Minggu Palma 16-17 April 2011

Pengantar:
Pekan Suci dimulai pada hari Minggu Prapaskah VI atau biasa disebut dengan Minggu Palma atau Minggu Sengsara, karena untuk mengenangkan sengsara Tuhan. Minggu Palma adalah pintu masuk Pekan Suci. Pada hari-hari selama Pekan Suci kita diajak mengenangkan satu peristiwa penebusan lewat sengsara, wafat, dan kebangkitan sekaligus. Setiap perayaan liturgis tetap mengandung unsur-unsur penebusan itu. Perayaan Ekaristi diadakan sebagai pengenangan akan sengsara Tuhan, namun pewartaan sengsara Tuhan itu dikaitkan dengan perayaan kejayaan-Nya sebagai seorang Raja. Misa Pengenangan Sengsara Tuhan itu diawali dengan pengenangan akan peristiwa Kristus memasuki kota Yerusalem sebagai Almasih. Bagi orang kristiani Masa Prapaskah harus menuju suatu perjalanan menuju Yerusalem, yakni menghadapi kematian dan kebangkitan Kristus. Masa Prapaskah ibarat suatu eksodus baru, meninggalkan tanah pembuangan menuju Yerusalem, menyongsong Paskah Kristus.

=== 00 ===

RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM
I. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus
U. Amin
I. Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus bersamamu.
U. Dan bersama rohmu.

PENGANTAR
I. Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, hari ini Pekan Suci kita buka dengan merayakan Minggu Palma. Kita diajak melahirkan cinta bakti kita kepada Kristus sebagai Raja. Dahulu ia dielu-elukan di Yerusalem, kini di gereja dan kelak di surga. Demi cinta kasih Ia telah menderita dan wafat. Ia telah wafat karena kebencian manusia, agar manusia hidup karena cinta kasih-Nya, maka sebagai jawaban sudah selayaknyalah kita menyampaikan rasa syukur dan cinta kasih kita kepada Raja Kristus, yang telah berkenan melayani kita.

PEMBERKATAN PALMA
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa yang kekal dan kuasa, berkatilah kiranya daun-daun palma ini. Dengan ini kami mau mengiringi Raja Kristus dalam perjalanan-Nya menuju Yerusalem. Semoga kelak kami pun diperkenankan memasuki Yerusalem abadi. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami.
U. Amin

INJIL (Mat 21:1-11)
I. Tuhan sertamu
U. Dan sertamu juga
I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius
U. Dimuliakanlah Tuhan.

"Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan."

Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem dan tiba di Betfage yang terletak di Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu, dan di situ kamu akan segera menemukan seekor keledai betina tertambat dan anaknya ada dekatnya. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah keduanya kepada-Ku. Dan jikalau ada orang menegor kamu, katakanlah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya." Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi: "Katakanlah kepada puteri Sion: Lihat, Rajamu datang kepadamu, Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda." Maka pergilah murid-murid itu dan berbuat seperti yang ditugaskan Yesus kepada mereka. Mereka membawa keledai betina itu bersama anaknya, lalu mengalasinya dengan pakaian mereka dan Yesuspun naik ke atasnya. Orang banyak yang sangat besar jumlahnya menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang memotong ranting-ranting dari pohon-pohon dan menyebarkannya di jalan. Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: "Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!" Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem, gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: "Siapakah orang ini?" Dan orang banyak itu menyahut: "Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea."
Demikianlah Injil Tuhan
Terpujilah Kristus.

HOMILI SINGKAT

PERARAKAN
I. Saudara-saudara terkasih, hendaklah kita mencontoh khalayak ramai di Yerusalem yang mengelu-elukan Yesus. Marilah kita berdiri sambil menyanyikan lagu perarakan.

PERARAKAN DAUN PALMA PS 548, MB 395

SERUAN TOBAT (TUHAN KASIHANILAH KAMI)

I. Tuhan Yesus Kristus, Raja damai, Engkau telah rela menderita seberat-beratnya demi kebahagiaan kami.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.


