Hari Minggu Biasa XXX & Minggu Evangelisasi

RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM

SERUAN TOBAT

I: Saudara-saudara, marilah mengakui dosa-dosa kita, supaya pantas merayakan peristiwa penyelamatan ini.
U: Saya mengaku ......
I: Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U: Amin.

TUHAN KASIHANILAH KAMI

KEMULIAAN

DOA PEMBUKA

I: Marilah berdoa: Allah Bapa yang mahakudus, Engkau tidak memandang orang tetapi selalu berkenan mendengarkan siapapun yang berseru mohon bantuan-Mu. Kami mohon, ajarlah kami memandang dengan penglihatan-Mu dan jadikanlah kami orang yang berbelas kasih terhadap sesama. Demi Yesus Kristus, Putera-Mu, Tuhan dan pengantara kami, yang hidup berkuasa bersama Dikau dan Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa.
U: Amin.

BACAAN PERTAMA (Sir 35:12-14, 16-18)

"Doa orang miskin menembusi awan."

Pembacaan dari Kitab Putera Sirakh:

Tuhan adalah hakim yang tidak memihak, Ia tidak memihak dalam perkara orang miskin, tetapi doa orang yang terjepit didengarkan-Nya. Jeritan yatim piatu tidak Ia abaikan, demikian pula jeritan janda yang mencurahkan permohonannya. Tuhan berkenan kepada siapa saja yang dengan sebulat hati berbakti kepada-Nya, dan doanya naik sampai ke awan. Doa orang miskin menembusi awan, dan ia tidak akan terhibur sebelum mencapai tujuannya. Ia tidak berhenti sebelum Yang Mahatinggi memandangnya, sebelum Yang Mahatinggi memberikan hak kepada orang benar dan menjalankan pengadilan.

Demikianlah Sabda Tuhan.

Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN (PS 816)
Refren: Tuhan mendengarkan doa orang beriman

Mazmur:

1. Aku hendak memuji Tuhan setiap waktu, Puji-pujian kepada-Nya selalu ada di dalam mulutku. Karena Tuhan jiwaku bermegah; Biarlah orang-orang yang rendah hati mendengarnya dan bersukacita.
2. Wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat Untuk melenyapkan ingatan akan mereka dari muka bumi. Apabila orang benar itu berseru-seru Tuhan mendengarkan; Dari segala kesesakannya mereka Ia lepaskan.

BACAAN KEDUA (2 Tim 4:6-8, 16-18)

"Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran"

Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada Timotius:

Mengenai diriku, darahku sudah mulai dicurahkan sebagai persembahan dan saat kematianku sudah dekat. Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya. Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorangpun yang membantu aku, semuanya meninggalkan aku?kiranya hal itu jangan ditanggungkan atas mereka?, tetapi Tuhan telah mendampingi aku dan menguatkan aku, supaya dengan perantaraanku Injil diberitakan dengan sepenuhnya dan semua orang bukan Yahudi mendengarkannya. Dengan demikian aku lepas dari mulut singa. Dan Tuhan akan melepaskan aku dari setiap usaha yang jahat. Dia akan menyelamatkan aku, sehingga aku masuk ke dalam Kerajaan-Nya di sorga. Bagi-Nyalah kemuliaan selama-lamanya! Amin.

Demikianlah Sabda Tuhan.

Syukur kepada Allah.

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 958)

Refren : Alleluya, Alleluya, Alleluya, Alleluya
Ayat:
Dalam Kristus Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya, dan mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami.

BACAAN INJIL (Luk 18:9-14)

"Pemungut cukai ini pulang ke rumah-Nya sebagai orang yang dibenarkan Allah, sedang orang Farisi itu tidak."

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

Pada suatu ketika, di hadapan beberapa orang yang menganggap dirinya benar dan memandang rendah semua orang lain, Yesus mengatakan perumpamaan ini: "Ada dua orang pergi ke Bait Allah untuk berdoa; yang seorang adalah Farisi dan yang lain pemungut cukai. Orang Farisi itu berdiri dan berdoa dalam hatinya begini: Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim, bukan pezinah dan bukan juga seperti pemungut cukai ini; aku berpuasa dua kali seminggu, aku memberikan sepersepuluh dari segala penghasilanku. Tetapi pemungut cukai itu berdiri jauh-jauh, bahkan ia tidak berani menengadah ke langit, melainkan ia memukul diri dan berkata: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini. Aku berkata kepadamu: Orang ini pulang ke rumahnya sebagai orang yang dibenarkan Allah dan orang lain itu tidak. Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan."

I: Demikianlah Injil Tuhan.

U: Terpujilah Kristus.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT

I: Kita masing-masing saling membutuhkan. Masing-masing punya bakat yang harus digunakan untuk orang lain, Maka oleh Kristus kita dipersatukan dalam tubuh-Nya. Agar semua bersatu kita berdoa:

L:Bagi Sri Paus, para uskup dan para imam: Ya Bapa, semoga para pemimpin Gereja-Mu sebagai pilihan cinta kasih-Mu Kau jadikan tanda kehadiran-Mu di tengah umat manusia.


L: Bagi para pejabat pemerintahan: Ya Bapa, bimbinglah para pejabat pemerintahan, agar dalam kemajuan-kemajuan pembangunan yang dicapai jangan sampai lupa bersyukur kepada-Mu. Marilah kita mohon:

L: Bagi semua yang tidak mendapat perhatian dalam masyarakat: Ya Bapa, semoga, kami selalu dapat menghargai sifat-sifat dan amal baik mereka yang tidak mendapat perhatian masyarakat umum. Marilah kita mohon:

L: Bagi kita di sekitar altar ini: Ya Bapa, sadarkanlah kami agar berani mengakui kelemahan-kelemahan kita serta menjauhkan diri dari kemunafikan dan kesombongan. Marilah kita mohon:

I: Allah Bapa yang maharahim, dengan rendah hati kami akui, dan kami sesali dosa kesalahan kami. Tetapi justru karena kelemahan ini kami ingin saling membantu dalam kasih sayang demi perkembangan tubuh Kristus, Putra-Mu dan demi kemuliaan nama-Mu sepanjang masa.
U: Amin.

LITURGI EKARISTI

LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN


I Allah Bapa yang mahakudus, dengan persembahan ini kami mengucap syukur, karena Engkau telah mendengarkan seruan Yesus Putra-Mu, yang menjadi korban kelaliman demi kebahagiaan kami dan yang kini memperkaya kami dengan Roh Kudus-Mu. Dialah Tuhan dan pengantara kami, kini dan sepanjang masa.

U Amin.

PREFASI

KUDUS

DOA SYUKUR AGUNG

ANAMNESIS

BAPA KAMI

ANAK DOMBA ALLAH

KOMUNI

PENGUMUMAN

DOA SESUDAH KOMUNI


I: Marilah berdoa: Allah Bapa kami di Surga, sumber cahaya sejati, kami bersyukur karena Engkau telah mengangkat kami dan membuat kami melihat berkat Yesus Putera-Mu terkasih. Semoga seluruh dunia akhirnya mengakui apa yang dapat mendatangkan damai, ialah cinta kasih dan keadilan sosial yang sangat didambakan setiap orang. Demi Yesus Kristus Tuhan dan pengantara kami.

U: Amin.

RITUS PENUTUP

BERKAT

LAGU SYUKUR


*Lagu-lagu lihat lembar panduan misa.