Bulan Liturgi hari ke 10: Syahadat

10. Syahadat

Pada perayaan Ekaristi hari Minggu dan hari raya, dan juga pada pesta-pesta lain yang meriah biasanya dibawakan Syahadat.

Kita mempunyai dua rumusan syahadat: singkat dan panjang. Syahadat singkat biasa disebut Syahadat Para Rasul; inilah syahadat yang biasa kita daras juga kalau kita berdoa rosario. Syahadat Panjang juga disebut Syahadat Nikea-Konstantinopel, karena syahadat ini dirumuskan dalam Konsili Nikea, dan kemudian disempurnakan dalam Konsili Konstantinopel I (381). Syahadat panjang ini dipakai juga oleh Gereja-Gereja kristen non katolik dengan teks/terjemahan yang agak berbeda. Teks yang biasa kita pakai adalah sbb:

1. Syahadat Nikea Konstantinopel

Aku percaya akan satu Allah, - Bapa yang mahakuasa, - pencipta langit dan bumi, - dan segala sesuatu yang kelihatan - dan tak kelihatan. - Dan akan satu Tuhan Yesus Kristus, - Putra Allah yang tunggal. - Ia lahir dari Bapa sebelum segala abad. - Allah dari Allah, - Terang dari Terang, - Allah benar dari Allah benar. - Ia dilahirkan, bukan dijadikan, - sehakikat dengan Bapa; - segala sesuatu dijadikan oleh-Nya. - Ia turun dari surga - untuk kita manusia - dan untuk keselamatan kita.

Ayat berikut (yang dicetak miring) diucapkan sambil membungkuk.

Ia dikandung dari Roh Kudus - dilahirkan oleh Perawan Maria - dan menjadi manusia.
Ia pun disalibkan untuk kita. - Waktu Pontius Pilatus - Ia menderita sampai wafat dan dimakamkan. - Pada hari ketiga Ia bangkit, - menurut Kitab Suci. - Ia naik ke surga - duduk di sisi Bapa. - Ia akan kembali dengan mulia, - mengadili orang yang hidup dan yang mati; - kerajaan-Nya takkan berakhir. - Aku percaya akan Roh Kudus, - Ia Tuhan yang menghidupkan; - Ia berasal dari Bapa dan Putra. - Yang serta Bapa dan Putra - disembah dan dimuliakan; - Ia bersabda dengan perantaraan para nabi. - Aku percaya akan Gereja - yang satu, kudus, katolik dan apostolik. - Aku mengakui satu pembaptisan - akan penghapusan dosa. - Aku menantikan kebangkitan orang mati - dan hidup di akhirat.

2. Syahadat Para Rasul

Aku percaya akan Allah, - Bapa yang mahakuasa, - pencipta langit dan bumi. - Dan akan Yesus Kristus, - Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita,

Ayat berikut (yang dicetak miring) diucapkan sambil membungkuk. 39

yang dikandung dari Roh Kudus, - dilahirkan oleh Perawan Maria; 40
yang menderita sengsara - dalam pemerintahan Pontius Pilatus - disalibkan, wafat, dan dimakamkan; - yang turun ke tempat penantian - pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati; - yang naik ke surga - duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa; - dari situ Ia akan datang - mengadili orang yang hidup dan yang mati. - Aku percaya akan Roh Kudus, - Gereja katolik yang kudus, - persekutuan para kudus, - pengampunan dosa, - kebangkitan badan, - kehidupan kekal.

Maksud pernyataan iman atau syahadat dalam perayaan Ekaristi ialah agar:

1. seluruh umat yang berhimpun dapat menanggapi sabda Allah yang dimaklumkan dari Alkitab dan dijelaskan dalam homili;
2. dengan melafalkan kebenaran-kebenaran iman lewat rumus yang disahkan untuk penggunaan liturgis, umat mengingat kembali dan mengakui pokok-pokok misteri iman sebelum mereka merayakannya dalam Liturgi Ekaristi. 41

Pelaksanaan - Cara membawakan syahadat adalah sebagai berikut : 42

1. Syahadat dilagukan atau diucapkan oleh imam bersama dengan umat.
2. Kalau dilagukan, syahadat diangkat oleh imam atau, lebih serasi, oleh solis atau kor. Selanjutnya syahadat dilagukan entah oleh seluruh jemaat bersama-sama, entah silih berganti antara umat dan kor.
3. Kalau tidak dilagukan, syahadat dibuka oleh imam, selanjutnya didaras oleh seluruh jemaat bersama-sama atau silih berganti antara dua kelompok jemaat.
4. Baik dalam membawakan syahadat singkat maupun syahadat panjang umat membungkuk waktu mengucapkan “Ia dikandung dari Roh Kudus … manusia.” 43

Pendalaman

1. Kapan dalam misa ada Syahadat?
2. Sebutkan dua Syahadat yang biasa dipakai dalam Perayaan Ekaristi!
3. Apa makna dan maksud syahadat dalam Perayaan Ekaristi?
4. Teks mana dalam Syahadat yang kita ucapkan sambil membungkuk? Mengapa bagian ini diucapkan sambil membungkuk?


39 Pada Hari Raya Kabar Sukacita dan Hari Raya Natal berlutut
40 Pada Hari Raya Kabar Sukacita dan Hari Raya Natal berlutut
41 PUMR 67.
42 PUMR 68.
43 Lihat rubrik TPE dalam kedua syahadat ini.

Sumber: Mendalami mengenal mencintai Ekaristi - Ernest Mariyanto