I. Engkau telah mengalami penghinaan yang kejam, agar kami dapat diangkat setinggi-tingginya.

K. Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami.


I. Engkau telah rela wafat di salib yang hina, agar kami dapat hidup mulia bersama dengan-Mu.

K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.

I. Semoga Allah yang mahakuasa, mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.

DOA PEMBUKA
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa yang mahakuasa dan kekal, Engkau telah mengutus Putera-Mu mengenakan kemanusiaan kami dan memanggul salib hina. Perkenankanlah kami sebagai hamba-hamba mengikuti rajanya dalam duka cita penderitaan, agar dapat ikut serta dalam suka cita kebangkitan-Nya. Demi Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.
U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Yes 50:4-7)
Aku tidak memalingkan wajahku dari cercaan, dan aku yakin takkan dipermalukan.

L. Pembacaan dari Kitab Yesaya:
Tuhan Allah menganugerahkan kepadaku lidah yang fasih, supaya aku tahu menghibur orang yang letih lesu. Setiap pagi Allah membuka telingaku, supaya aku mendengarkan sabda-Nya sebagai murid. Tuhan Allah membuka telingaku, dan aku tidak melawan pun tidak mundur. Punggungku kubiarkan dipukuli orang, daguku kuserahkan kepada yang mencabuti janggutku, dan aku tidak memalingkan wajahku dari cercaan dan ludahan. Tuhan Allah menolong aku, dan penghinaan itu takkan menggoncangkan daku. Hatiku tabah, sebab aku yakin, aku takkan dipermalukan.
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN PS 819
Allahku, ya Allahku, mengapa Kautinggalkan daku?
1.Semua yang melihat aku mengolok-olok, mereka mencibirkan bibir dan menggelengkan kepala! Mereka bilang: “Ia pasrah kepada Allah! Biarlah Allah yang meluputkannya, biarlah Allah yang melepaskannya! Bukankah Allah berkenan kepadanya?”
2. Sekawanan anjing mengerumuni aku; gerombolah penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku. Segala tulangku dapat kuhitung.

BACAAN II (Flp 2:6-11)
"Yesus Kristus telah merendahkan diri, maka Allah sangat meninggikan Dia."

L: Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Filipi
Saudara-saudara, walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!
Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

BAIT PENGANTAR INJIL PS 965
Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal.
Kristus taat untuk kita sampai wafat-Nya di salib. Dari sebab itulah Allah mengagungkan Yesus, dan menganugerahkan nama yang paling luhur kepada-Nya.

BACAAN INJIL KISAH SENGSARA (Mat 26:14-27:66)

lihat buku panduan misa

HOMILI SINGKAT

AKU PERCAYA


DOA UMAT

I. Kita telah merenungkan teladan Yesus dan mendengarkan sabda-Nya. Maka sekarang kita sudah mantap untuk berdoa kepada Bapa kita di surga, agar penderitaan dan wafat-Nya menghasilkan buah dalam diri kita serta dalam hati semua orang. Marilah kita mengatakan kepada-Nya.
U. Kasihanilah umat-Mu, ya Tuhan.

L. Bagi Gereja sebagai pelayan:
Ya Bapa, semoga Gereja selalu dengan setia dan tanpa ketakutan mewartakan Kabar Baik tentang salib dan kebangkitan Kristus kepada semua orang. Marilah berdoa kepada Tuhan:
U. Kasihanilah umat-Mu, ya Tuhan.

L. Bagi semua orang Kristiani:
Ya Bapa, semoga kami semua mantap untuk mengikuti Yesus di jalan pelayanan dan penyangkalan diri, agar kami pun dapat membawa kebahagiaan dan harapan kepada orang-orang di sekitar kami. Marilah berdoa kepada Tuhan:
U. Kasihanilah umat-Mu, ya Tuhan.

