Imam dan Milenium Ketiga



Judul Buku : Imam dan Milenium Ketiga
Judul Asli : The Priest and the Third Millenium
Penerjemah : Paulus Hidajat dan Rm D.Gusti Bagus Kusumawanta
Penerbit : Kanisius, Yogyakarta
Harga : Rp. 25.000,-

Sinopsis:

Buku yang berjudul: "Imam dan Millenium ketiga" adalah terjemahan dari "The Priest and the Third Millenium" Dokumen yang dikeluarkan oleh Kongregasi para Imam tahun 1999 menyongsong tahun 2000: memasuki era millenium ketiga.

Buku ini sangat cocok sebagai bahan rekoleksi atau retret bagi para imam sekaligus mengisi tahun Imam 2009-2010 yang dicanangkan oleh Bapa Suci Paus Benediktus XVI.

Buku ini berisi dokumen - dokumen Gereja tentang Imam sebagai Guru Sabda, Pelayan Sakramen dan Pemimpin Jemaat Kristen yang dipercayakan kepadanya.Iini adalah titik awal dari semua perenungan tentang identitas dan misi imam di dalam Gereja. Di dalam buku ini tercantum makna pelayanan evangelisasi baru bagi seorang imam. Evangelisasi baru itu tugas dari seluruh umat Allah dan bagai,mana peran yang perlu dan wajib dari seorang imam diuraikan dengan jelas. Imam sebagai Guru Sabda adalah pelayan utama atas nama Kristus dan Gereja-Nya: Nomine Christi et Nomine Ecclesiae.

Imam sebagai pelayan sakramen bertindak selaku in Persona Christi Capitis. Dialah pelayan ekaristi inti dan pelayan seorang imam. Dialah juga pelayan rekonsiliasi dengan Tuhan dengan sesama. Imam adalah seorang Gembala yang mencintai umat-Nya. Bersama Kristus mewujudkan dan menyebarkan kasih pengampunan Bapa. Dialah imam sacerdos et hostia, pelayanan penggembalaan imam bersumber pada cinta dan kekuatan Allah. Setiap bagian dari judul diberikan pertanyaan kuesioner/refleksi dan pada akhir buku ini didaraskan doa kepada Bunda Maria. "Evangelisasi baru membutuhkan pewarta baru dan itu adalah tugas para imam yang serius menjalani imamatnya sebagai jalan spesifik menuju kesucian" (PDV, 28f). (RD. D. Gusti Bagus. Kusumawanta).