NOVENA SANTO ANTONIUS I: Menjadi pemimpin yang bertanggung jawab

Novena 95 Tahun
Gereja St. Antonius
Senin, 18 April 2011

RITUS PEMBUKA


LAGU PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR
I. Saudara-saudara terkasih, kita memulai Novena menyongsong perayaan 95 tahun Gereja kita dan pesta Santo Antonius, pelindung kita. Novena kita tahun ini bertemakan: Iman yang mendalam dan tangguh. Tema ini adalah salah satu focus perhatian dari ARAH DASAR (ARDAS) Keuskupan Agung Semarang tahun 2011-2015. Dalam penyadaran dan pemahaman akan iman yang mendalam dan tangguh, kita akan bercermin pada tokoh-tokoh baik dari Kitab Suci maupun Santo-Santa. Untuk Novena pertama ini kita akan merenungkan tokoh Musa sebagai pemimpin yang bertanggung jawab di hadapan Allah dan umat yang dipercayakan kepadanya.

SERUAN TOBAT

I. Saudara-saudara terkasih, agar layak dalam kita merayakan Ekaristi ini marilah hening sejenak mempersiapkan hati dan mohon belas kasih serta pengampunan Tuhan atas segala dosa dan kekurangan kita.

I. Tuhan Yesus Kristus, Musa memimpin bangsa Israel bebas dari perbudakan Mesir. Engkau adalah Musa baru yang membebaskan kami dari perbudakan dosa.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.

I. Engkau menghendaki agar kami semua mengalami kebebasan anak-anak Allah.
K. Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami.

I. Engkau menghendaki agar kami sampai pada tanah terjanji yang disediakan Bapa penuh kemuliaan.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, - mengampuni dosa kita, - dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin

DOA PEMBUKA
I. Untuk membebaskan umat-Mu dari Perbudakan di Mesir, Engkau telah memilih Musa menjadi Alat-Mu. Di tengah masyarakat yang masih banyak mengalami berbagai perbudakan di banyak bidang ini, bantulah agar dalam kedudukan dan bidang kehidupan kami masing-masing, kami Kau jadikan pembebas, betapa pun kecil dan tidak berarti bidangnya. Dengan demikian, kami menjadi saksi-Mu di masyarakat kami. Demi Yesus Kristus, Tuhan, dan pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.
U.Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (1 Ptr 5:1-4)

"Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu."

Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus:
Aku menasihatkan para penatua di antara kamu, aku sebagai teman penatua dan saksi penderitaan Kristus, yang juga akan mendapat bagian dalam kemuliaan yang akan dinyatakan kelak. Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri. Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu. Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN

BAIT PENGANTAR INJIL PS 965 (DALAM MASA PRAPASKAH)
Terpujilah Kristus Tuhan Raja mulia dan kekal

INJIL [Yoh 10:11-16]

"Akulah Gembala yang Baik."

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:
Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya; sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu. Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu. Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.
I: Demikianlah Injil Tuhan.
U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT

I. Allah, Bapa yang mahakuasa, kami bersyukur kepada-Mu atas Musa, hamba-Mu yang setia, yang Kaupilih untuk memilih bangsa-mu menuju tanah terjanji. Kami bersyukur atas penyertaan-Mu dalam gerak langkah kami sebagai umat-Mu menempuh perjalanan 95 tahun sejak berdirinya gereja yang Kaubangun di tengah-tengah kami. Perkenankanlah kami memanjatkan doa-doa kami dihadapan-Mu.

L. Bagi para pemimpin masyarakat, bangsa, dan negara. Semoga Kau anugerahi kesehatan dan kekuatan, kecerdasan dan kearifan untuk memimpin masyarakat, bangsa, dan negara kami sehingga seluruh rakyat merasa dilindungi dan diperhatikan kepentingan-kepentingannya dan dikembangkan kesejahteraannya. Marilah kita berdoa
U. Ya Tuhan, kabulkanlah doa kami.

L. Bagi Bapa Suci, para Uskup dan para Imam yang mengemban tugas memimpin umat. Semoga mereka menjalankan tugas ini dengan sukacita dan penuh tanggung jawab, tekun, sabar dan setia. Marilah kita berdoa
U. Ya Tuhan, kabulkanlah doa kami.

L. Bagi umat Allah Keuskupan Agung Semarang, yang memulai pelaksanaan Arah Dasar yang baru 2011 - 2015. Semoga para imam, biarawan-biarawati dan seluruh umat, serta segala lembaga gerejawi yang ada terlibat mewujudkan cita-cita bersama menghadirkan kerajaan Allah yang semakin signifikan dan relevan bagi seluruh warga dan masyarakat. Marilah kita berdoa
U. Ya Tuhan, kabulkanlah doa kami.

