Menghayati Masa Prapaskah 2011



Masa prapaska telah kita mulai dengan Rabu Abu pada 9 Maret 2011. Kita ditandai dengan abu yang mengingatkan kita berasal dari debu dan akan menjadi ke debu. Kita juga diingatkan ketika nabi Yunus memaklumkan pertobatan Ninive, raja kota Ninive menanggalkan jubahnya, mengenakan kain kabung dan duduk di atas abu sebagai tanda pertobatan (Yun 3:6. Paroki kita, Santo Antonius Purbayan, mengadakan misa 5 kali pada hari Rabu Abu ini: jam 05.30, 06.30, 12.00, 16.30 dan 18.00. Setiap kali misa gereja penuh dengan umat yang hadir. Hujan lebat yang terus mengguyur pada sore hari tidak menjadi halangan bagi mereka. Ini pertanda umat peduli terhadap awal masa puasa dan pertobatan ini dan peduli terhadap masa prapaska.

Tempa prapaska dan Aksi Puasa Pembangunan (APP) di Keuskupan kita tahun ini: "Inilah Orang Katolik Sejati". Tema ini sejalan dengan tema APP Nasional: Kesejatian Hidup dalam Perwujudan Diri. Dengan tema "Inilah Orang Katolik Sejati" kita hendak mewujudkan diri menuju kesejatian hidup. Kesejatian hidupkita adalah menjadi orang Katolik sesuai cita-cita Arah Dasar Keuskupan Agung Semarang: mengembangkan habitus baru dengan semangat Injil dengan beriman mendalam dan tangguh serta ambil bagian mewujudkan kesejahteraan umum. Bagian-bagian uraian Arah Dasar menjadi bahan yang menyatu dalam Panduan APP Umat Lingkungan 2011.

Bapak Uskup Mgr. J. Pujasumarta mengirim surat gembala Prapaska yang dibacakan di gereja-gereja seluruh keuskupan kita pada Sabtu-Minggu 5-6 Maret 2011 dengan judul: Orang Katolik Sejati Melakukan Kehendak Bapa. Dalam surat tersebut Bapak Uskup menebut tradisi Gereja menjadikan masa Prapaska untuk "retret agung". Sebab dalam masa ini kita diajak untuk menjalani pertobatan dan pemurnian diri dari dosa-dosa. Kita juga diajak untuk mengenal Yesus semakin mendalam, mencintainya semakin mesra dan mengikutinya semakin dekat. Ini bisa kita jalankan dengan doa pribadi, membaca dan merenungkan kitab suci, mengikuti misa harian, mendengarkan dan mengikuti siaran-siaran rohani dari radio dan TV, mengikuti sarasehan di lingkungan-lingkungan dan jalan salib di gereja pada setiap hari Jumat.

Masa Prapaskah di paroki kita tahun ini bertepatan dengan menyongsong perayaan 95 tahun Gereja yang berpuncak pada pesta Santo Antonius, pelindung kita, 13 Juni 2011. Kita dukung panitia yang sedang merancang acaranya. Semoga Tuhan memberkati kita semua dalam menyongsong Paskah, Kebangkitan Tuhan 2011 dan menyongsong lustrum 19 atau perayaan 95 tahun Gereja kita tercinta agar kita mendapatkan pencerahan dari peristiwa-peristiwa ini.

Pada 5 Maret Fr Vincentius Haryanto Soedjatimika, SJ yang sejak 1 April 2010 bertugas pastoral di Paroki St. Antonius Purbayan meninggalkan kita untuk menjalani tugas studi Mandarin dan kelanjutan persiapan imamat di Taiwan. Kita ucapkan terima kasih atas pelayanan Frater untuk paroki kita selama hampir satu tahun ini dan selamat jalan. Kita doakan semoga sukses di tanah seberang.

Kita menerima Romo baru, Laurentius Priyo Poedjiyono, SJ (53th), yang diberi tugas oleh Romo Provinsial membantu tugas pelayanan pastoral di paroki St. Antonius Purbayan mulai 1 Maret 2011. Beliau datang pada 18 Maret, setelah menyelesaikan tugas di Srilangka membimbing tersiat, bulan-bulan kerohanian bagi para Yesuit setelah berpengalaman karya beberapa tahun. Kita ucapkan selamat datang dan selamat berkaya pada Romo Priyo. Akhirnya, semoga Tuhan memberkati kita semua.

Purbayan, 10 Maret 2011


Rm. Antonius Puja Harsana, SJ


Buletin Pelegrina
Edisi Maret 2011