Sabtu-Minggu, 19-20 Maret 2011: Hari Minggu Prapaskah II

RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR

SERUAN TOBAT (TUHAN KASIHANILAH KAMI)
I. Saudara-saudari marilah mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.

I. Tuhan Yesus Kristus, Abraham telah diminta meninggalkan tanah air dan harta miliknya sebagai permulaan usaha penyelamatan oleh-Mu.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.

I. Engkau telah menunjukkan jalan penderitaan sebagai jalan yang benar menuju kemuliaan sejati.
K. Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami.

I. Engkau telah menunjukkan salib sebagai cahaya kedamaian dan kebahagiaan.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.

TANPA KEMULIAAN

DOA PEMBUKA
I. Marilah berdoa
I. Allah Bapa kami yang mahamulia, di puncak gunung Engkau telah mewahyukan bahwa Yesus itu putera-Mu terkasih, bahwa Ia lebih agung dari pada nabi-nabi yang terbesar. Ajarilah kami mendengarkan dan menghayati sabda-Nya, berilah kami pengertian atas misteri sengsara, wafat, dan kebangkitan-Nya. Demi Yesus Kristus, Putera-Mu, Tuhan kami yang bersama Dikau dan Roh Kudus hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa.
U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN PERTAMA (Kej 12:1-4a)

"Panggilan Abraham, leluhur umat Allah."

Pembacaan dari Kitab Kejadian:
Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat." Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya, dan Lotpun ikut bersama-sama dengan dia; Abram berumur tujuh puluh lima tahun, ketika ia berangkat dari Haran.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (PS 812)
Refr. Kasihanilah, ya Tuhan, Kaulah pengampun yang rahim dan belas kasih-Mu tak terhingga.
Ayat Mazmur:
1. Firman Tuhan itu benar, segala sesuatu dikerjakan-Nya dengan kesetiaan. Ia senang pada keadilan dan hukum; Bumi penuh dengan kasih setia-Nya.
2. Sungguh, mata Tuhan tertuju kepada mereka yang bertakwa, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya. Ia hendak melepaskan jiwa mereka dari maut, dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan.

BACAAN KEDUA (2Tim 1:8b-10)

"Allah memanggil dan menerangi kita."

Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada Timotius:
Saudaraku terkasih, berkat kekuatan Allah, ikutlah menderita bagi Injil Yesus! Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri. Semua ini telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan zaman, dan semua itu sekarang dinya-takan oleh kedatangan Juruselamat kita Yesus Kristus. Dengan Injil-Nya Kristus telah mematahkan kuasa maut dan mendatangkan hidup yang tidak dapat binasa.
Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 965)
Refr. Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal.
Solis. Dari dalam awan terdengarlah suara Bapa, “Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia.”

BACAAN INJIL (Mat 17:1-9)

"Wajahnya bersinar bagaikan Matahari."

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Pada suatu ketika Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja. Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang. Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia. Kata Petrus kepada Yesus: "Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia." Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia." Mendengar itu tersungkurlah murid-murid-Nya dan mereka sangat ketakutan. Lalu Yesus datang kepada mereka dan menyentuh mereka sambil berkata: "Berdirilah, jangan takut!" Dan ketika mereka mengangkat kepala, mereka tidak melihat seorangpun kecuali Yesus seorang diri. Pada waktu mereka turun dari gunung itu, Yesus berpesan kepada mereka: "Jangan kamu ceriterakan penglihatan itu kepada seorangpun sebelum Anak Manusia dibangkitkan dari antara orang mati."
I. Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT

I. Allah mendengarkan doa Putera-Nya sendiri. Dengan perantaraan Yesus marilah kita berdoa kepada Bapa untuk kebutuhan-kebutuhan Gereja:

L. Bagi mereka yang merantau untuk bertugas di tempat yang jauh, dan bagi mereka yang terpaksa meninggalkan tanah air, rumah, serta keluarga mereka karena kurang adanya cinta kasih di dunia kita ini: Ya Bapa, semoga di tempat kediaman yang baru mereka disambut dengan cinta kasih. Marilah kita berdoa kepada Tuhan:
U. Tuhan, semoga terang-Mu bercahaya atas umat-Mu.

L. Bagi semua keluarga disini: Ya Bapa, semoga semua keluarga di dunia ikut membangun dunia yang adil serta menampakkan cinta kasih Allah. Marilah berdoa kepada Tuhan.
U. Tuhan, semoga terang-Mu bercahaya atas umat-Mu.

L. Bagi para korban gempa dan tsunami di Jepang. Semoga Tuhan menerima mereka yang meninggal dunia dalam kedamaian abadi, dan bagi yang menderita berilah penghiburan dan bantuan yang memadai dalam semangat solidaritas kemanusiaan. Marilah berdoa kepada Tuhan:
U. Tuhan, semoga terang-Mu bercahaya atas umat-Mu.

L. Bagi mereka yang menghadapi kematian: Ya Bapa, semoga terang Allah menyinari mereka yang menghadapi saat-saat terakhir hidup mereka. Marilah berdoa kepada Tuhan:
U. Tuhan, semoga terang-Mu bercahaya atas umat-Mu.

L. Bagi mereka yang kehilangan iman kepada Tuhan dan yang kecewa dalam hidup ini: Ya Bapa, semoga perkataan dan perbuatan kami menunjukkan karya cinta kasih-Mu, sehingga dapat menyemangati mereka kembali. Marilah kita berdoa:
U. Tuhan, semoga terang-Mu bercahaya atas umat-Mu.

... hening sejenak ...

I. Allah Bapa kami, tolonglah kami untuk mendengarkan sabda Putera-Mu dan sudilah mendengarkan doa-Nya untuk kami. Sebab kami percaya kepada-Mu, Allah kami, untuk selama-lamanya.
U. Amin.

LITURGI EKARISTI

LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Ya Bapa yang mahakudus, Yesus telah memberikan hidup-Nya bagi kami. Kesediaan untuk melaksanakan kehendak-Mu sampai tuntas, menjadikan-Nya sebagai kurban pepulih yang sempurna atas dosa-dosa kami. Sucikanlah diri kami, ya Bapa, berkat perjamuan kudus ini. Tegarkanlah niat kami untuk siap sedia dan setia menempuh jalan yang telah dirintis-Nya. Demi Kristus, Putera-Mu, Tuhan, dan pengantara kami.
U. Amin.

KUDUS
DOA SYUKUR AGUNG
BAPA KAMI

DOA DAMAI
I. Di depan mata para murid Kristus telah menampakkan kemuliaan-Nya dengan wajah bersinar seperti matahari dan pakaian putih gemerlapan. Kagum akan kedamaian yang dinikmatinya berserulah Petrus, “Guru, baiklah kita tinggal di sini.” Maka kami mohon Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.
U. Amin.

ANAK DOMBA ALLAH
KOMUNI

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah berdoa:
I. Allah Bapa yang maharahim, Engkau menuntun umat-Mu melalui padang pasir, untuk Kau gembleng dengan cobaan-cobaan. Engkau telah menganugerahkan manna dari surga kepada mereka. Teguhkanlah kami juga dalam kesetiaan, berilah kami daya hidup baru, dan bimbinglah kami memasuki misteri Paskah Kristus, Tuhan, dan pengantara kami. Amin.
U. Amin.

RITUS PENUTUP

BERKAT

LAGU SYUKUR