Sidang KWI 2009: Melihat Pelayanan Kesehatan Katolik di Indonesia

Bertempat di lantai IV gedung Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Jln. Cut Meutiah 10, Jakarta, Senin 2 November 2009 diselenggarakan sidang sinodal para uskup seIndonesia. Pertemuan tahunan ini dibuka oleh Ketua KWI Mgr. Martinus D. Sitomorang OFM Cap dan dihadiri oleh para uskup seluruh Indonesia, para utusan dari keuskupan-keuskupan, para sekretaris eksekutif Komisi, Lembaga, Sekretariat dan Departemen (KLSD) KWI serta para undangan lainnya. Beberapa tamu undangan yang turut hadir dalam pembukaan cara itu adalah Duta Vatikan untuk Indonesia Mgr. Leopoldo Girelli, Mantan Menteri Agama Maftuh, Basyuni, Dirjen Bimas Katolik Drs. Stefanus Agus.

Tema utama dalam pertemuan ini adalah ‘Wajah Kesehatan Katolik Indonesia, Berpihak pada Yang Miskin'. Melalui tema ini, para peserta diajak untuk berefleksi tentang perjalanan pelayanan kesehatan yang dikelolah oleh kalangan Katolik di Indonesia khususnya yang dipimpin oleh keuskupan dan lembaga-lembaga religius.

Nuntius Apostolik Girelli pada kesempatan pidato pembukaannya mengatakan bahwa ketika para misionaris pertama datang ke Indonesia, mereka tidak cuma membawa Salib dan Kitab Suci, tetapi juga tenaga-tenaga dokter, perawat yang trampil dan professional untuk memberikan pelayanan kepada orang-orang Indonesia dari semua jenis penyakit. Oleh karena itu, dia mengimbau agar unsur-unsur sejarah seperti ini hendaknya terus dihayati dalam pelbagai palayanan kesehatan yang diemban oleh gereja Katolik.

Selain evaluasi dan rencana kerja KWI ke depan, tiga hari pertama sidang ini diisi dengan hari studi yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan gereja Katolik Indonesia. Diharapkan setelah sidang ini, pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh gereja katolik di Indonesia bisa ditingkatkan dengan berfokus pada pelayanan pada mereka yang rentan (vulnerable).

Rencananya, pertemuan ini akan ditutup pada 12 November 2009 melalui misa penutupan bertempat di gereja St. Yosef Mataman- Jakarta.


Sumber: www.mirifica.net