Panduan Novena Tahun Syukur ke 5: Syukur atas Semangat Misioner Gereja Keuskupan Agung Semarang, HR Pentakosta

HARI RAYA PENTAKOSTA
Novena Tahun Syukur ke 5: Syukur atas Semangat Misioner
Gereja Keuskupan Agung Semarang

Purbayan, 22-23 Mei 2010

PENGANTAR
L: Pada Novena kelima ini kita diajak untuk menyadari panggilan dan perutusan kita sebagai Gereja KAS. Inilah hal penting yang juga dibuat oleh Bapak Kardinal Justinus Darmojuwono, yaitu menjadikan Gereja KAS sebagai Gereja yang misioner. Sampai sekarang, KAS pun mengembangkan semangat misi ini, misalnya melalui uskup, imam, biarawan/wati, dan awam dari KAS yang diutus untuk melayani keuskupan-keuskupan lain di Indonesia atau yang diutus sebagai misionaris dan pimpinan tarekat internasional. Kita bersyukur karena Gereja KAS selalu membuka diri akan dorongan dan bimbingan Roh Kudus. Semoga, kita pun semakin terbuka akan bimbingan Roh Kudus itu, yang merupakan Roh Misioner bagi kita. Roh Kudus senantiasa menyertai kita dalam bersaksi dan menjalankan tugas perutusan kita sehingga kita tetap mempunyai keberanian dan kebijaksanaan kendati ada aneka macam hambatan dan tantangan.

RITUS PEMBUKA

LAGU PEMBUKA PS. 575

TANDA SALIB

SERUAN TOBAT (Tuhan Kasihanilah Kami PS. 353)
I. Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah yang berdoa mengutus Roh Kudus, pemberi hidup, untuk menghidupkan dan menghidupi Gereja-Mu.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami
I. Engkaulah yang mengutus Roh Kudus, untuk memberikan kuasa mengampuni dosa kepada Gereja-Mu.
K Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami
I. Engkaulah yang mengutus Roh Kudus, Roh Kebenaran, untuk memberikan kesaksian tentang diri-Mu.
K.Tuhan, kasihanilah kami
U.Tuhan, kasihanilah kami.
I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, - mengampuni dosa kita, - dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin

KEMULIAAN PS. 354

DOA PEMBUKA
I. Marilah berdoa:
(hening sejenak)
I. Allah Bapa mahabaik, kami bersyukur atas karya para gembala kami, khususnya Bapak Kardinal Justinus Darmojuwono yang membawa kami untuk semakin menjadi Gereja yang misioner. Semoga karena Roh Kudus yang telah Engkau curahkan, kami tergerak untuk selalu mewartakan karya kasih dan penyelamatan-Mu sendiri, sebagaimana telah nyata dalam diri Yesus Kristus Putra-Mu, Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dan Roh Kudus, Allah, kini dan sepanjang segala masa..
U.Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I [Kis 2:1-11]
Pembacaan dari Kisah Para Rasul
Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit. Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri. Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea? Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita: kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia, Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma, baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah."
L. Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN PS 828
Refr. Utuslah Roh-Mu ya Tuhan dan jadi baru seluruh bumi.
1. Allahku nama-Mu hendak kupuji. Engkau amat agung berdandan sinar kebesaran.
2. Ya Tuhan berselubungkan cahaya. Bagai jubah raja langit Kaupasang bagai kemah.
3. Firman-Mu disampaikan oleh angin. Api yang berkobar tunduk pada-Mu bagai hamba.

BACAAN II [Rm 8:8-17]
Pembacaan dari Surat Rasul Paulus Kepada Jemaat di Roma:
Saudara-saudara, mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran. Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu. Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging. Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!" Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah. Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.
L. Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL PS. 954
Refr. Alleluya
Solis: Datanglah, hai Roh Kudus, penuhilah hati kaum beriman dan nyalakanlah api cinta-Mu di dalam hati mereka.

INJIL [Yoh 14:15-16.23b-26]
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:
Pada perjamuan malam terakhir Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu."
I: Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan, dan tekun melaksanakan-Nya..
U: Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran, dan hidup kami.

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT
I. Allah Bapa telah mengutus Roh Kudus kepada seluruh Gereja demi keselamatan umat manusia. Roh Kudus selalu menyertai setiap perjuangan kita dalam mewartakan sabda kebenaran Allah. Maka marilah kita berdoa kepada Allah Bapa kita:

L. Bagi para gembala Gereja dan segenap imam, biarawan dan biarawati:
Bapa, dorong dan teguhkanlah iman dan kepercayaan segenap gembala Gereja dan biarawan-biarawati dalam mewartakan sabda-Mu dimanapun mereka berkarya.
Marilah kita mohon:
U. Utuslah Roh Kudus-Mu ya Tuhan, berkatilah mereka agar setia pada-Mu.

L. Bagi segenap pemimpin bangsa dan pemerintahan:
Bapa, dorong dan mantapkanlah hati segenap pemimpin bangsa dan pemerintahan agar selalu mengusahakan dan membina damai sejahtera serta kerukunan di tengah masyarakat.
Marilah kita mohon:
U. Utuslah Roh Kudus-Mu ya Tuhan, berkatilah mereka agar setia pada-Mu.

