bersabda kepada para rasul, "Damai Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu. Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U Amin.
I Damai Tuhan bersamamu
U Dan bersama rohmu.

ANAK DOMBA ALLAH

PERSIAPAN KOMUNI

KOMUNI

DOA KEPADA SANTO ANTONIUS
I. Marilah kita berdoa bersama
I+U.St Antonius, Penolong orang-orang yang ada dalam kesusahan, dan sahabat serta pelindung kami yang istimewa. Padda saat kami mempunyai kebutuhan penting seperti sekarang ini, dengan penuh kepercayaan kami menghadap engkau. Dalam kebaikan hatimu yang melimpah engkau telah mendengarkan dan mengantarkan permohonan-permohonan banyak orang yang datang menghadapmu kepada Allah. Doamu dihaadapan takhta Allah ternyata sedemikian besar dayanya, sehingga Allah memberikan anugerah-anugerah yang kumohonkan kepada-Nya bagi mereka. Meski kami tidak pantas, karena dosa-dosa dan kekurangan-kekurangan kami, berkenanlah kiranya mendengarkan permohonan kami yang kami sampaikan kepadamu ini. Perhatikanlah tekad kami untuk memuliakan Allah dan mengusahakan keselamatan serta kesejahteraan hidup kami dan sesama kami. Kami mohon kepadamu agar engkau mendapatkan bagi kami anugerah yang kami butuhkan saat ini, yaitu...........(sebutkan dalam batin anugerah yang dimohon), St Antonius perhatikanlah doa kami dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Amin.


LAGU SYUKUR: BANGKIT BERGERAK II (Lagu ARDAS KAS 2011 - 2015)

1. Bangkit bergeraklah semua
maju mengembangkan habitus baru.
Mengawal Arah Dasar kita,
hayati smangatnya dalam derap langkah nyata.
2. Curahkan perhatian kita
meningkatkan daya signifikansi,
serta relevansi Gereja,
jadilah Umat Allah bermakna dan berguna.
3. Optimalkan peranan awam,
terpadu serta berkesinambungan
beriman yang memasyarakat,
peduli KLMTD, lestarikan alam
4. Karya pastoral yang sinergis:
cerdaskan dan berdayakan karisma,
awam, religius, dan imam
berkerjasama dalam semangat kemitraan.

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa
I. Allah Bapa yang mahakudus, berkat perjamuan suci ini kami bersatu dengan Kristus Putera-Mu. Sucikanlah kiranya kami, sehingga menjadi serupa dengan Dia yang kami sambut dalam perayaan ini. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami, kini dan sepanjang segala masa.
U. Amin

RITUS PENUTUP

BERKAT

I. Tuhan sertamu
U. Dan sertamu juga

I. Semoga karena perayaan meriah Paska ini, Allah yang mahakuasa dan maharahim melindungi saudara terhadap segala dosa.
U. Amin.

I. Semoga karena kebangkitan Putra-Nya yang tunggal, Allah menganugerahkan kepada saudara, hidup abadi yang sempurna.
U. Amin.

I. Semoga karena bimbingan Yesus Kristus yang jaya, dengan hati riang gembira saudara sampai pada perayaan Paska abadi di surga.
U. Amin.

I. Semoga saudara sekalian selalu dibimbing, dilindungi, dan diberkati oleh Allah yang mahakuasa, Bapa, Putra, dan Roh Kudus.
U. Amin.

PENGUTUSAN

I. Perayaan Ekaristi sudah selesai, Alleluya, Alleluya.
U. Syukur kepada Allah, Alleluya, Alleluya.

I. Marilah pergi! Kita diutus
U. Amin.

LAGU PENUTUP