Paus Cari Popemobile Listrik

(Vatikan 2/12/2010) Selain menggemari motor-motor, Paus Benediktus XVI ternyata juga memperhatikan teknologi terkini yang diusung sebuah mobil.

Karena itulah tidak mengherankan bila Paus mengaku tertarik menggunakan mobil listrik bertenaga surya untuk mobil dinasnya.

Vatikan seperti detikoto kutip dari Washington Post, Kamis (2/12/2010) mengatakan kalau Paus Benediktus XVI dengan senang hati akan menggunakan mobil listrik bertenaga surya bila ada yang menawari.

Ini adalah sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan energi berkelanjutan dan merawat planet ini.

Saat ini mobil dinas Paus yang diberi nama Popemobile masih menggunakan Mercedes-Benz M Class yang dimodifikasi sedemikian rupa.

Kardinal Giovanni Lajolo yang menjalankan negara kota Vatikan mengatakan kalau Benediktus akan dengan senang hati memilih Popemobile listrik untuk memperkuat citra Vatikan sebagai negara kota yang 'hijau'.

Pernyataan itu muncul selama presentasi buku "The Energy of the Sun in the Vatican" yang merupakan dokumentasi instalasi sel surya di atap auditorium utama Vatikan pada 2008 dan pemasangan pendingin surya untuk kantin utama pada 2009.

Teknologi ini telah memenangkan penghargaan dan menjadikan reputasi Benediktus meningkat menjadi "paus hijau."

"Ini benar-benar tidak masalah. Ini adalah sesuatu yang kita harus mendiskusikan dengan orang-orang yang bertanggung jawab dari aspek keamanan, tapi tentu saja hal ini mungkin dan itu akan menjadi simbol yang sangat besar," ungkap Chief Marketing SolarWorld, Milan Nitzschke yang memasangkan instalasi tenaga surya di Vatikan.

"Jika dia (mobil listrik tenaga surya) menawarkan fungsi, efisien dan ukuran yang tepat untuk popemobile, mengapa tidak?" timpal Kardinal Giovanni Lajolo.(detikoto.com)