Bulan Liturgi hari ke 4: Madah Kemuliaan (Gloria)

4. Madah Kemuliaan (Gloria)
Sesuai dengan petunjuk Penanggalan Liturgi, dilagukan/diucapkan Madah Kemuliaan.

Kemuliaan kepada Allah di surga, - dan damai di bumi kepada orang - yang berkenan pada-Nya. - Kami memuji Dikau. - Kami meluhurkan Dikau. - Kami menyembah Dikau. - Kami memuliakan Dikau. - Kami bersyukur kepada-Mu, - karena kemuliaan-Mu yang besar. - Ya Tuhan Allah, raja surgawi, - Allah Bapa yang mahakuasa. - Ya Tuhan Yesus Kristus, Putra yang tunggal. - Ya Tuhan Allah, Anak Domba Allah, Putra Bapa. - Engkau yang menghapus dosa dunia, kasihanilah kami. - Engkau yang menghapus dosa dunia, kabulkanlah doa kami. - Engkau yang duduk di sisi Bapa, kasihanilah kami. - Karena hanya Engkaulah kudus. - Hanya Engkaulah Tuhan. - Hanya Engkaulah mahatinggi, ya Yesus Kristus, - bersama dengan Roh Kudus, dalam kemuliaan Allah Bapa. - Amin.

Inti Madah Kemuliaan adalah memuji Allah Bapa dan Anakdomba Allah, serta memohon belaskasihan Tuhan. Madah Kemuliaan adalah madah yang sangat dihormati dari zaman kristen kuno. Madah ini dilagukan oleh jemaat yang berhimpun atas dorongan Roh Kudus. Teks madah ini tidak boleh diganti dengan teks lain. 15 Maka teks-teks saduran hendaknya tidak dipakai.

Kapan dibawakan - Madah Kemuliaan diucapkan/dilagukan untuk memberi warna pesta kepada perayaan ibadat yang dilaksanakan. Maka, Madah Kemuliaan biasanya diucapkan/dilagukan pada hari-hari pesta: Minggu (kecuali Adven dan Prapaskah), hari raya dan pesta serta pada perayaan-perayaan yang setingkat. Pada pesta-pesta ini, Madah Kemuliaan dibawakan langsung sesudah Tuhan Kasihanilah Kami atau sesudah Tobat Cara 3.

Pelaksanaan - Madah Kemuliaan diangkat/dibuka oleh imam atau, lebih cocok, oleh solis atau oleh kor, kemudian dilanjutkan oleh seluruh umat bersama-sama, atau silih berganti antara umat dan kor, atau oleh paduan suara saja. 16 Bisa juga silih berganti antara umat bagian kiri - bagian kanan.
Pendalaman

1. Apa inti Madah Kemuliaan?
2. Bolehkan teks Madah Kemuliaan diganti dengan saduran teks yang ada dalam TPE? Tahukah Anda beberapa contoh saduran Madah Kemuliaan? Sebutkan!
3. Kapan Madah Kemuliaan diucapkan/dilagukan?
4. Bagaimana cara membawakan Madah Kemuliaan?

15 PUMR 53. Teks-teks saduran seperti misalnya teks Kemuliaan Misa Dolo-dolo, Misa Senja, dll. Bertentangan dengan ketentuan PUMR 53. Maka seyogyanya tidak lagi dipakai sebagai Kemuliaan.
16 PUMR 53.



Sumber: Mengenal, Mendalami, Mencintai Ekaristi - Ernest Mariyanto