L. Bagi semua orang yang hidup dalam situasi memprihatinkan, di tengah bencana alam, peperangan, atau konflik:
Bapa, anugerahkanlah kepada mereka keteguhan iman, pengharapan dan kasih untuk selalu menghadirkan kasih keselamatan-Mu bagi sesama.
Marilah kita mohon:
U. Utuslah Roh Kudus-Mu ya Tuhan, berkatilah mereka agar setia pada-Mu.

L. Bagi segenap umat Allah Keuskupan Agung Semarang yang berkarya di luar wilayah Keuskupan Agung Semarang:
Bapa, kobarkanlah selalu semangat misioner dalam diri mereka demi semakin banyaknya jiwa-jiwa yang diselamatkan.
Marilah kita mohon:
U. Utuslah Roh Kudus-Mu ya Tuhan, berkatilah mereka agar setia pada-Mu.

L. Kami berdoa bagi kami segenap umat Allah Keuskupan Agung Semarang yang berkumpul di sekitar Altar ini:
……………………hening sejenak……………………
Marilah kita mohon:
U. Utuslah Roh Kudus-Mu ya Tuhan, berkatilah kami agar setia pada-Mu.

I. Allah Bapa yang Mahakudus, dengarkanlah dan kabulkanlah permohonan kami segenap umat Gereja Keuskupan Agung Semarang. Utuslah Roh Kudus-Mu untuk selalu menjiwai setiap langkah kami. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
U. Amin.

LITURGI EKARISTI

LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN PS. 571

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN
I. Marilah berdoa:
I. Allah Bapa sumber kedamaian, berkenanlah menerima persembahan ini sebagai lambang kesediaan kami untuk saling melayani menurut teladan Putra-Mu yang telah wafat dan bangkit guna menganugerahkan kedamaian kepada kami. Sebab Dialah Tuhan dan Pengantara kami.
U. Amin

PREFASI

KUDUS PS. 393

DOA SYUKUR AGUNG

BAPA KAMI PS 404

ANAK DOMBA ALLAH PS. 414

KOMUNI

DOA TAHUN SYUKUR

Allah Bapa Maha Pemurah,
kami bersyukur kepada-Mu
sebab Engkau senantiasa membimbing kami,
seluruh umat-Mu di Keuskupan Agung Semarang,
untuk bersahabat dengan-Mu,
mengangkat martabat pribadi manusia,
dan melestarikan keutuhan ciptaan.
Terlebih kami bersyukur kepada-Mu
atas habitus baru dalam paguyuban-paguyuban di tengah umat-Mu,
yang menumbuhkembangkan semangat berbagi.
Kami juga bersyukur atas keluarga-keluarga
yang menjadi basis hidup beriman,
atas anak-anak, remaja dan kaum muda
yang semakin terlibat dalam pengembangan umat,
dan segala upaya pemberdayaan saudara-saudari kami
yang kecil, lemah, miskin, tersingkir, dan difabel.
Bersama Bunda Maria, hamba-Mu dan bunda kami,
kami mohon, utuslah Roh Kudus-Mu
untuk melanjutkan pekerjaan baik yang telah Engkau mulai di tengah kami agar kami dapat menjadi saksi budaya kasih dan kebenaran-Mu bagi masyarakat dan lingkungan hidup kami. Doa syukur dan permohonan ini kami hunjukkan kepada-Mu dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

DOA SESUDAH KOMUNI
I. Marilah berdoa:
I. Allah Bapa maha pengasih, kami mengucap syukur atas perayaan sakramen cinta kasih ini. Semoga berkat Ekaristi ini, kami didorong oleh daya Roh Kudus untuk tekun berjuang dan bersemangat misioner dalam mewartakan karya penyelamatan-Mu. Perkenankanlah kami pada akhirnya nanti ikut menikmati keselamatan-Mu yang abadi. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin

RITUS PENUTUP

BERKAT MERIAH
I. Saudara-saudari terkasih, Allah mencurahkan Roh Kudus untuk menyalakan api semangat baru serta menghimpun orang yang serba berbeda bahasa dan budayanya menjadi Gereja Kristus, umat Allah. Maka marilah kita mengakhiri perayaan ekaristi ini dengan mohon berkat:
I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu.
I. Semoga Allah sumber cahaya abadi, menjadikan terang benderang hati dan budi kita berkat kurnia-kurnia Roh Kudus.
U. Amin.
I. Semoga api semangat ilahi yang tampak pada para murid menyucikan hati dan budi kita serta menghalau segala kegelapan dosa.
U. Amin.
I. Semoga Roh Kudus, pemersatu umat yang telah ditebus, senantiasa membina iman kepercayaan kita sampai memandang kemuliaan Allah.
U. Amin.
I. Dan semoga saudara sekalian diberkati oleh Allah yang mahakuasa; Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
U. Amin.
I. Saudara sekalian, Perayaan Ekaristi sudah selesai.
U. Syukur kepada Allah.
I. Marilah pergi! Kita diutus,
U. Amin.

NYANYIAN PENUTUP PS. 565