L. Bagi masyarakat kita:
Ya Bapa, semoga masyarakat kami menjadi lebih teratur dan lebih adil, sehingga tidak ada orang diinjak-injak dan semua orang memperhatikan satu sama lain. Marilah berdoa kepada Tuhan:
U. Kasihanilah umat-Mu, ya Tuhan.

L. Bagi orang-orang yang sedih dan patah hati:
Ya Bapa, semoga mereka yang sedih dan patah hati bertemu dengan Yesus, yang menempuh jalan sengsara seorang diri dan dalam kesakitan, tetapi juga sampai pada kebangkitan yang penuh bahagia. Marilah berdoa kepada Tuhan:
U. Kasihanilah umat-Mu, ya Tuhan.

L. Bagi mereka yang berhadapan dengan maut:
Ya Bapa, semoga mereka yang berhadapan dengan maut dikuatkan oleh kehadiran Yesus Tuhan, serta dihibur oleh sanak saudara dan sahabat. Marilah berdoa kepada Tuhan:
U. Kasihanilah umat-Mu, ya Tuhan.

L. Bagi kita semua:
Ya Bapa, semoga Pekan Suci ini menjadi masa penuh rahmat bagi kami dan menghubungkan kami lebih erat dengan Tuhan. Marilah berdoa kepada Tuhan:
U. Kasihanilah umat-Mu, ya Tuhan

I. Allah, Bapa kami, dengarkanlah doa kami dan tolonglah kami untuk lebih mendalami arti kepercayaan dan kerahiman, perdamaian, dan pengampunan, keadilan dan kemerdekaan. Demi Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

LITURGI EKARISTI

LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I. Allah Bapa yang mahakudus, terimalah roti dan anggur ini sebagai ungkapan syukur kami atas Dia, yang telah melaksanakan kehendak-Mu dengan taat sampai wafat. Jadikanlah kami semakin menyerupai Dia berkat daya Roh-Mu. Sebab Dialah Tuhan, dan pengantara kami, kini dan sepanjang masa.
U. Amin.

PREFASI

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu.
I. Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan
U. Sudah kami arahkan.
I. Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita.
U. Sudah layak dan sepantasnya.
I.
Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di mana pun kami senantiasa bersyukur kepada-Mu dengan perantaraan Kristus, Tuhan kami. Sebab meskipun kami tak bersalah, Ia rela menderita bagi mereka yang bersalah. Ia rela pula dihukum mati secara tidak adil bagi mereka yang jahat. Wafat-Nya menghapus dosa-dosa kami dan kebangkitan-Nya memperolehkan kebebasan bagi kami. Kristus itu pulalah yang oleh surga dan bumi, oleh para malaikat dan malaikat agung dipuji dan dimuliakan. Maka perkenankanlah kami ikut serta mengagungkan Dia dengan bernyanyi.

U.
Kudus, kudus, kuduslah Tuhan. Allah segala kuasa surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu. Terpujilah Engkau di surga. Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan. Terpujilah Engkau di surga.

DOA SYUKUR AGUNG III (TPE hal 62)

AKLAMASI ANAMNESIS

I. Marilah menyatakan misteri iman kita
U. Wafat Kristus kita maklumkan, kebangkitan-Nya kita muliakan, kedatangan-Nya kita rindukan.


BAPA KAMI

ANAK DOMBA ALLAH

KOMUNI

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah kita berdoa:
I. Allah Bapa yang mahabaik, Engkau telah memuaskan dan melimpahkan sakramen suci kepada kami. Berkat wafat Putera-Mu, iman kami Kauhidupkan dan harapan kami Kautumbuhkan. Kami mohon, semoga berkat kebangkitan-Nya kami dapat mencapai tujuan perjalanan kami, yaitu kemuliaan-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

PENGUMUMAN

BERKAT

LAGU SYUKUR