L. Bagi kami paroki kami Santo Antonius Purbayan dan semua yang hadir dalam Ekaristi ini. Utuslah Roh Kudus-Mu agar dengan iman yang semakin mendalam dan tangguh kami dapat berperan aktif dalam mengembangkan habitus baru berdasarkan semangat Injil di tengah masyarakat kami di Indonesia. Marilah kita berdoa
U. Ya Tuhan, kabulkanlah doa kami.

L. Marilah kita hening sejenak untuk memanjatkan doa-doa intensi kita masing-masing dalam hati.


Marilah kita berdoa.
U. Ya Tuhan, kabulkanlah doa kami.

I. Ya Tuhan, terimalah doa-doa yang kami panjatkan kepada-Mu dengan penuh iman dan pengharapan. Juga kerinduan-kerinduan dalam hati kami yang tidak sempat kami ungkapkan. Kabulkanlah, dengan pengantaraan Kristus, Putra-Mu, dan Tuhan kami.
U. Amin.

LITURGI EKARISTI

LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah yang luhur dan kuasa, dengan rendah hati kami menghadap Engkau. Persembahan ini kami unjukkan untuk menghormati orang-orang yang telah Kaugunakan untuk membebaskan umat-Mu dari berbagai kesulitan dan perbudakan. Semoga upacara ini juga mendatangkan pembebasanagi kami dari berbagai kesulitan dan perbudakan. Demi Kristus, pengantara kami.
U. Amin

DIALOG PEMBUKA

PREFASI

KUDUS

DOA SYUKUR AGUNG

BAPA KAMI

ANAK DOMBA ALLAH

PERSIAPAN KOMUNI

KOMUNI

PENGUMUMAN

DOA KEPADA SANTO ANTONIUS
I. Marilah kita berdoa bersama
I+U.St Antonius, Penolong orang-orang yang ada dalam kesusahan, dan sahabat serta pelindung kami yang istimewa. Padda saat kami mempunyai kebutuhan penting seperti sekarang ini, dengan penuh kepercayaan kami menghadap engkau. Dalam kebaikan hatimu yang melimpah engkau telah mendengarkan dan mengantarkan permohonan-permohonan banyak orang yang datang menghadapmu kepada Allah. Doamu dihaadapan takhta Allah ternyata sedemikian besar dayanya, sehingga Allah memberikan anugerah-anugerah yang kumohonkan kepada-Nya bagi mereka. Meski kami tidak pantas, karena dosa-dosa dan kekurangan-kekurangan kami, berkenanlah kiranya mendengarkan permohonan kami yang kami sampaikan kepadamu ini. Perhatikanlah tekad kami untuk memuliakan Allah dan mengusahakan keselamatan serta kesejahteraan hidup kami dan sesama kami. Kami mohon kepadamu agar engkau mendapatkan bagi kami anugerah yang kami butuhkan saat ini, yaitu...........(sebutkan dalam batin anugerah yang dimohon), St Antonius perhatikanlah doa kami dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Amin.

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah berdoa:
I. Tuhan, umat-Mu dari perbudakan Mesir, berkat kesediaan Musa untuk menerima dan melaksanakan dengan setia panggilan-Mu menjadi pembebas. Semoga persatuan kami dengan Yesus Kristus, Putra-Mu, dengan penerimaan tubuh dan darah-Nya, meneguhkan umat-Mu yang dengan berbagai cara dan berbagai bidang telah Kaupilih menjadi alat dan karya penyelamatan-Mu. Demi Kristus, Tuhan, dan pengantara kami.
U. Amin

RITUS PENUTUP

BERKAT & PENGUTUSAN

LAGU SYUKUR

BANGKIT BERGERAK II (Lagu ARDAS KAS 2011 - 2015)

1. Bangkit bergeraklah semua
maju mengembangkan habitus baru.
Mengawal Arah Dasar kita,
hayati smangatnya dalam derap langkah nyata.
2. Curahkan perhatian kita
meningkatkan daya signifikansi,
serta relevansi Gereja,
jadilah Umat Allah bermakna dan berguna.
3. Optimalkan peranan awam,
terpadu serta berkesinambungan
beriman yang memasyarakat,
peduli KLMTD, lestarikan alam
4. Karya pastoral yang sinergis:
cerdaskan dan berdayakan karisma,
awam, religius, dan imam
berkerjasama dalam semangat kemitraan.